7 Warna Cat Kamar Tidur menurut Feng Shui yang Membawa Energi Positif

Yuk, terapkan warna-warna cantik ini pada di dinding kamar tidur!

17 Desember 2021

7 Warna Cat Kamar Tidur menurut Feng Shui Membawa Energi Positif
countryliving.com

Kamar tidur merupakan area pribadi yang paling terhubung dengan seseorang. Kita menghabiskan sebagian besar waktu untuk beristirahat di ruangan ini dalam keadaan "Yin" atau pasif. 

Artinya saat tidur, kita akan lebih terbuka untuk menyerap energi di sekitar. Oleh karena itu, pastikan kamar tidur memiliki Feng Shui baik yang bisa mendatangkan energi positif.

Salah satu caranya, yakni melalui warna. Pemilihan warna cat dinding yang tepat sesuai Feng Shui bisa menjadi pertimbangan sendiri, apalagi dapat memengaruhi Qi atau energi positif kita.

Nah Ma, penasaran warna apa saja yang dapat membawa energi positif di kamar tidur? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari The Spruce. 

Yuk, diperhatikan dengan baik dalam memilih warna cat dinding!

1. Hijau, biru, dan teal membawa unsur penyembuhan dan vitalitas

1. Hijau, biru, teal membawa unsur penyembuhan vitalitas
homedecoration101.com

Biru, hijau, dan teal atau hijau kebiruan gelap merupakan warna yang bagus untuk cat kamar tidur. Berdasarkan ilmu Feng Shui, warna-warna tersebut mewakili pertumbuhan, vitalitas, dan awal baru.

Selain itu, juga dikaitkan dengan elemen kayu yang identik dengan alam seperti pepohonan, laut, dan langit. Dengan begitu, warna tersebut bisa sangat menyembuhkan dan menenangkan ketika diaplikasikan di dalam kamar. 

2. Ungu dapat mendatangkan kemakmuran

2. Ungu dapat mendatangkan kemakmuran
Hgtv.com

Ungu terdiri dari campuran warna biru yang sejuk dan merah yang penuh gairah. Perpaduan dua warna ini bisa menciptakan keseimbangan dalam hidup.

Berdasarkan Feng Shui, warna ini dapat mendatangkan kemakmuran karena terhubung ke area Xun dari peta Bagua yang disimbolkan dengan kekayaan. kelimpahan materi serta harga diri.

Selain menerapkannya pada cat dinding, Mama juga bisa menambahkan unsur lavender yang berwarna ungu di kamar. Misalnya lilin aromaterapi lavender atau meletakkan bunganya langsung dalam vas.

Editors' Picks

3. Pink dapat meningkatkan keintiman suami istri

3. Pink dapat meningkatkan keintiman suami istri
Pexels/John Diez

Merah muda terhubung ke area Kun dalam peta Bagua Feng Shui yang disimbolkan dengan romansa, hubungan, kelembutan, dan feminin.

Warna ini bagus untuk meningkatkan kualitas hubungan pasangan suami istri agar menjadi lebih intim.

4. Putih melambangkan Kesederhanaan

4. Putih melambangkan Kesederhanaan
Freepik/rawpixel.com

Putih menjadi salah satu warna yang banyak dipilih untuk cat rumah. Hal ini dikarenakan bersifat netral dan cocok dipadukan dengan warna apa saja. Warna putih juga melambangkan kemurnian dan kesederhanaan.

Untuk menciptakan kesan tersebut, sebaiknya kombinasikan putih dengan warna lain yang lebih lembut seperti krem atau pastel.

5. Kuning, cokelat, dan oranye menciptakan keseimbangan dalam hidup

5. Kuning, cokelat, oranye menciptakan keseimbangan dalam hidup
idealhome.co.uk

Kuning, cokelat, dan oranye merupakan elemen tanah, yang dikaitkan dengan landasan dan keseimbangan. Warna ini cocok diterapkan di kamar tidur, terutama jika Mama memiliki masalah kecemasan.

Cobalah warna kuning pucat untuk meningkatkan suasana hari yang lebih ceria atau warna cokelat bata yang menciptakan kesan lingkungan yang hangat.

6. Biru tua atau abu-abu untuk menciptakan ketenangan jiwa

6. Biru tua atau abu-abu menciptakan ketenangan jiwa
nimvo.com

Biru tua atau navy menurut ilmu Feng Shui melambangkan ketenangan seperti langit malam atau genangan air yang dalam. Warna ini disarankan untuk kamar tidur, terutama jika kita ingin melepaskan ketegangan dan mencoba lebih rileks.

Sementara, abu-abu merupakan kombinasi dari warna hitam (yin) dan putih (yang), sehingga memiliki efek keseimbangan dan ketenangan.

Sebagai warna netral, abu-abu bisa dipadukan dengan warna lain di kamar tidur. Pilihlah warna yang bermakna positif untuk Mama sekeluarga.

7. Hitam mencerminkan kebijaksanaan

7. Hitam mencerminkan kebijaksanaan
essentialhome.eu

Warna hitam berasal dari elemen air yang melambangkan kebijaksanaan. Selain itu, hitam merupakan warna dari lambang 'yin' yang merupakan energi terbesar di kamar tidur.

Namun, terlalu banyak menggunakan warna hitam sepertinya kurang bagus untuk interior ruangan, apalagi dapat menciptakan kesan suram.

Daripada mengecat seluruh dinding kamar tidur dengan warna hitam, cobalah menerapkan warna tersebut sebagai aksen pemanis saja. Misalnya pilih bingkai foto, bantal cushion, berwarna hitam.

Nah Ma, itulah beberapa warna cat kamar tidur menurut Feng Shui yang dapat membawa energi positif. Semoga bisa menjadi inspirasi ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.