5 Cara Mengatasi Milk Blister pada Payudara, Jangan Anggap Remeh!

Ibu menyusui kerap merasakan munculnya milk blister pada payudara, bagaimana cara mengatasinya?

5 Agustus 2022

5 Cara Mengatasi Milk Blister Payudara, Jangan Anggap Remeh
Pexels/Jonathan Borba

Saat menjadi Mama untuk pertama kalinya, menyusui mungkin menjadi salah satu hal yang penuh dengan perjuangan bagi sebagian orang. Teknik menyusui bayi yang belum benar menyebabkan puting susu nyeri saat dihisap si Kecil. Selain itu, umumnya muncul bintik putih kecil di dekat bagian atas puting Mama yang disebut milk blister (bleb susu) atau lepuh susu.

Milk blister berada di bagian areola atau di ujung puting payudara Mama. Terbentuk akibat saluran Air Susu Ibu (ASI) tersumbat. Bleb susu akan hilang seiring berjalannya waktu. Tetapi bagi seorang Mama baru, kehadiran milk blister tentu mengganggu saat proses menyusui si Kecil.

Kendati begitu Mama seyogyanya melakukan sesuatu sebagai cara mengatasi milk blister pada payudara. Tujuannya untuk meredakan bleb susu agar tidak semakin parah dan cepat menghilang.

Mengutip dari Babycenter, jika dibiarkan milk blister dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada payudara. Dengan begitu proses menyusui dan memompa susu untuk bayi akan tersendat. 

Munculnya bleb susu dialami oleh 20 persen ibu menyusui. Selain karena sumbatan pada saluran ASI, lepuh susu disebabkan karena gesekan pelindung puting  (flensa) dengan payudara Mama. Berikut adalah kiat-kiat yang Popmama.com berikan untuk Mama dalam mengatasi bleb susu pada payudara, antara lain:

1. Kompres payudara menggunakan air hangat atau dingin

1. Kompres payudara menggunakan air hangat atau dingin
everydayhealth.com

Cara pertama yang bisa Mama lakukan untuk meredakan lepuh susu adalah mengompres payudara menggunakan handuk kecil dengan air hangat. Diamkan handuk tersebut selama beberapa menit. Lakukan hal ini sebelum Mama menyusui si Kecil.

Babycenter menuliskan bahwa dengan kompres air hangat bisa membantu melancarkan saluran ASI (refleks letdown). Selain mengompres, Mama dapat merendam payudara dalam wadah yang berisi air hangat untuk mengeluarkan milk blister dari saluran ASI. Mengompres dengan air dingin juga membantu mengurangi peradangan jaringan payudara.

Editors' Picks

2. Buat bulatan kapas lalu lumuri minyak zaitun sebagai pelindung puting di bra

2. Buat bulatan kapas lalu lumuri minyak zaitun sebagai pelindung puting bra
Freepik/azerbaijan_stockers

Opsi untuk mengatasi milk blister pada payudara adalah dengan membuat bulatan kemudian rendam dengan minyak zaitun. Setelah bulatan kapas tersebut basah dengan sempurna oleh minyak zaitun gunakan para bra sebagai pelindung puting.

Dikutip dari Babycenter, minyak zaitun membantu melembutkan kulit di bagian aerola. Mama juga disarankan untuk sesekali memijat dengan lembut. Tujuannya untuk mengendurkan lepuh susu yang akhirnya secara perlahan dapat keluar tanpa rasa sakit.

3. Pijat sesekali bagian payudara yang terdapat lepuh susu

3. Pijat sesekali bagian payudara terdapat lepuh susu
Freepik/jcomp

Cara mengatasi milk blister lainnya adalah melakukan pijatan pada payudara saat menyusui. Tepatnya pada bagian payudara yang terasa keras. Pijat payudara dari bagian yang keras menuju bagian puting supaya membantu melancarkan saluran ASI yang tersumbat.

4. Eksplorasi berbagai posisi saat menyusui

4. Eksplorasi berbagai posisi saat menyusui
Freepik/ user18526052

Selain mengompres dan memijat payudara, cara mengatasi milk blister pada payudara, yakni dengan mengubah-ubah posisi menyusui bayi.

Salah satu cara yang disarankan Babycenter adalah berlutut dengan posisi merangkak dan membiarkan payudara menggantung di depan mulut bayi yang terlentang di kasur. 

Dengan posisi seperti ini, ASI menjadi lebih lancar karena terdorong oleh isapan bayi dan gaya gravitasi.

5. Buat jadwal menyusui untuk membantu meredakan lepuh yang tersumbat

5. Buat jadwal menyusui membantu meredakan lepuh tersumbat
Freepik/mamewmy

Cara yang dianggap ampuh adalah dengan membuat jadwal rutin menyusui si Kecil. Menurut Babycenter, air ludah bayi yang menjadi penyebab bleb susu juga merupakan obat untuk meredakan milk blister ini.

Oleh karena itu, buat jadwal yang teratur karena secara tidak langsung bayi Mama membantu penyembuhan lepuh susu ini.

Itulah cara mengatasi milk blister pada payudara versi Popmama.com. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu Mama dalam meredakan atau menghilangkan lepuh susu di bagian areola.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk