5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui, Bisa Perlancar ASI

Cari tahu manfaat dari susu kedelai yuk, Ma!

25 November 2021

5 Manfaat Susu Kedelai Ibu Menyusui, Bisa Perlancar ASI
Freepik/jcomp

Saat berkeinginan menjalankan program ASI eksklusif, semua Mama tentu ingin produksi ASI nya berjalan lancar dan memenuhi kebutuhan si Kecil. Meskipun begitu, seringkali ada hambatan yang membuat produksi ASI terhambat atau bahkan tidak keluar sama sekali. 

Demi kelancaran produksi ASI, Mama perlu menstimulasi secara alami seperti mengonsumsi susu kedelai. 

Dilansir dari Live Strong, kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh ibu menyusui sekitar 71 gram setiap harinya. Menurut Ohio State University, angka ini setidaknya dapat membantu menjaga fungsi tubuh menjadi lebih normal serta membuat produksi ASI lebih lancar. 

Protein yang terdapat dari susu kedelai termasuk ke dalam jenis protein nabati, sehingga banyak memberikan manfaat positif untuk kesehatan tubuh sendiri dan si Kecil.  

Untuk Mama yang sedang menjalani proses menyusui dan ingin mengetahui beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Demi ASI semakin lancar disimak yuk, Ma! 

1. Sumber karbohidrat yang meningkatkan energi selama menyusui

1. Sumber karbohidrat meningkatkan energi selama menyusui
Freepik/yanalya

Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui yang pertama adalah meningkatkan energi. Selama proses menyusui tak jarang ibu menyusui kehilangan cukup banyak energi apalagi ketika ASI tidak lancar. 

Demi mengembalikan energi yang sempat hilang selama proses menyusui, ada baiknya Mama mengonsumsi kacang kedelai atau susu kedelai untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat memberikan ASI eksklusif. Perlu diketahui bahwa susu kedelai mengandung karbohidrat dan lemak, sehingga mampu diolah secara optimal menjadi energi oleh tubuh. 

Setelah sumber energi didapat, maka secara tidak langsung mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan energi ibu menyusui. Susu kedelai yang dikonsumsi secara rutin juga mampu membuat Mama lebih bugar beraktivitas, meskipun sedang menyusui si Kecil. 

Editors' Picks

2. Menjadi lebih bahagia dan produksi ASI meningkat

2. Menjadi lebih bahagia produksi ASI meningkat
Unsplash/rawpixel

Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui yang kedua adalah meningkatkan produksi ASI. Saat ingin memberikan ASI secara eksklusif, semua Mama tentu ingin memiliki keinginan agar proses menyusui dapat berjalan dengan lancar. Untuk memperlancar produksi ASI secara alami ada beberapa cara seperti mengonsumsi makanan bergizi, buah, sayuran hingga susu kedelai.  

Susu kedelai mengandung vitamin B6 yang perlu dikonsumsi secara rutin, sehingga membantu tubuh memproduksi serotonin neurokimia. Jika susu kedelai rutin dikonsumsi setiap hari, maka tanpa disadari suasana hati akan meningkat menjadi lebih bahagia. 

Perlu disadari bahwa kebahagiaan Mama selama proses menyusui juga dapat meningkatkan produksi ASI menjadi lebih lancar. Selain kebahagiaan itu bisa didapat dari orang lain, Mama pun memiliki kesempatan untuk menciptakannya sendiri melalui rutin mengonsumsi susu kedelai. 

Bahkan susu kedelai dapat membantu ibu menyusui terhindar dari depresi karena terlalu cemas karena perubahan hormon di dalam tubuhnya. 

Demi ASI lancar usahakan jangan lupa untuk tetap bahagia!

Baca juga: 7 Alternatif Buah untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar Setiap Hari

3. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi kelancaran ASI eksklusif

3. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi kelancaran ASI eksklusif
Freepik/topntp26

Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui yang selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Demi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ada baiknya mengonsumsi susu kedelai karena memiliki kandungan zinc. Perlu Mama ketahui bahwa zinc yang terdapat pada susu kedelai dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selama proses menyusui, kekebalan tubuh sangatlah penting dan baik dijaga untuk melawan berbagai virus maupun penyakit yang menyerang tubuh. Bila manfaat positifnya dapat terasa dengan baik, maka proses menyusui dapat berjalan lancar sesuai keinginan tanpa hambatan seperti tiba-tiba jatuh sakit dan memicu ASI menjadi terhambat.  

Selain itu, Mama yang rutin mengonsumsi susu kedelai dapat membantu perkembangan otak bayi lebih optimal karena terdapat kandungan vitam E dan asam folat. Ingat ya Ma, nutrisi yang dimiliki selama proses menyusui secara tidak langsung juga dapat memberikan manfaat untuk sistem imunitas si Kecil. 

4. Memiliki kandungan serat yang baik agar terhindar dari masalah pencernaan

4. Memiliki kandungan serat baik agar terhindar dari masalah pencernaan
Freepik/jcomp

Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui yang keempat adalah terhindar dari masalah pencernaan. Susu kedelai menjadi salah satu minuman sehat yang penuh dengat gizi, salah satunya serat. Terkadang selama menyusui seringkali terjadi masalah pencernaan, sehingga perlu sekali mengonsumsi berbagai asupan yang mengandung serat. 

Selain buah-buahan yang mengandung serat seperti pisang, alpukat, apel hingga jeruk, maka perlu juga bantuan susu kedelai. Perlu Mama ketahui bahwa susu kedelai dapat menjadi salah satu pilihan karena mampu memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. 

5. Meningkatkan produksi hormon phytoestrogen selama menyusui

5. Meningkatkan produksi hormon phytoestrogen selama menyusui
Freepik/topntp26

Pengolahan kacang kedelai menjadi susu kedelai tidak mengubah efektivitasnya dalam memperlancar produksi ASI. Saat mengonsumsi susu kedelai secara rutin, tubuh dapat meningkatkan produksi hormon phytoestrogen selama proses menyusui.  

Perlu diketahui bahwa hormon phytoestrogen adalah hormon estrogen yang diproduksi secara alami oleh tubuh, sehingga membantu kelenjar susu ibu menyusui agar mampu memproduksi ASI lebih banyak.

Semoga informasi mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui ini dapat bermanfaat dan ASI menjadi lebih lancar ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.