Sebelum Melahirkan Anak Keempat, Nadia Mulya Sempat Menanti Kontraksi

Beragam aktivitas dijalani oleh Nadia Mulya saat menanti kedatangan kontraksi

14 Januari 2019

Sebelum Melahirkan Anak Keempat, Nadia Mulya Sempat Menanti Kontraksi
Instagram.com/bukaan.moment

Kelahiran Nilouh Alessandramulya Mudijana menjadi sebuah cerita yang mungkin tidak akan pernah dilupakan oleh Nadia Mulya. 

Nadia Mulya memang sempat tidak menunjukkan tanda-tanda terjadinya kontraksi padahal sudah memasuki HPL (Hari Perkiraan Lahir). Usai sempat mundur satu minggu dari HPL, Nadia Mulya dapat melahirkan anak keempatnya secara normal. 

Saat ini kehamilan sudah mundur 1 minggu dari HPL yang terlanjur aku share dengan keluarga, teman, dan followers. Alhasil banyak yang bertanya. Beberapa di antaranya menyertakan “diagnosa” seperti:

“Lho kan sudah anak keempat, harusnya lebih cepat.”

“Harusnya sudah lahir. Ini sudah turun banget.”

“Buru-buru deh dikeluarin. Caesar saja!” Tidak sedikit yang menambahkan “bumbu” cerita horror mengenai kehamilan yang terlampau tua berikut komplikasinya.

Itulah beberapa perkataan dari banyak orang yang dituliskan Nadia Mulya melalui website pribadinya. 

Anak keempatnya ini lahir dengan perjuangan dan penantian yang cukup panjang. Bahkan Nadia Mulya sempat mengunggah beberapa foto atau video mengenai aktivitas yang dijalaninya saat menunggu kedatangan kontraksi. 

Untuk Mama yang sempat tertinggal beberapa aktivitas dari Nadia Mulya menjelang persalinan, berikut beberapa rangkuman dari Popmama.com.  

1. Sempat terkejut dengan baby shower yang dibuat oleh teman-temannya

1. Sempat terkejut baby shower dibuat oleh teman-temannya
Instagram.com/nadiamulya

Sebelum Nadia Mulya melahirkan Nilouh Alessandramulya Mudijana pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 dirinya sempat dikejutkan melalui acara baby shower yang dibuat oleh teman-temannya. 

Baby shower yang diberikan untuk Nadia Mulya ini diadakan di salah satu Rumah Makan Padang. Dalam acara ini, teman-teman dari Nadia Mulya berusaha mendekorasi tempat sesuai tema. Bahkan dirinya pun disiapkan dress code tersendiri lengkap dengan suntiang dan songket Padang. 

Melalui Instagram pribadinya, Nadia Mulya sempat terkejut saat dibuatkan acara baby shower oleh teman-temannya. 

"Harusnya takajuik memicu kontraksi ya, apalagi balon pecah kena suntiang. Amak malah menang arisan pula! Rezeki anak padusi," tulis Nadia Mulya yang mengaku takajuik alias terkejut saat dibuatkan acara baby shower.

Baca juga: Raisa Dapat Kejutan Baby Shower dari Para Sahabat dan Suami Tercinta

Editors' Picks

2. Melakukan akupresur sekaligus berkomunikasi dengan baby N

2. Melakukan akupresur sekaligus berkomunikasi baby N
Instagram.com/nadiamulya

Semua aku upayakan supaya baby N bisa lahir normal dengan selamat, lancar, nyaman dan cepat. Afirmasi positif, itu yang aku pelajari dari hypnobirthing.

Diakui oleh Nadia Mulya melalui Instagram pribadinya, teori hypnobirthing ini sudah diterapkan pada persalinan sebelumnya dan proses persalinan dari anak-anaknya pun selalu lancar sesuai harapan. 

Sebelum berhasil melahirkan secara normal, Nadia Mulya sempat melakukan berbagai usaha.

Salah satu usaha yang sempat dilakukan oleh Nadia Mulya untuk memicu kontraksi yaitu dengan melakukan acupressure alias akupresur. Perlu diketahui kalau akupresur ini dapat dapat memicu kontraksi dan mempercepat terjadinya persalinan. 

Nadia Mulya sempat mencoba akupresur sekaligus mengajak baby N berkomunikasi agar lebih cepat bertemu. 

Kini usaha dari Nadia Mulya membuahkan hasil manis ya, Ma. 

3. Berusaha rileks dengan pergi ke salon

3. Berusaha rileks pergi ke salon
Instagram.com/nadiamulya

"Biar nggak terlalu tegang, keramasin dulu tsay. Siapa tahu ketemu baby N hari ini," begini aktivitas dari Nadia Mulya saat dirinya belum menunjukkan tanda-tanda kontraksi. 

Pergi ke salon untuk sekedar keramas menjadi salah satu pilihan dari Nadia Mulya saat menunggu kehadiran gelombang cinta datang. 

Melalui Instagram pribadinya, Nadia Mulya sempat menjelaskan secara singkat mengenai pandangan dirinya terhadap kontraksi. 

Yang pernah merasakan melahirkan normal pasti tahu (dan mungkin takut) dengan yang namanya contractions atau gelombang cinta. I was not looking forward to that part at all. Tapi setelah merubah pandangan bahwa kontraksi itu perlu, aku belajar berdamai dengan rasa sakit. Setiap gelombang datang, disenyumin aja. And it works! Toh sesakit-sakitnya kontraksi bakal lewat juga. Dan di ujungnya, ada bayi kecil menanti.

Kalau tanggapan Mama sendiri mengenai kontraksi apa nih? 

Baca juga: 4 Artis yang Diprediksi Akan Melahirkan di Awal Tahun 2019

4. Memakan mie instan yang pedas

4. Memakan mie instan pedas
Instagram.com/nadiamulya

"Siapa tahu mau keluar dipancing dengan samyang!" tulis Nadia Mulya melalui unggahan foto di InstaStory pribadinya. 

Mungkin Mama banyak mendengar mitos dan cerita mengenai makanan pedas dapat memicu kontraksi. Sakit perut dan mulai usai mengonsumsi makanan pedas dipercaya bisa memicu kontraksi. 

Padahal belum ada bukti ilmiah yang dapat membenarkan bahwa makanan pedas dapat memicu kontraksi. Ada juga teori yang mengatakan bahwa makaan pedas dapat meningkatkan hormon hormon prostaglandin, sehingga membantu memperlancar proses persalinan. 

Walau belum terbukti kebenarannya, Mama masih diperbolehkan mengonsumsi makanan pedas asalkan tidak terlalu berlebihan. 

Baca juga: 4 Tanda Mama Memulai Proses Persalinan Selain Mengalami Kontraksi

Baca juga: Sempat Mundur 1 Minggu dari HPL, Nadia Mulya Melahirkan Secara Normal

5. Menonton film di bioskop bersama pasangan 

5. Menonton film bioskop bersama pasangan 
Instagram.com/nadiamulya

"Nonton dulu, sambil menghitung berapa kali kontraksi dengan durasi film 100 menit," begitu tulisan dari Nadia Mulya saat mengunggah foto di dalam bioskop bersama sang Suami. 

Film di dalam bioskop memang memiliki durasi yang tidak sebentar. Selain menonton bioskop membuat ibu hamil rileks karena menikmati film, tak jarang beberapa adegan yang mengagetkan bisa saja membuatnya terkejut dan memicu kontraksi. 

Itulah beberapa aktivitas yang dilakukan oleh Nadia Mulya selama menunggu kontraksi sebelum melahirkan anak keempatnya. 

Sungguh perjuangan yang panjang ya, Ma. Meskipun begitu, kini kehadiran Nilouh Alessandramulya Mudijana semakin membuat hidup Nadia Mulya berwarna. 

Sekali lagi, selamat untuk Nadia Mulya atas kelahiran Nilouh Alessandramulya Mudijana. 

Baca juga: Mengawali Tahun 2019, Felly Eks Cherrybelle Melahirkan Anak Pertama

Baca juga: Revalina S. Temat Melahirkan Anak Kedua di Awal Tahun

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.