Tak Hanya Melancarkan ASI, Ini 5 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Tak hanya saat hamil saja, konsumsi air kelapa saat menyusui juga membawa manfaat

30 April 2019

Tak Ha Melancarkan ASI, Ini 5 Manfaat Air Kelapa Ibu Menyusui
Unsplash/Lucija Ros

Saat hamil, konsumsi air kelapa membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Selain menjadi sumber elektrolit, konsumsi air kelapa selama kehamilan juga di klaim mampu membantu melawan penyakit.

Kaitan antara air kelapa dengan membantu melawan penyakit berkaitan dengan kandungan asam laurat yang terdapat pada air kelapa Ma. Senyawa ini diangga dapat membantu menjaga kesehatan Mama dan juga janin dalam kandungan.

Nah, manfaat air kelapa yang menyegarkan ini rupanya tidak hanya Mama rasakan pada masa kehamilan saja, tetapi juga membawa manfaat untuk Mama yang sedang menyusui.

Manfaat air kelapa untuk menyusui juga erat dikaitkan dengan  kandungan nutrisi yang terdapat pada air kelapa Ma.

Ya, selain mengandung asam laurat, air kelapa juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan perempuan yang sedang menyusui seperti zat besi, klorida, kalium, natrium, fosfor, magnesium, dan juga kalium.

Mama ingin tahu apa saja manfaat konsumsi air kelapa saat menyusui? Dilansir dari Momjunction berikut beberapa diantaranya:

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi baik
Unsplash/Jessica Wilson

Konsumsi air kelapa saat menyusui mampu menghidrasi tubuh Mama dengan baik. Sebab kandungan air kelapa terbilang mirip dengan cairan tubuh sehingga dapat dengan cepat menghidrasi tubuh Mama.

Dengan mengonsumsi air kelapa saat menyusui, risiko untuk mengalami dehidrasi dapat terhindarkan Ma. Nah, jika tubuh Mama tetap terhidrasi dengan baik, pasokan ASI yang Mama berikan kepada si Kecil tentu akan terpenuhi dengan baik pula.

2. Meningkatkan produksi ASI

2. Meningkatkan produksi ASI
Freepik

Bagi Mama yang produksi ASI-nya kurang, sebelum mengonsumsi obat-obatan pelancar ASI, ada baiknya mencoba cara yang lebih alami, yaitu mengonsumsi air kelapa.

Konsumsi air kelapa tak hanya membuat tubuh Mama terhidrasi dengan baik, tapi juga diklaim mampu meningkatkan produksi ASI.

Ya, air kelapa dianggap mampu meningkatkan sekresi susu atau produksi ASI dengan cara memenuhi kebutuhan potassium, gula alami, dan natrium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Editors' Picks

3. Baik untuk perkembangan otak dan tulang anak

3. Baik perkembangan otak tulang anak
Freepik/Senivpetro

Diantara manfaat lainnya, hal yang cukup mengejutkan adalah konsumsi air kelapa saat menyusui bermanfaat dalam menunjang perkembangan otak dan tulang anak Ma.

Hal inilah mengapa konsumsi air kelapa pada perempuan yang sedang menyusui cukup disarankan, terlebih untuk para Mama baru.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pexels/J Carter

Konsumsi air kelapa saat menyusui juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh Mama dan bayi Ma. Hal ini karena dalam air kelapa terkadung asam amino dan elektrolit yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh, sehingga mampu berperan dalam melawan berbagai macam penyakit.

Selain itu, konsumsi air kelapa juga dapat meningkatkan produksi asam laurat dalam ASI sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi Mama sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit.

5. Baik untuk kesehatan pencernaan

5. Baik kesehatan pencernaan
Freepik

Tak hanya saat hamil saja, sembelit juga menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami Mama yang sedang menyusui.

Nah, bagi Mama yang mengalami sembelit saat menyusui, daripada mengonsumsi obat pencahar yang mungkin bisa memengaruhi produksi ASI Mama, ada baiknya untuk mencoba cara yang lebih alami, yaitu mengonsumsi air kelapa.

Konsumsi air kelapa dianggap mampu membantu mengatasi sembelit, tak terkecuali sembelit pada perempuan yang menyusui.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!