Bisa Menghilangkan Rasa Sakit, Amankah Ibuprofen untuk Ibu Menyusui?

Selain menghilangkan rasa sakit, ibuprofen juga bisa menurunkan demam lho, Ma

14 Oktober 2021

Bisa Menghilangkan Rasa Sakit, Amankah Ibuprofen Ibu Menyusui
Pexels/Wendy Wei

Ibu menyusui umumnya memiliki beberapa pantangan. Hal ini dikarenakan apa yang dikonsumsi oleh ibu menyusui bisa berpengaruh pada bayi. Dari mulai makanan, skincare, obat, dan lainnya bisa menjadi pantangan bagi ibu menyusui.

Ibuprofen bisa menyembuhkan sakit kepala, demam, pegal, dan lainnya. Ibuprofen merupakan obat ove the counter (OTC) yang dikonsumsi oleh banyak orang karena mampu menghilangkan rasa sakit. Umumnya ibuprofen juga dapat digunakan tanpa resep dokter dan bebas membelinya di apotek manapun.

Namun, bolehkah minum ibuprofen saat menyusui? Adakah pengaruhnya terhadap kesehatan bayi? Nah, mungkin Mama bertanya-tanya tentang hal ini.

Jadi, untuk Mama yang penasaran dengan hal ini, Popmama.com akan menjawab pertanyaan tersebut di bawah ini.

1. Amankah ibuprofen untuk ibu menyusui?

1. Amankah ibuprofen ibu menyusui
Pixabay/stevepb

Ibu hamil dan menyusui hanya bisa mengonsumsi beberapa obat-obatan. Ketika mengalami demam, nyeri, sakit kepala, dan lainnya saat masih menyusui, Mama bisa mengonsumsi ibuprofen. Ternyata, ibu menyusui aman untuk minum ibuprofen asal tidak sedang menderita asma atau penyakit maag.

Kedua kondisi tersebut bisa memperparah keadaan jika mengonsumsi ibuprofen.

Menurut American Academy of Pediatrics, ibuprofen juga sudah masuk ke dalam daftar obat-obatan yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Bahkan ibuprofen juga memiliki peluang efek samping yang sangat kecil pada bayi. Karena ibuprofen hanya masuk ke dalam air susu ibu (ASI) dalam jumlah yang sedikit.

Editors' Picks

2. Dosis ibuprofen untuk ibu menyusui

2. Dosis ibuprofen ibu menyusui
Unsplash/Volodymyr Hryshchenko

Walaupun ibuprofen tergolong aman untuk ibu menyusui, namun Mama tetap harus memerhatikan dosisnya agar kemungkinan efek samping pada bayi menjadi sangat kecil.

Dosis ibuprofen biasanya 200 mg per tablet. Untuk itu, Mama bisa mengonsumsi maksimal dua tablet 200 mg setiap empat atau enam jam. Sedangkan untuk batas maksimum, bisa mengonsumsi sampai 1200 mg dalam 24 jam. Jadi, tidak boleh lebih dari enam tablet dalam sehari.

Tetapi, jika ibuprofen sudah diresepkan oleh dokter maka Mama bisa mengonsumsi dengan batas maksimum, yaitu 1600-3200 mg untuk per harinya. Pasalnya dokter biasanya menggunakan dosis yang tidak terlalu tinggi untuk ibu menyusui, yakni 200-800 mg per tabletnya. Pastikan Mama hanya mengonsumsi ibuprofen sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

3. Peringatan sebelum mengonsumsi ibuprofen

3. Peringatan sebelum mengonsumsi ibuprofen
Pexels/willsantt

Sebelum mengonsumsi ibuprofen sebaiknya memerhatikan beberapa peringatan ini:

  • Ibuprofen tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gagal jantung, gangguan fungsi ginjal dan hati, asma, maag, lansia, tekanan darah tinggi, dan lainnya.
  • Selama minum ibuprofen pun tidak disarankan untuk mengonsumsi alkohol dan merokok karena dapat memicu perdarahan pada saluran pencernaan.
  • Jika Mama ingin melaksanakan operasi, segera beri tahu kepada dokter bahwa sedang mengonsumsi ibuprofen.

4. Cara mengonsumsi ibuprofen dengan benar

4. Cara mengonsumsi ibuprofen benar
Pexels/Anna Shvets

Ibuprofen aman dikonsumsi oleh ibu menyusui dan kemungkinan efek samping pada bayi sangat kecil. Namun, Mama perlu mengonsumsinya dengan benar agar tidak ada efek samping yang terjadi.

Untuk itu, ibuprofen tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebih atau melebihi batas dosis yang telah ditentukan. Jika tubuh sudah membaik atau sehat, sebaiknya hentikan konsumsi ibuprofen karena ibu menyusui tidak boleh mengonsumsi ibuprofen lebih dari 10 hari.

5. Efek samping ibuprofen pada ibu menyusui

5. Efek samping ibuprofen ibu menyusui
Freepik/racool_studio

Sama seperti obat lainnya, ibuprofen juga memiliki efek samping. Jika Mama mengonsumsi ibuprofen maka kemungkinan akan mengalami sakit perut, mual, diare, sembelit, dan pusing.

Tetapi efek samping ibuprofen berat juga bisa terjadi, seperti sesak napas, urine berwarna lebih gelap, kulit dan mata tampak menguning. Jika efek samping ini dirasakan oleh Mama sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan.

Nah, itulah informasi mengenai keamanan minum ibuprofen saat menyusui. Jadi, ibuprofen aman diminum asal dengan dosis yang aman dan tepat. Semoga informasi ini dapat menjawab rasa penasaran mama tentang ibuprofen, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.