Waspada Muntah Darah Saat Awal Hamil, Kenali Faktor Penyebabnya

Muntah darah selama masa kehamilan bisa terjadi karena berbagai faktor

18 Januari 2019

Waspada Muntah Darah Saat Awal Hamil, Kenali Faktor Penyebabnya
Freepik

Ma, pernah mendengar pengalaman ibu hamil yang mengalami muntah darah? 

Muntah darah dalam dunia medis disebut juga dengan hematemesis. Biasanya muntah darah disebabkan oleh berbagai faktor yang memicu luka pada saluran pencernaan bagian atas seperti lambung atau kerongkongan. 

Banyaknya perubahan hormon selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya morning sickness atau muntah yang terjadi terus menerus.

Bila beberapa kali mual atau muntah parah sepanjang hari, kondisi inilah yang memicu terjadinya muntah darah karena dapat memicu luka pada kerongkongan. 

Untuk Mama yang ingin mencari tahu beberapa informasi mengenai muntah darah pada ibu hamil.

Berikut beberapa rangkuman dari Popmama.com mengenai faktor penyebab muntah darah pada ibu hamil yang perlu diwaspadai. 

Disimak ya, Ma!

1. Penyakit asam lambung

1. Penyakit asam lambung
Freepik

Salah satu penyebab ibu hamil mengalami muntah darah dikarenakan penyakit yang sedang dideritanya yaitu Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Kondisi GERD ini dapat terjadi karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

Perlu diketahui juga kalau GERD dapat menyebabkan terjadinya peradangan, sehingga kerongkongan bisa mengalami pendarahan. 

Meskipun sedang hamil, umumnya gejala GERD tidak akan berkurang. Gejala yang bisa dikenali yaitu mengalami rasa nyeri di bagian ulu hati hingga sensasi perih di dada.

Rasa nyeri yang dialami saat GERD terjadi akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Ketidaknyamanan yang terjadi ini tak jarang akan mengakibatkan ibu hamil sering mengalami muntah darah. 

Munculnya GERD bisa diawali dari penyakit maag. Bila sering mengalami masalah maag, ada baiknya diminimalisir dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup sehat. 

Untuk mencegah terjadinya muntah berdarah saat menjalani kehamilan, ada baiknya untuk segera mengatasi GERD dengan tepat agar tidak memicu komplikasi kronis seperti penyakit kanker. 

Baca juga: Asam Lambung Naik Saat Hamil? Ketahui Dulu Fakta Berikut!

Editors' Picks

2. Mimisan

2. Mimisan
Freepik/Yanalya

Mimisan menjadi salah satu faktor lain terjadinya muntah berdarah saat sedang hamil. 

Kondisi ibu hamil yang tubuhnya melemah dan kurang sehat, tak jarang memicu mimisan.

Selain itu, faktor terjadinya mimisan bisa dikarenakan tekanan darahnya sedang tinggi, perubahan suhu udara yang kurang bersahabat hingga sedang mengalami infeksi sinus. 

Jika pendarahan yang terjadi saat mimisan cukup besar, darah dapat mengisi lubang hidung dan meluap ke nasofaring.

Nasofaring merupakan bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Saat mimisan, tanpa disadari darah bisa menetes ke tenggorokan atau turun masuk ke perut. Situasi inilah yang menyebabkan seseorang bisa mengeluarkan darah saat meludah atau bahkan muntah darah.  

Baca juga: Mimisan saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya yuk Ma!

3. Efek samping morning sickness

3. Efek samping morning sickness
Freepik

Ma, saat sedang morning sickness pernah mengalami efek sampingnya nggak nih? Muntah berdarah yang terjadi pada ibu hamil bisa diakibatkan karena morning sickness atau rasa mual yang cukup berkepanjangan. 

Ketika terus muntah sepanjang hari akibat morning sickness, perlahan-lahan lapisan kerongkongan akan menimbulkan luka dan menyebabkan pendarahan. 

Jika memang morning sickness menyebabkan muntah darah terlalu sering, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter.

Perlu diingat kalau kesehatan selama masa kehamilan perlu diperhatikan apalagi ini menyangkut tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

Periksakan efek samping morning sickness ini ke dokter untuk meredekan serta menghentikan pendarahan pada lapisan kerongkongan.

Baca juga: Bukan Morning Sickness! Kenali Gejala Hiperemesis Gravidarum

Baca juga: 7 Cara Tak Biasa yang Ampuh Atasi Morning Sickness

4. Mengalami Mallory-Weiss Syndrome (MWS)

4. Mengalami Mallory-Weiss Syndrome (MWS)
Freepik

Mallory-Weiss Syndrome (MWS) merupakan salah satu faktor yang memicu terjadinya muntah darah pada saat hamil.

Kondisi ini menyebabkan terjadi karena luka robekan selaput lendir di bagian bawah kerongkongan yang berbatasan dengan lambung, sehingga menyebabkan pendarahan. 

Kondisi ibu hamil yang lebih sering muntah secara berlebihan dapat melukai dinding kerongkongan. Secara tidak disadari, luka yang ada dapat menyebabkan muntah darah. 

Baca juga: Yuk, Kenali Gejala dari Morning Sickness Parah Ma!

Baca juga: 7 Pilihan Sarapan Terbaik Saat Morning Sickness Melanda

5. Adanya radang lambung

5. Ada radang lambung
Freepik

Radang lambung dikenal juga dengan sebutan gastritis. Biasanya radang lambung disebabkan karena seringnya muntah darah selama masa kehamilan apalagi kondisi yang tidak terkontrol. 

Radang lambung dapat terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kondisi radang lambung ini umumnya terjadi karena stres yang meningkat, kebiasaan merokok, sering mengonsumsi minuman beralkohol, adanya infeksi bakteri helicobacter pylori hingga mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit. Faktor penyebab terjadinya radang pada lambung inilah yang memicu ibu hamil muntah darah. 

Radang lambung juga ditandai dengan adanya rasa nyeri pada bagian atas perut, gangguan pencernaan, perut kembung, sering muntah dan kerap kehilangan selera makan.

Itulah beberapa faktor penyebab yang memicu terjadinya muntah darah selama masa kehamilan.

Semoga informasi kali ini bisa memberikan gambar jelas mengenai kondisi muntah darah ya, Ma. 

Baca juga: Inilah 5 Penyebab Mual Muntah di Usia Kehamilan Trimester Akhir

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.