3 Tanda Hamil Muda yang Paling Banyak Dirasakan Peremuan

Kalau kamu merasakan tanda-tanda ini, mungkin kami bisa segera lakukan tes kehamilan

12 Mei 2018

3 Tanda Hamil Muda Paling Banyak Dirasakan Peremuan
Unsplash/Tiago Barletta

Dari banyak tanda-tanda kehamilan, ini dia 3 tanda yang paling umum dan banyak dirasakan oleh ibu hamil muda. Jika kamu mengalami ini, kamu bisa segera lakukan tes kehamilan. Siapa tahu memang benar-benar hamil.

3 Tanda Hamil Muda

1. Sensitif pada bau

1. Sensitif bau
Unsplash/Ariana Prestes

Terjadi peningkatan kadar hormon progesteron diawal masa kehamilan setelah proses pembuahan sel telur oleh sperma berhasil. Kamu bisajadi lebih sensitif pada bau.

Sensitifitas hidung terhadap bau meningkat terutama pada bau-bauan yang kurang sedap. Meski begitu, kadang bau harum dan segar dari parfum dan bunga-bunga juga bisa jadi masalah untuk sebagian perempuan yang sedang hamil muda.

Perubahan sensitifitas bau ini dapat terlihat ketika seorang perempuan mudah mencium bau yang berlebihan kemudian menimbulkan rasa yang tidak enak atau kurang nyaman. Sensitif pada bau ini bisa membuat ibu hamil muda mual dan muntah.

Gejala sensitivitas pada penciuman yang mudah merasakan bebauan ini akan disadari setelah beberapa kali mengalami kejadian. Seringnya karenakamu mencium bau yang tidak enak padahal padahal belum tentu orang lain juga menciumnya.

Editors' Picks

2. Nyeri pada beberapa bagian tubuh terutama payudara

2. Nyeri beberapa bagian tubuh terutama payudara
Unsplash/Riya Goel

Tanda hamil muda lainnya adalah terasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, terutama bagian payudara dan perut.

Perut pegal, perempuan mungkin sudah hafal rasanya saat menjelang masa menstruasi.

Sedikit berbeda bagi ibu hamil muda, sakit perut yang dirasa seperti pegal, panas dan seperti capek setelah olahraga berat.

Setelah itu kondisi kesehatan menurun dan ternyata belakangan diketahui sedang hamil muda.

Beberapa nyeri lain yang sering menjadi tanda hamil muda adalah pusing, nyeri dan pegal di area selangkangan, pinggul dan pundak.

3. Super emosional

3. Super emosional
Unsplash/ToT

Menurut Chaplin (1989) dalam Dictionary of psychology, emosi adalah sebagai suatu keadaan yang terangsang dari organisme mencakup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku.

Bagi ibu hamil muda terkadang tanpa ada stimulasi dari pihak luar bisa mendadak super emosional. Perubahan kadar hormon yang terjadi secara signifikan berperan dalam hal ini.

Jadi jangan kaget kalau sehari-hari kamu merasa menjadi pribadi yang santai dan mudah tertawa kemudian saat merasakan tanda hamil muda maka kamu jadi lebih sensitif dan mudah sedih.

Seperti itulah 3 tanda hamil muda yang paling umum terjadi. Hampir setiap perempuan melewati tanda ini pastinya. Bagaimana dengan kamu?

Topic: