8 Makanan yang Mendukung Kesehatan Vagina, Cocok Buat Promil!

Vagina yang sehat bisa menunjang keberhasilan program hamil yang kamu jalani

16 September 2021

8 Makanan Mendukung Kesehatan Vagina, Cocok Buat Promil
Freepik.com

Vagina yang sehat, bisa menunjang keberhasilan program hamil yang sedang kamu jalani. Ini karena, kesehatan vagina menjadi faktor utama dalam kesuburan perempuan.

Perawatan yang tepat seperti menjaga kebersihan, seks yang aman, keduanya berperan penting dalam menjaga vagina tetap sehat.

Tapi sudah tahu belum, kalau ada cara yang yang lebih mudah dalam meningkatkan kesehatan vagina?

Kamu bisa lho, mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mendukung kesehatan vagina. Tentunya makanan ini praktis dan bisa kamu konsumsi sehari-hari.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk kamu, mengenai 8 makanan yang mendukung kesehatan vagina, dilansir dari Healthline.

1. Probiotik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik pada vagina

1. Probiotik meningkatkan jumlah bakteri baik vagina
Pixabay/ponce_photography

Probiotik tak hanya baik bagi kesehatan usus, tetapi juga membantu menyeimbangkan pH dan mencegah terjadinya infeksi pada vagina. Bakteri baik yang terkandung dalam probiotik, sangat membantu mencegah terjadinya infeksi jamur dan bakteri pada vagina.

Kamu bisa mengonsumi makanan kaya probiotik, salah satunya yoghurt. Tak hanya mengandung bakteri baik, kalsium pada yoghurt juga juga telah terbukti membantu mengatasi gejala yang biasa timbul, saat fase menstruasi tiba.

2. Alpukat membantu menjaga kesehatan vagina dan dinding rahim

2. Alpukat membantu menjaga kesehatan vagina dinding rahim
Freepik/BalashMirzabey

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B6 dan kalium, yang semuanya memiliki efek positif pada libido seks. Mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan pelumas dan kadar estrogen dalam tubuh.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh pada alpukat dipercaya membantu memperkuat dinding vagina, serta bisa meningkatkan keberhasilan program hamil yang sedang kamu jalankan.

Kamu bisa mengonsumsi buah alpukat utuh, atau menambahkannya menjadi topping roti maupun salad.

3. Apel untuk meningkatkan orgasme

3. Apel meningkatkan orgasme
Pixabay/Couleur

Sebuah penelitian di tahun 2014 menunjukkan fakta bahwa, perempuan yang mengonsumsi satu buah apel setiap hari, memiliki kehidupan seksual yang lebih baik.

Apel mengandung fitoestrogen phloridzin yang dianggap mampu meningkatkan gairah seks, orgasme, dan fungsi organ seksual termasuk vagina.

Kandungan antioksidan dalam buah apel, juga membantu meningkatkan aliran darah ke vagina, sehingga otot-otot vagina menjadi lebih sehat. Sebagai bonusnya, mengonsumsi dua atau lebih buah apel setiap hari, dipercaya membantu kamu menurunkan risiko fibroid rahim.

Editors' Picks

4. Cranberry membantu mengatasi infeksi saluran kemih

4. Cranberry membantu mengatasi infeksi saluran kemih
Pexels/Irita Antonevita

Apakah kamu pernah mendengar, minum jus cranberry bisa membantu mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK)?

Menurut penelitian, buah cranberry segar mengandung antioksidan dan senyawa asam, yang berguna untuk menangkal infeksi khususnya pada dinding kandung kemih, akibat bakteri. Selain itu, vitamin E dan C dalam cranberry dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tapi, pastikan kamu mengonsumsi jenis cranberry yang murni ya, yang tidak mengandung gula supaya nggak memperburuk kondisi vagina kamu.

Jika kamu kurang menyukai rasanya yang asam, kamu bisa mengonsumsi cranberry dengan cara mencampurkan ke dalam smoothies buah segar, atau cobalah minum suplemen dengan kandungan cranberry murni.

5. Makan lebih banyak ubi jalar untuk meningkatkan kesuburan

5. Makan lebih banyak ubi jalar meningkatkan kesuburan
Freepik/ dashu83

Bagi kamu yang sedang menjalankan program hamil, kamu bisa mengonsumsi ubi jalar karena mengandung beta karoten dan vitamin A. Dua kandungan nutrisi ini telah diteliti, dan memiliki efek langsung pada kesuburan dan reproduksi perempuan. Tak hanya itu, ubi jalar membantu memperkuat dan melindungi dinding rahim, yang berguna untuk perkembangan janin nantinya.

Menurut penelitian, nutrisi yang ditemukan dalam ubi jalar, bisa membantu produksi hormon seks dan meningkatkan kesehatan organ reproduksi kamu. Ubi jalar juga sering direkomendasikan untuk perempuan dengan Polycystic Ovarian Syndnrome (PCOS).

Kamu bisa mengonsumsi ubi jalar di pagi hari, baik itu dalam bentuk utuh setelah dikukus, maupun diolah menjadi resep makanan lainnya. Tapi perlu diingat bahwa, rasa ubi jalar sudah cukup manis, jadi kamu tidak perlu menambahkan pemanis lagi.

6. Asam lemak esensial untuk menjaga sirkulasi darah dari dan ke vagina, serta meningkatkan gairah seks

6. Asam lemak esensial menjaga sirkulasi darah dari ke vagina, serta meningkatkan gairah seks
Freepik/KamranAydinov

Asam lemak esensial membantu menjaga sirkulasi dan aliran darah di dalam tubuh, termasuk dari dan ke organ reproduksi kamu. Hal ini juga membantu kamu dalam meningkatkan gairah seksual lho.

Menurut studi pada tahun 2014, asam lemak esensial yang ditemukan pada ikan laut dapat membantu kamu mengatasi kekeringan pada vagina, terutama pada perempuan pascamenopasue. Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa, minyak ikan dapat meringankan dismenore, yang lebih efektif daripada ibuprofen.

Kamu bisa mendapatkan manfaat asam lemak esensial, dengan cara mengonsumsi ikan berminyak seperti salmon, biji rami, telur, kenari dan masih banyak lagi.

7. Kedelai mengandung senyawa fitoestrogen yang baik untuk kesehatan vagina

7. Kedelai mengandung senyawa fitoestrogen baik kesehatan vagina
Pexels/Polina Tankilevitch

Mengonsumsi kedelai untuk kesuburan, memang banyak menimbulkan pro dan kontra. Tapi, senyawa fitoestrogen yang hampir mirip dengan estrogen dalam tubuh, ditemukan dalam kedelai dan baik untuk kesehatan vagina.

Ini sangat membantu, terutama bagi kamu yang mengalami ketidakseimbangan hormon estrogen dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, kadar estrogen yang tinggi atau rendah, keduanya sama-sama bisa berdampak pada kesuburan kamu.

8. Sayurah hijau membantu menghindari vagina kering

8. Sayurah hijau membantu menghindari vagina kering
Pexels/Daria Shevtsova

Sayuran hijau sudah banyak dikenal bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan vagina. Sayuran hijau membantu memfilter dan meningkatkan sirkulasi darah, karena mengandung banyak nutrisi, salah satunya nitrat. Ini dapat membantu mencegah terjadinya vagina kering, dan meningkatkan rangsangan pada organ reproduksi.

Sayuran hijau juga kaya akan vitamin E, magnesium, dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan otot, tak terkecuali bagi otot vagina.

Itulah tadi, 8 pilihan makanan yang mendukung kesehatan vagina kamu. Sudah terpikirkan, mana yang ingin kamu coba lebih dulu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.