Jangan Salah Paham, Ini Perbedaan Mandul dan Tidak Subur

Mandul dan tidak subur itu berbeda.

13 Oktober 2021

Jangan Salah Paham, Ini Perbedaan Mandul Tidak Subur
Freepik/cookie_studio

Apakah kamu masih belum memiliki anak walaupun sudah menikah selama bertahun-tahun? Apakah kamu menerima stigma buruk dari orang-orang sebagai perempuan mandul dan tidak subur?

Selama ini kamu mungkin mengira jika mandul dan tidak subur mempunyai makna yang sama. Keduanya memang membuat seseorang susah memiliki keturunan, namun keduanya memiliki makna berbeda. Apa perbedaan mandul dan tidak subur? Simak penjelasan Popmama.com dirangkum dari berbagai sumber berikut ini . 

Pengertian Mandul

Pengertian Mandul
huffingtonpost.com

Mandul artinya suatu kondisi yang membuat seseorang tidak dapat memiliki keturunan. Mandul tak hanya dapat dialami oleh perempuan, namun juga bisa menyerang laki-laki. Seorang perempuan dikatakan mandul ketika indung telurnya tidak dapat melepaskan telur untuk dibuahi. 

Sedangkan laki-laki dikatakan mandul ketika tidak dapat menghasilkan sperma atau kualitas sperma buruk sehingga tidak mampu membuahi sel telur pasangan. Walaupun mandul, fungsi seksual mereka masih bisa bekerja secara normal. Hanya saja mereka tidak dapat memiliki keturunan karena tidak terjadi pembuahan. 

Mandul tidak dapat didiagnosis tanpa konsultasi ke dokter. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan alasan belum memiliki anak setelah menikah bertahun-tahun. 

Editors' Picks

Penyebab Mandul

Penyebab Mandul
Freepik

Salah satu penyebab mandul adalah seseorang sedang menjalani pengobatan kanker atau kemoterapi. Pasalnya, kemoterapi membuat produksi sperma menurun bahkan tidak dapat diproduksi sama sekali. 

Penyebab lainnya adalah menopause dini sehingga indung telur tidak dapat melepaskan telur lagi. Kelainan genetik juga bisa menjadi penyebab mandul. 

Apa Arti Tidak Subur?

Apa Arti Tidak Subur
Freepik/Maksymiv_yura

Perlu dipastikan lagi jika mandul berbeda dengan kondisi tidak subur. Seseorang masih dapat memiliki anak ketika didiagnosis tidak subur. Pasalnya, ketidaksuburan pada perempuan maupun laki-laki masih bisa diobati. Selain itu kamu juga bisa mencoba program bayi tabung. 

Kondisi tidak subur artinya kamu tidak memiliki anak walaupun telah melakukan hubungan seksual secara teratur selama lebih dari satu tahun. Kondisi tersebut disebabkan pembuahan yang tidak berjalan sempurna atau perempuan sering mengalami keguguran. 

Tanda-tanda seorang perempuan tidak subur bisa terlihat dari siklus menstruasinya. Perempuan yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur cenderung tidak subur. Sedangkan, ciri laki-laki yang tidak subur adalah mengalami gangguan fungsi seksual. 

Penyebab Kondisi Tidak Subur

Penyebab Kondisi Tidak Subur
newstrack.com

Penyebab seorang perempuan tidak subur di antaranya gangguan ovulasi atau pelepasan telur karena menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), mengalami kelainan pada uterus, tuba falopi mengalami kerusakan, dan menderita penyakit tertentu seperti kanker dan diabetes. 

Sedangkan penyebab seorang laki-laki menjadi tidak subur adalah kelainan pada produksi atau fungsi sperma, mengonsumsi alkohol atau narkoba, dan menderita penyakit tertentu seperti kanker. 

Jadi, perlu diingat bahwa mandul dan tidak subur itu berbeda. Mandul tidak dapat diobati, sedangkan kondisi tidak subur masih dapat diobati dengan cara konsumsi obat atau operasi. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus rutin konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan khususnya ketika sedang merencanakan program kehamilan. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.