Hati-hati, Tes Kehamilan Buatan Rumah Dapat Membahayakan Kehamilan!

Tes jenis ini mudah dan disukai sebagian orang, namun tes ini berisiko

27 Juli 2020

Hati-hati, Tes Kehamilan Buatan Rumah Dapat Membahayakan Kehamilan
Youtube/ronniemorrow

Tes kehamilan buatan rumah dengan garam, cuka, pemutih, gula, dan pasta gigi mungkin murah dan menyenangkan untuk dicoba. Meski begitu, para ahli menyatakan bahwa tes ini dapat menimbulkan masalah.

Tes kehamilan buatan rumah ini sudah ada jauh sebelum adanya terobosan medis. Perempuan Mesir kuno, misalnya, menggunakan gandum yang dicampur dengan urine untuk mengetahui hasil kehamilan dan jenis kelamin calon bayi.Tes kehamilan buatan rumah semakin populer, Mama dapat menemukan video-video tentang tes kehamilan tersebut di Youtube. Konsepnya sederhana yaitu campur urine dengan bahan tertentu, tunggu sebentar, dan lihat apakah ada reaksi tertentu yang menunjukkan kehamilan seperti busa atau perubahan warna.

Bahan-bahan yang digunakan itu bereaksi terhadap human chorionic gonadotropin (hCG), hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan yang dapat dideteksi oleh darah.

Tapi apakah tes kehamilan buatan rumah aman dan akurat? Popmama.com merangkum pendapat para ahli mengenai penggunaan tes kehamilan buatan rumah ini.

Apakah Tes Kehamilan Buatan Rumah Akurat?

Apakah Tes Kehamilan Buatan Rumah Akurat
Youtube/uncencoredpregnancytest

Kabar baiknya adalah tes kehamilan buatan rumah cukup aman. Namun dokter menyarankan agar tes kehamilan dengan pemutih tidak dilakukan karena dapat menyebabkan asap yang berpotensi berbahaya. Meski aman, para ahli tidak percaya bahwa tes ini benar-benar akurat.

"Ketika Mama memiliki tes kehamilan yang telah divalidasi dan diuji keakuratannya, saya tahu persis apa yang diukur," kata Carmen Wiley, Ph.D., seorang ahli kimia klinis dan presiden American Association for Clinical Chemistry di Washington, DC. Ia tidak memahami dengan jelas bagaimana cara kerja tes kehamilan buatan rumah.

Tes kehamilan komersil dilengkapi dengan antibodi yang telah dirancang untuk mengikat hCG. Lalu biasanya ada antibodi kedua yang muncul dengan memancarkan warna.

Editors' Picks

Mengapa Urine Bereaksi terhadap Bahan-Bahan di Rumah?

Mengapa Urine Bereaksi terhadap Bahan-Bahan Rumah
Youtube/pregnancytest

Jadi mengapa terjadi reaksi ketika mencampur urine dengan bahan-bahan di rumah? Hal ini mungkin ada hubungannya dengan pH urine. Tingkat pH dapat bervariasi tergantung pada fisiologi individu, diet, dan kondisi medis, seperti diabetes, Dr. Wiley menjelaskan.

Bahkan dengan hanya melakukan tes kehamilan buatan sendiri di pagi hari dapat menunjukkan hasil tertentu. "Saat itulah urine paling terkonsentrasi sehingga bisa mengarah ke bentuk berbusa dalam urine," kata Amy Peebles, M.D., seorang peneliti di American College of Obstetricians dan Gynaecologists di Washington, DC.

Risiko Tes Kehamilan Buatan Sendiri

Risiko Tes Kehamilan Buatan Sendiri
freepik.com/romankosolapov

Melakukan tes kehamilan buatan sendiri untuk bersenang-senang bukanlah masalah. Tetapi dokter memperingatkan bahwa hanya mengandalkan hasil tersebut dapat menjadi penyebab kekhawatiran.

"Mungkin ada potensi gangguan emosional," kata David Clay, M.D., seorang OB-GYN di Clinic Sofia di Minnesota. Dia mengatakan harapan akan kehamilan dapat dihancurkan oleh hasil negatif palsu dan sebaliknya. Lebih buruk lagi, ibu hamil yang melihat hasil negatif mungkin tidak mengambil langkah selanjutnya yang tepat, sehingga berpotensi membahayakan janin.

Andre Saad, M.D., menambahkan bahwa Mama juga berisiko menempatkan diri pada bahaya. "Ada keadaan di mana pengetahuan kehamilan sangat penting," kata direktur ginekologi di Rumah Sakit Syosset di New York.

Mengapa Banyak yang Melakukan Tes Kehamilan Ini?

Mengapa Banyak Melakukan Tes Kehamilan Ini
freepik.com/poringdown

Jika tes kehamilan buatan rumah ini tidak aman dan tidak akurat, mengapa banyak yang menggunakannya? Tes jenis ini mungkin tampak lebih menarik daripada tes kehamilan yang dijual bebas, yang justru lebih efektif. Selain itu, semua bahan yang diperlukan ada di rumah, seperti garam, cuka, gula, pasta gigi, atau pemutih.

Tetapi banyak juga yang menggunakannya untuk alasan bersenang-senang. Apapun alasannya, karena tidak akurat, pastikan untuk melakukan tes ulang dengan alat tes kehamilan yang dijual di pasaran atau di dokter, Ma. Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kelak.

Itulah informasi mengenai keamanan penggunaan bahan-bahan dapur untuk tes kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.


Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.