Tips Menjalankan Program Hamil untuk Penderita PCOS

Jangan sepelekan penyakt Polycystic ovary syndrome (PCOS) saat program kehamilan

1 Juni 2021

Tips Menjalankan Program Hamil Penderita PCOS
Freepik/yanalya

Polycystic ovary syndrome (PCOS) atau sindrom polikistik ovarium adalah gangguan keseimbangan hormon pada wanita yang menyerang ovarium (indung telur) dan mengganggu proses pelepasan sel telur (ovulasi).

Penyakit ini baru akan diketahui setelah ada gangguan menstruasi yang terjadi setiap bulannya. Hal itu akan berdampak pada kehamilan.

Kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada pasangan yang sudah lama menikah, tetapi juga terjadi pada pasangan yang baru menikah.

Tidak hanya saat menjalankan program hamil, penderita PCOS yang sedang mengandung juga berisiko keguguran, bayi prematur, darah tinggi, dan diabetes.

Berikut tips menjalankan program hamil untuk penderita PCOS yang telah Popmama.com rangkum pada Popmama Online Class bersama Dr. Riyan Hari Kurniawan pada senin, 31 Mei 2021 lalu.

Editors' Picks

1. Menjaga gairah seksual

1. Menjaga gairah seksual
Pinterest/yahoolifestyle

Gairah turun bisa terjadi karena faktor stres, makanan yang tidak sesuai, penyakit, kurang istirahat, atau ada masalah dengan pasangan. Untuk menjaga gairah seksual agar tidak menurun, hindari hal-hal tersebut.

Namun, jika gairah seksual terlanjur menurun, Mama bisa memperbaikinya dengan cara membuat nyaman diri sendiri, jangan terlalu stres, targetkan kehamilan, konsumsi vitamin, dan luangkan waktu yang berdua yang lebih banyak.

Jadikan hubungan seksual menjadi hal yang menyenangkan ya, Ma. Jangan dibawa stres.

2. Pilih makanan yang kaya akan vitamin

2. Pilih makanan kaya akan vitamin
Pinterest/neverenoughgreens

Mengonsumsi vitamin sangat penting bagi Mama yang sedang menjalankan program hamil karena bermanfaat untuk menunjang kebutuhan gizi dan kesehatan ibu hamil nantinya.

Selain dalam bentuk suplemen, vitamin bisa didapat dari makanan, yakni makanan yang kaya antiokdidan, lemak omega 3, dan mengandung asam folat karena dapat membantu kualitas sel telur.

Untuk menunjang gairah melalui makanan, Mama bisa mengonsumsi cokelat, buah strawberry, jeruk, dan semangka.

Rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan

Rutin berolahraga menurunkan berat badan
Pinterest/greyscaleinblue

Olahraga sangat efektif untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Namun, Mama harus menyesuaikan kemampuan tubuh saat berolahraga. Jangan berolahraga terlalu sering dengan intensitas yang berat.

Ada baiknya, Mama mencari tahu terlebih dahulu berapa berat badan Mama saat ini, lalu hitung indeks masa tubuh.

Apabila didapatkan kesimpulan dengan berat badan yang berlebih, Mama bisa menurunkan berat badan secara perlahan dengan berolahraga untuk membantu mengatasi masalah gangguan ovulasi pada PCOS.

Jenis olahraga yang bisa Mama pilih, antara lain berjalan kaki, lari, yoga, berenang, dan naik sepeda.

Itulah tips menjalankan program hamil untuk penderita PCOS yang bisa Mama lakukan. Apabila gangguan-gangguan tersebut telah teratasi, Mama memiliki peluang untuk hamil secara alami.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.