Bukan Operasi, Ini Pengobatan Vaginismus yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sulit saat berhubungan intim dikarenakan vagismus sangat menyiksa, coba lakukan pengobatan berikut

11 Januari 2019

Bukan Operasi, Ini Pengobatan Vaginismus Bisa Dilakukan Rumah
Unsplash/Nick Arnot

Selama basih bisa ditangani dengan terapi relaksasi dan diketahui penyebab pasti dari vaginismus yang kamu alami, sebenarnya pengobatannya tidak harus dengan metode operasi.

Masih ada cara lain sebagai pengobatan vaginismus. Berikut Popmama.com akan berikan penjelasan macam-macam cara pengobatan untuk vaginismus.

Hal yang pertama harus kamu ketahui adalah penyebab rasa sakitnya terlebih dulu. Sebenarnya vaginismus merupakan salah satu gangguan yang sering berhasil disembuhkan.

Cara pengobatan vaginismus, biasanya adalah dengan melakukan metode berikut:

1. Relaksasi vagina

1. Relaksasi vagina
Pixabay/AlexVan

Kompres vagina dengan handuk yang telah direndam air hangat. Lakukan sambil berbaring, atau ciptakanlah posisi yang bisa merelaksasi tubuh kamu.

2. Terapi emosional

2. Terapi emosional
Pixabay/limo23

Terapi emisional salah satunya adalah dengan meditasi. Namun kadang ada sebagian orang emosinya akan mengalami perubahan secara drastis apabila memiliki suatu trauma atau phobia pada hal tertentu. Untuk itu, kamu perlu mengatasi penyebabnya dulu agar emosi kamu bisa stabil.

Editors' Picks

3. Latihan kegel

3. Latihan kegel
Freepik/katemangostar

Selain itu, latihan kendali pelvic floor (latihan Kegel) dan latihan vagina dapat meringankan rasa sakit secara perlahan dan baik untuk membantu mengatasi vaginismus.

Latihan Kegel meliputi aktivitas kontraksi dan relaksasi yang membantu meningkatkan kendali otot pelvic floor. Latihan vagina ini bertujuan untuk membantu kamu agar terbiasa dengan objek yang masuk ke dalam vagina.

Baca juga: Bercinta Terasa Sulit dan Menyakitkan, Ketahui Apa Itu Vaginismus

Baca juga: Vagina Terasa Nyeri Luar Biasa? Hati-Hati, Ketahui Penyebab Vulvodynia

4. Pengobatan luar

4. Pengobatan luar
Freepik

Banyak perempuan yang sudah mengalami menopause mengalami vaginismus karena kurangnya pelumas akibat rendahnya kadar estrogen. Sering kali, kondisi ini dapat ditangani dengan estrogen topikal yang dioleskan langsung pada vagina.

5. Operasi

5. Operasi
Unsplash/Hush Naidoo

Operasi adalah opsi lainnya yang digunakan untuk memperlebar vagina. Jika cara-cara di atas tidak dapat menjadi solusi bagi vaginismus yang kamu alami, mungkin kamu perlu konsultasi dengan dokter lebih lanjut.

Hal ini mungkin perlu dilakukan pada situasi tertentu. Sebagai contoh, apabila operasi sebelumnya menyebabkan jaringan luka yang membatasi vagina, seperti episiotomi pada saat persalinan.

Pada kasus ini, operasi kecil dapat membantu mengangkat jaringan luka, dengan memotong jaringan luka dengan hati-hati dan menjahit dengan jahitan kecil. Operasi dilakukan dengan anestesi lokal atau umum.

Itulah cara pengobatan untuk vaginismus pada perempuan. Jangan diabaikan, terutama jika kamu sedang menjalankan program kehamilan. Segera atasi ya, Ma.