Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Aneh tapi Nyata, Ini 6 Artis yang Ngidam Makan Es Batu saat Hamil

Ada yang sampai mengikis es dari freezer untuk memenuhi rasa ngidamnya

8 Desember 2022

Aneh tapi Nyata, Ini 6 Artis Ngidam Makan Es Batu saat Hamil
Instagram.com/fairuzarafiq & Instagram.com/dindahw

Saat mengandung si Kecil, apakah Mama sempat merasakan yang namanya ngidam? Kebanyakan ibu hamil tentu pernah merasakan kondisi ini, di mana muncul keinginan yang kuat akan sesuatu ketika tengah mengandung.

Saat merasakan ngidam, umumnya ibu hamil menginginkan makanan atau minuman tertentu. Namun, tak sedikit juga ibu hamil yang menginginkan sesuatu yang unik. 

Misalnya ada sejumlah artis yang merasakan ngidam ingin makan es batu. Wah, kok bisa, ya, Ma? Meski aneh, namun ini benar adanya.

Berikut Popmama.com rangkum 6artis yang ngidam makan es batu saat hamil

1. Fairuz A Rafiq

1. Fairuz A Rafiq
Instagram.com/fairuzarafiq

Pesinetron Fairuz A Rafiq sempat merasakan ngidam yang unik saat mengandung anak keduanya pada tahun 2018 lalu. Istri dari Sonny Septian ini mengidam makan es batu hingga bunga es yang menempel di kulkas. 

Mengetahui istrinya mengidam es batu membuat Sonny Septian sempat merasa khawatir. Namun, Fairuz terus meyakinkan suaminya bahwa dirinya akan baik-baik saja.

2. Tantri Kotak

2. Tantri Kotak
Instagram.com/tantrisyalindri

Artis selanjutnya yang pernah ngidam es batu saat hamil adalah Tantri, vokalis band Kotak. Hal ini dialami Tantri saat hamil anak kedua pada tahun 2019 lalu. 

Pemilik nama lengkap Tantri Syalindri Ichlasari ini mengaku mendadak suka minuman yang dingin atau mengonsumsi es batu.

Editors' Picks

3. Dinda Hauw

3. Dinda Hauw
Instagram.com/dindahw

Saat mengandung Arshaka pada tahun 2021 lalu, Dinda Hauw juga sempat merasakan ngidam. Di kehamilan pertamanya tersebut, istri dari Rey Mbayang ini jadi gemar mengunyah es batu. 

Hal ini diungkapkan langsung oleh Rey Mbayang yang mengatakan bahwa sang istri kerap mengunyah es batu. Diketahui, ngidam es batu ini dirasakan Dinda Hauw saat usia kandungannya memasuki 7 bulan. 

4. Tasya Farasya

4. Tasya Farasya
Instagram.com/tasyafarasya

Beauty influencer, Tasya Farasya belum lama ini melahirkan anak keduanya yang diberi nama Hasan Isa Assegaf. Saat hamil Baby Isa, Tasya juga mengaku sempat merasakan ngidam yang unik. 

Tasya Farasya mengungkapkan bahwa ia mengalami ngidam yang aneh-aneh, mulai dari menonton video mukbang hingga gemar makan es batu.

5. Jada Pollock

5. Jada Pollock
Instagram.com/jadastyles_ & Twitter.com/jada3_p

Tak hanya artis tanah air, ngidam es batu juga dirasakan oleh selebritis luar negeri. Salah satunya adalah Jada Pollock, seorang talent manager yang merupakan istri dari penyanyi, Wizkid. 

Melalui akun Twitter-nya, Jada membagikan pengalaman ngidamnya yang sangat unik. Ia membagikan foto es batu dengan dua lembar roti, mirip seperti sandwich. 

Wah, ada-ada saja, ya, Ma.

6. Iyabo Ojo

6. Iyabo Ojo
Instagram.com/iyaboojofespris

Aktris Alice Iyabo Ojo sempat membagikan pengalamannya saat hamil. Saat mengandung anak keduanya, Festus, Iyabo Ojo memiliki keinginan untuk memakan es batu. 

Bahkan, Iyabo Ojo mengaku kondisi ngidamnya sangat parah. Ia sampai terbiasa mengikis es dari freezer hanya untuk mengunyahnya dan memenuhi rasa ngidamnya. 

Apakah Aman Ngidam Es Batu saat Hamil?

Apakah Aman Ngidam Es Batu saat Hamil
Freepik/Racool_studio

Dilansir dari Healthline, ada beberapa alasan yang menyebabkan ibu hamil ngidam es batu. Alasan pertama bisa jadi ibu hamil mengalami pica, yakni keinginan untuk makan sesuatu yang tidak memiliki nilai gizi. 

Selain itu, mengidam es batu juga bisa menjadi tanda anemia. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa es dapat memberi dorongan mental pada penderita anemia. 

Ada beberapa penyebab lain yang membuat ibu hamil ngidam makan es batu, di antaranya adalah:

  • Ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Dalam hal ini, makan es batu memungkinkan ibu hamil tetap terhidrasi

  • Karena es batu tidak memiliki bau atau rasa, banyak ibu hamil yang menyukainya karena tidak menyebabkan rasa mual.

  • Kehamilan dapat meningkatkan laju metabolisme dan menyebabkan vasodilatasi (pembengkakan pembuluh darah). Kondisi ini bisa membuat ibu hamil merasa semakin panas, sehingga menginginkan sesuatu yang dingin seperti es batu. 

Lantas, apakah mengonsumsi es batu bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin?

Mengonsumsi es batu saat hamil sebenarnya aman saja selama dikonsumsi dalam batas yang wajar. Pasalnya, es batu bukanlah suatu zat yang berbahaya. 

Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi es batu secara berlebihan karena dapat menyebabkan masalah gigi dan sakit tenggorokan. Selain itu, konsumsi es batu saat hamil juga dapat mempengaruhi asupan nutrisi penting karena es tidak memiliki nilai kalori.

Nah, demikianlah rangkuman mengenai 6 artis yang ngidam makan es batu saat hamil. Apakah Mama juga pernah ngidam es batu saat mengandung si Kecil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk