Jangan Terlewat Ma, Ini 5 Doa yang Baik Dibaca Oleh Ibu Hamil

Agar janin tetap sehat dan selalu diberi perlindungan

11 September 2020

Jangan Terlewat Ma, Ini 5 Doa Baik Dibaca Oleh Ibu Hamil
Freepik/elnurfreepik

Hamil ataupun melahirkan adalah dambaan bagi setiap perempuan. Terlebih pada masa kehamilan saat menanti kehadiran sang buah hati, tentu calon Mama akan lebih mudah merasa cemas dan khawatir.

Setiap calon orangtua tentunya mendambakan anak yang sholeh dan sholehah. Anak seperti itu akan terwujud jika orangtua dengan seluruh kemampuannya berusaha membentuk karakter anaknya sejak dini, bahkan sejak mereka masih menjadi janin sekalipun.

Selain ahli medis dan gizi yang menyarankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan melakukan kegiatan sehat selama kehamilan, dalam Islam Mama juga dianjurkan membaca dzikir ataupun doa yang baik untuk janin yang Mama kandung.

Ketika hamil, perempuan sangat dianjurkan untuk lebih banyak beribadah dan berdoa agar janin yang dikandung bisa terlahir menjadi anak sholeh atau sholehah sesuai dengan dambaan para orangtua.

Memang tidak ada dzikir atau doa khusus yang diperuntukkan untuk ibu hamil, namun Mama bisa mengamalkan amalan baik dengan membaca beberapa doa yang dianjurkan bagi ibu hamil.

Hal ini agar Mama terus mendapat ketenangan hati dan selalu berada dalam lindungan-Nya selama masa kehamilan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum lima doa ibu hamil yang baik untuk dibaca setiap hari.

1. Baca Al-Fatihah

1. Baca Al-Fatihah
Freepik/freeograph

Ibnul Qayyim berkata: “Aku pernah tinggal beberapa waktu lamanya di Makkah. Ketika itulah aku menderita beberapa penyakit, sementara aku tidak berobat ke dokter dan tidak pula menemukan obat. Maka aku mengobati diriku sendiri dengan surat Al-Fatihah. Aku melihat pengaruhnya yang menakjubkan. Aku pun menceritakan pengalamanku ini kepada orang-orang yang mengeluhkan sakitnya. Dan kebanyakan mereka sembuh dengan cepat."

Surat pertama dalam Al-Quran ini memang dikenal sangat ampuh dalam segala hal. Selain membaca surat ini saat sholat, Mama bisa membaca surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali yang kemudian ditiupkan pada bagian perut agar rasa sakit yang Mama alami selama masa kehamilan bisa mereda.

Editors' Picks

2. Membaca ayat kursi

2. Membaca ayat kursi
Freepik

Ayat yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab merupakan ayat paling mulia di dalam Al Quran. Pada bacaan ini berisi tentang keesaan serta kekuasaan Allah yang mutlak.

Di setiap ayat-ayat pada bacaan ayat kursi mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaannya dan manfaatnya. Dengan membaca ayat ini maka akan memengaruhi jiwa dan keimanan hidup kita.

Selain itu, membaca ayat kursi bisa menjadikan amalan baik yang bisa Mama lakukan saat sedang hamil. Mama bisa membacanya dua kali saat pagi dan sore hari, juga saat selesai sholat fardhu dan ketika ingin tidur. Mama akan merasakan ketenangan dalam hati dan tidak merasa cemas yang berlebihan.

3. Membaca dua ayat terakhir Al-Baqarah

3. Membaca dua ayat terakhir Al-Baqarah
Freepik

Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah juga dikatakan ampuh untuk menjaga Mama dari apapun. Terlebih ketika hamil yang rentan akan sesuatu yang berbahaya.

Mama bisa membaca dua ayat ini pada sore hari atau ketika mau tidur. Doa ini sangat bermanfaat dan ampuh agar Mama selalu dicukupi dan dijaga dari segala marabahaya.

4. Membaca surat Al-Insyirah

4. Membaca surat Al-Insyirah
Freepik

Banyak amalan baik yang dianjurkan ibu hamil ketika sedang mengandung, kamu bisa membaca surat Al-Insyirah. sebanyak tujuh kali setiap ba’da sholat maghrib dan ditiupkan pada perutmu yang tengah mengandung tersebut.

Khasiat surat ini di antaranya, obat dari segala macam penyakit, dan di surat tersebut Alloh menegaskan bahwa akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Ini bisa meyakinkan Mama bahwa seberat apapun proses kehamilan yang Mama jalani, kelak Mama akan mendapat kemudahan.

5. Memperbanyak membaca doa seperti di bawah ini

5. Memperbanyak membaca doa seperti bawah ini
Islam.nu.or.id

Doa diatas sangat baik dibaca oleh ibu hamil, pada doa ibu hamil tersebut memiliki arti

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Itulah doa-doa yang baik dibaca setiap hari agar janin selalu dalam lindungan-Nya dan dijadikan calon anak sholeh ataupun sholeha. 

Selain doa-doa di atas, Mama bisa membaca dzikir atau doa apapun yang membuat Mama selalu merasa tenang dalam keadaan apapun. Karena pada dasarnya semua doa baik untuk ibu hamil dan janinnya. Semoga selalu menjalani kehamilan yang sehat ya, Ma.

Ma, itulah lima doa ibu hamil yang baik untuk dibaca setiap hari. Semoga bisa diamalkan ya, Ma.

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.