Ketahui Perkembangan Janin 6 Bulan, Ujung Kehamilan Trimester Dua

Tak terasa ya, kehamilan Mama kini sudah memasuki usia 6 bulan!

27 Desember 2018

Ketahui Perkembangan Janin 6 Bulan, Ujung Kehamilan Trimester Dua
Freepik/Oleg Baliuk

Saat kehamilan Mama memasuki 6 bulan, tentu perut Mama akan terlihat lebih membulat dari sebelumnya. Mama mungkin akan mengalami berbagai macam keluhan pada usia kehamilan ini karena bobot janin dalam kandungan juga terus bertambah. Keluhan seperti sakit punggung, susah buang air besar, hingga kaki keram mungkin akan Mama rasakan.

Namun dibalik ketidaknyamanan tersebut, rasanya Mama akan dibuat bahagia dan tidak sabar menanti kelahiran sang bayi begitu tahu perkembangan pertumbuhannya.

Mama penasaran apa saja perkembangan janin 6 bulan? Dilansir dari laman Baby Center, berikut beberapa diataranya:

1. Usia 25 minggu

1. Usia 25 minggu
Freepik/Senivpetro

Pada usia kehamilan 25 minggu, janin memiliki berat sekitar 660 gram dengan panjang sekitar 34- 35 cm Ma. 

Pada usia kehamilan ini, rambut bayi sudah tumbuh lebih banyak. Indera pendengarannya juga terbentuk lebih sempurna sehingga janin dapat mendengar dengan baik.

Saat ada suara keras, janin dapat mendengar dan merespon dengan menendang perut Mama. Pada usia ini pula, janin sudah bisa menangkap cahaya, meski kelopak matanya masih tertutup.

2. Usia 26 minggu

2. Usia 26 minggu
Freepik/Oleg Baliuk

Perkembangan janin 6 bulan, tepatnya pada usia 26 minggu yaitu janin memiliki berat sekitar 750 gram dengan panjang sekitar 35,5 cm.

Pada usia kehamilan ini, jaringan saraf di telinga janin sudah berkembang lebih baik dan lebih sensitif dari sebelumnya Ma. Janin sudah bisa mendengar Mama dan Papa berbincang lho!

Editors' Picks

3. Usia 27 minggu

3. Usia 27 minggu
Freepik/Pressfoto

Saat menginjak usia 27 minggu, bayi setidaknya sudah sebesar kembang kol Ma. Beratnya berada dikisaran 900 gram dengan panjang sekitar 36 -37 cm.

Pada usia ini, janin sudah bisa membuka dan menutup matanya dengan baik. Bahkan janin juga sudah bisa mengisap jarinya sendiri. Jaringan otak bayipun sudah semakin berkembang pada usia ini!

4. Usia 28 bulan

4. Usia 28 bulan
Freepik/Senivpetro

Pada usia 28 bulan, janin sudah memiliki berat sekitar 1 kg dengan panjang sekitar 38 cm Ma. ukurannya janin setidaknya sudah sebesar terong besar. Adapun pada usia kehamilan ini, perkembangan otaknya juga akan semakin baik dari minggu sebelumnya.

Lapisan lemak yang mengelilingi tubuhnya juga semakin banyak. Bisa dibilang, perkembangan ini merupakan bagian dari tahap persiapan tubuh janin untuk lahir ke dunia Ma.

Nah, selain perkembangan tersebut, pada usia ini janin juga sudah bisa mengedipkan matanya lho Ma!

Itulah perkembangan janin usia 6 bulan Ma. Mama harus menjaga kesehatan dengan baik agar janin tetap sehat dan berkembang secara semestinya. Yang pasti, tetaplah rutin memeriksakan diri ke dokter dan segera konsultasikan ke dokter jika mengalami keluhan yang mengganggu aktifitas Mama.

Baca juga: Seperti Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan dari Minggu ke Minggu!

Baca juga: Sudah Bisa Mendengar, Ini Ma Perkembangan Janin 5 Bulan Lainnya!

Baca juga: Semakin Dekati Persalinan, Ini Perkembangan Janin 7 Bulan Ma!

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!