5 Cara Mengatasi Migrain yang Ampuh bagi Ibu Hamil

Ada berbagai macam cara mengatasi migrain saat hamil lho Ma!

25 Juni 2020

5 Cara Mengatasi Migrain Ampuh bagi Ibu Hamil
Freepik/Dragon Gordic

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan memang kerap menimbulkan ketidaknyamanan. Salah satu ketidaknyamanan yang akan Mama alami selama kehamilan adalah menderita sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah atau migrain.

Saat Mama mengalami migrain, tentu konsumsi obat secara sembarangan tidaklah disarankan. Ibu hamil memang harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat karena apapun yang Mama konsumsi, akan berpengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungan.

Agar Mama tak bingung, berikut Popmama.com rangkum lima cara mengatasi migrain yang ampuh bagi ibu hamil yang bisa diterapkan di rumah:

1. Istirahat

1. Istirahat
Freepik/Dragana Gordic

Saat Mama mengalami migrain, berisitirahatlah. Sebab mungkin sakit kepala sebelah yang Mama rasakan bukan hanya disebabkan karena perubahan hormon saja, tetapi juga karena Mama terlalu lelah.

Jadi, cobalah berbaring di tempat tidur dengan posisi senyaman mungkin. Matikan lampu kamar agar Mama dapat berbaring lebih nyaman dan rileks.  

Editors' Picks

2. Minum banyak air putih

2. Minum banyak air putih
Freepik/Yanalya

Jika Mama mengalami migrain, coba cek apakah asupan cairan tubuh sudah tercukupi dengan baik atau tidak. Karena jika Mama mengalami dehidrasi, risiko untuk menderita migrain saat hamil akan semakin besar.

3. Lakukan relaksasi

3. Lakukan relaksasi
Freepik/Yanalya

Jika Mama mengalami migrain, cobalah untuk melakukan relaksasi sejenak. Mama bisa menarik napas yang dalam kemudian hembuskan secara perlahan.

Atau lakukan olahraga yoga, karena olahraga satu ini terbilang dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga migrain yang Mama rasakan perlahan dapat mereda.

4. Kompres area yang migrain

4. Kompres area migrain
Freepik/Bearfotos

Jika Mama mengalami migrain saat hamil, hal yang bisa Mama lakukan berikutnya adalah mengompres area wajah, mata, dan juga jidat dengan handuk bersih yang telah direndam oleh air hangat. Jika Mama ingin menggunakan kompres dingin, bisa juga untuk melakukan kompres pada bagian belakang leher mama.

5. Konsultasikan ke dokter

5. Konsultasikan ke dokter
Freepik/Pressfoto.ru

Jika cara-cara tersebut telah dilakukan dan migrain saat hamil yang Mama rasakan tak juga mereda, konsultasikan segera kepada dokter, Ma. 

Dokter mungkin akan meresepkan obat yang aman untuk ibu hamil sehingga migrain yang Mama alami dapat teratasi dengan baik dan sakit kepala sebelah yang Mama rasakan berangsur menghilang. 

Itulah cara mengatasi migrain saat hamil yang bisa Mama lakukan. Selain menerapkan hal tersebut, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat agar kesehatan mama dan janin dalam kandungan terjaga dengan baik. 

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.