Penuh Harapan, Ini Surat yang Wajib Dibaca saat Hamil 7 Bulan

Jangan lupa diamalkan ya, Ma!

25 April 2021

Penuh Harapan, Ini Surat Wajib Dibaca saat Hamil 7 Bulan
Freepik/prostooleh

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya kelak menjadi sosok yang saleh dan salehah, bahkan selalu mempunyai harapan yang terbaik di kemudian hari.

Hal tersebut pun tertanam doa orang tua juga lho, Ma. Jika Mama sewaktu hamil sering mendoakan janin di kandungan, maka kelak semoga harapan tersebut bisa dikabulkan.

Ketika usia kehamilan sudah mengijak 7 bulan dan sedang menanti momen persalinan, Mama tidak ada salahnya untuk menenangkan hati dan pikiran dengan membaca beberapa surat di dalam Alquran. Mama pun bisa mengamalkan serta melatunkannya untuk si Kecil yang masih di dalam kandungan. 

Berikut Popmama.com sudah merangkum beberapa surat yang bisa saat hamil 7 bulan

1. Surat Maryam

1. Surat Maryam
Freepik

Surat yang pertama untuk Mama baca, yakni Surat Maryam. Mama tentu sudah pernah dengar terkait kisah kisah perjuangan Siti Maryam. 

Surat Maryam ini bercerita tentang perjuangan Siti Maryam dalam melahirkan Nabi Isa AS, mulai dari beberapa proses persalinan hingga doa yang akan dipanjatkan.

Surat ke-19 yang terdiri dari 89 ayat tersebut bisa dibaca dan diyakini sebagai doa bagi ibu hamil 7 bulan. Besar harapan bisa dimudahkan dalam proses persalinan kelak.

Layaknya hubungan Mama dan anak, di surat ini juga terdapat doa semoga anak yang lahir nanti. Diharapkan si Kecil bisa berbakti terus kepada orangtuanya. 

Editors' Picks

2. Surat Yusuf

2. Surat Yusuf
Pexels/Sidik Kurniawan

Mungkin surat ini sudah tidak asing lagi di kalangan ibu hamil, terutama jika Mama sedang mengandung bayi laki-laki.

Ya betul, Nabi Yusuf AS adalah nabi yang paling tampan dan rupawan. Belum lagi perilaku mulia pun selalu melekat pada Nabi Yusuf. Bahkan, banyak riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Yusuf membuat ia begitu dikagumi pada masanya.

Membaca surat Yusuf saat hamil diharapkan nanti si Kecil bisa setampan dan rupawan beliau, bahkan memiliki akhlak serta budi pekerti layaknya sang Nabi.

Kisah lainnya yang terkenal, yakni mengajarkan kepada umat Islam bahwa di balik musibah yang menimpa selalu ada rencana serta hikmah dari Allah SWT. Beberapa kali Nabi Yusuf memang menghadapi beberapa musibah, namun di balik itu semua merupakan jembatan kemuliaan dan kebahagiaan bagi ia sendiri.

Beliau juga menghadapi bujuk rayu dan godaan yang menggiurkan, tetapi tetap teguh pada pendiriannya. Ini menjadi hal yang patut diteladani.

3. Surat Al-Fatihah

3. Surat Al-Fatihah
Pixabay/shzern

Surat pembuka saat salat ini bisa dibaca oleh Mama yang sedang hamil besar, terutama dikenal sangat ampuh dalam segala hal.

Ibnul Qayyim pun pernah berkata bahwa ia pernah tinggal beberapa waktu lamanya di Makkah dan menderita berbagai penyakit, sementara ia tidak berobat ke dokter dan tidak menemukan obat.

Alhasil, ia mengobati dirnya dengan surat Al-Fatihah. Ia juga menceritakan pengalaman dan kebanyakan mereka sembuh.

Bagi ibu hamil mungkin bisa dibaca ketika perut sedang sakit sambil mengusap perut dan membaca surat Al-Fatihah ini.

4. Surat Yasin

4. Surat Yasin
Pexels/Faseeh Fawaz

Surat Yasin memang bisa dibaca tiap hari, baik selesai salat atau saat Mama tengah membaca surat yang lain untuk didengarkan janin dalam kandungan.

Keutamaan membaca surat ini, yakni untuk menjaga kandungan agar tetap sehat. Khususnya agar janin jauh dari godaan setan, kejahatan manusia dan si Kecil kelak memiliki ketenangan hati.

Itulah tadi beberapa surat yang bisa dibaca saat hamil tengah 7 bulan ya, Ma. Lantunan ayat suci di atas bukan hanya memberikan ketenangan batin Mama, namun juga berpengaruh untuk janin di dalam kandungan juga.

Lakukan secara rutin dan semoga kelak Si Kecil di kandungan menjadi anak yang berkarakter baik serta selalu mendapatkan rida dari Allah SWT. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.