Benarkah Bentuk Perut Mama saat Hamil Tentukan Jenis Kelamin Bayi?

Setiap perempuan bisa memiliki bentuk perut yang berbeda-beda saat hamil.

21 November 2020

Benarkah Bentuk Perut Mama saat Hamil Tentukan Jenis Kelamin Bayi
Unsplash/Jemej Graj

Mama mungkin pernah mengetahui beberapa mitos tentang jenis kelamin bayi yang bisa diketahui dari bentuk perut selama masa kehamilan. Mitos tersebut bukan hanya menyebar di Indonesia, namun juga di berbagai belahan dunia. Teman-teman mama biasanya diminta untuk menebak jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk perut saat baby shower

Banyak orang beranggapan bahwa bentuk perut bulat saat hamil menandakan Mama tengah mengandung bayi perempuan. Sementara itu, apabila bentuk perut mama lonjong ke depan saat hamil, maka menandakan Mama tengah hamil bayi laki-laki. 

Apakah Mama salah satu orang yang percaya mitos tersebut? Apakah mitos tersebut benar? Berikut ini rangkuman penjelasan dari Popmama.com mengenai pengaruh bentuk perut ibu hamil terhadap jenis kelamin bayi, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Editors' Picks

Bentuk Perut Mama Dipengaruhi Posisi Bayi

Bentuk Perut Mama Dipengaruhi Posisi Bayi
freepik.com

Berdasarkan penjelasan yang dikutip dari Healthline, ukuran maupun bentuk perut mama tidak dapat menentukan jenis kelamin bayi. Bentuk perut mama saat hamil ditentukan oleh otot perut, rahim, dan posisi bayi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, setiap perempuan bisa memiliki bentuk perut yang berbeda-beda saat hamil. 

Perlu Mama ketahui bahwa posisi janin bisa berubah seiring bertambahnya usia kehamilan, sehingga bentuk perut akan turut berubah. Contohnya, ketika punggung janin berada di bagian depan perut mama, maka perut akan terlihat membesar. Namun, ketika punggung bayi berada sejajar dengan punggung mama, maka kandungan akan terlihat sedikit mengecil. 

Perut Bagian Bawah Lebih Besar Tanda Dekat Waktu Persalinan

Perut Bagian Bawah Lebih Besar Tanda Dekat Waktu Persalinan
freepik.com/user15694850

Ada pula mitos yang menyebut apabila bentuk perut bagian atas lebih besar, maka Mama tengah mengandung bayi perempuan. Sebaliknya, apabila bentuk perut bagian bawah lebih besar, maka bayinya adalah laki-laki. 

Tentu mitos itu salah. Pasalnya, bentuk perut yang lebih besar di bagian bawah menunjukkan Mama semakin dekat dengan waktu melahirkan. Sedangkan bentuk perut yang menonjol ke depan dipengaruhi oleh kandung kemih dan posisi bayi dalam perut. 

Selain itu, tinggi rendahnya bentuk perut juga ditentukan riwayat kehamilan. Pada kehamilan pertama, posisi kandungan biasanya berada di atas. Sedangkan pada kehamilan kedua, posisi kandungan akan semakin turun ke bawah disebabkan otot perut yang mulai kendur. 

Bayi Laki-Laki Lebih Berat Dibanding Bayi Perempuan

Bayi Laki-Laki Lebih Berat Dibanding Bayi Perempuan
freepik/janoon028

Terakhir, besar kecilnya perut mama bisa dipengaruhi berat badan bayi dalam kandungan. Rata-rata bayi laki-lai memiliki berat badan lebih berat dibanding bayi perempuan. 

Sehingga bentuk perut mama terlihat lebih besar saat hamil anak laki-laki. Namun, ada pula kasus yang menunjukkan berat badan bayi tidak memengaruhi bentuk perut mama. 

Itulah informasi mengenai pengaruh bentuk perut ibu hamil terhadap jenis kelamin bayi. Sebesar apapun bentuk perut mama selama masa kehamilan, yang terpenting bayi tetap sehat. Jangan lupa untuk memerhatikan asupan nutrisi untuk bayi ya, Ma. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.