5 Cara Redakan Sakit Pinggang saat Hamil Tua Tanpa Obat

Penggunaan obat-obatan secara sembarangan justru membahayakan kehamilan lho, Ma

17 November 2021

5 Cara Redakan Sakit Pinggang saat Hamil Tua Tanpa Obat
Unsplash/Bella_the_brave

Memasuki trimester ketiga, perut ibu hamil akan semakin membesar dan menekan area pinggang. Akibatnya, Mama akan mengalami nyeri pinggang selama kehamilan hingga waktu persalinan. 

Hampir semua perempuan merasakan nyeri pinggang saat hamil. Penyebabnya pun beragam, tidak hanya perut yang membesar, melainkan juga bisa disebabkan meningkatkan hormon relaksin dan tekanan rahim. 

Perlu diketahui, hormon relaksin bisa membuat sendi-sendi di daerah pinggang menjadi lembek, sehingga tidak mampu menopang bobot perut yang semakin membesar. Selain itu, kebasaan jalan yang membungkuk juga bisa mengakibatkan nyeri pinggang saat hamil. 

Mama sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan untuk meredakan nyeri pinggang. Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips meredakan sakit pinggang saat hamil tua tanpa obat.

Yuk Ma, disimak!

1. Hindari kebiasaan membungkuk

1. Hindari kebiasaan membungkuk
Unsplash/Mauriciogutierreztello

Beraktivitas dengan kondisi perut yang semakin membesar memang tidak mudah. Mama akan membungkuk tanpa sadar ketika berjalan atau duduk untuk menopang perut. Namun, kebiasaan tersebut justru memperparah nyeri pinggang saat hamil. 

Mama sebaiknya tetap berjalan dan duduk tegak meski kesulitan menopang perut. Ketika harus mengambil benda yang lebih rendah, maka Mama dianjurkan jongkok, dibanding membungkuk. 

Ketika Mama sedang jongkok, maka kaki dan paha secara otomatis menopang berat tubuh, bukan punggung. Hal ini bisa mengurangi nyeri pinggang saat hamil tua. 

Editors' Picks

2. Pastikan untuk mengatur posisi tidur yang benar

2. Pastikan mengatur posisi tidur benar
Unsplash/All_who_wander

Cara selanjutnya untuk meredakan sakit pinggang, yakni mengatur posisi tidur dengan cara mengganjal punggung menggunakan bantal. Bantal akan membantu mengistirahatkan kerja otot saat tidur sehingga meredakan nyeri pinggang. 

Selain itu, cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke samping, jangan terlentang. Posisi miring akan menghindari posisi punggung menopang perut yang semakin membesar. 

Ketika hendak bangun dari posisi tidur ke posisi duduk, cobalah untuk miring terlebih dahulu. Lalu, bangun secara perlahan dengan tangan menahan pada tepi tempat tidur.

3. Rutin melakukan senam hamil

3. Rutin melakukan senam hamil
Unsplash/Elleirva

Ibu hamil memang dianjurkan untuk berolahraga meski kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Olahraga yang dilakukan harus berupa gerakan-gerakan ringan untuk membantu peregangan otot-otot yang tegang. 

Salah satu olahraga yang dianjurkan saat hamil tua adalah senam hamil. Senam hamil bisa meregangkan otot-otot pinggang, mengurangi sakit pinggang, sekaligus melancarkan proses persalinan. 

4. Pijat lembut daerah pinggang

4. Pijat lembut daerah pinggang
Unsplash/Vitormonthay

Sakit pinggang saat hamil sebenarnya tidak membutuhkan obat-obatan apapun. Mama bisa meredakan nyeri pinggang dengan memijat secara perlahan untuk melemaskan otot.

Mama bisa memijat area pinggang menggunakan minyak zaitun. Pastikan Mama memijat area pinggang secara lembut untuk menghindari risiko ketegangan otot. 

5. Kompres air hangat

5. Kompres air hangat
Unsplash/Cassidyrowell

Terakhir, Mama bisa meredakan nyeri pinggang dengan mengompres area pinggang dengan air hangat. Tempelkan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat selama 15 menit. 

Lakukan cara tersebut setiap dua jam sekali atau saat pinggang terasa sakit. Air hangat dipercaya mampu merangsang aliran darah ke daerah yang nyeri. 

Perlu diketahui, penggunaan obat-obatan secara sembarangan bisa membahayakan kehamilan. Oleh karena itu, Mama bisa melakukan cara-cara di atas untuk meredakan nyeri pinggang saat hamil tua. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.