Waspada, Ini 5 Penyebab Mata Kuning pada Bayi

Semakin cepat mencari penyebabnya, semakin cepat anak akan diobati

17 November 2020

Waspada, Ini 5 Penyebab Mata Kuning Bayi
Unplash/Christian Bowen

Ma, coba perhatikan sklera atau bagian putih di bola mata bayi mama. Apakah warnanya putih jernih atau agak kekuningan? Bila si Kecil mengalami kondisi seperti mata kuning, Mama harus segera mewaspadainya sedini mungkin.

Sklera yang kuning atau sclera icterus pertanda bahwa adanya penyakit-penyakit tertentu. Oleh karenanya jangan menganggap remeh gejalanya.

Untuk mewaspadai keadaan tersebut, kali ini Popmama.com akan membagikan lima penyebab mata bayi kuning. Berikut penjelasannya. 

1. Kadar bilirubin tinggi

1. Kadar bilirubin tinggi
Freepik/phduet

Bayi baru lahir, hingga berusia 12 hari, biasa mengalami kuning atau jaudince karena kadar bilirubin di dalam darah yang tinggi. Kuning bisa tampak di seluruh tubuhnya namun bagian sklera mata akan terlihat jelas karena warna dasarnya yang putih.

Bilirubin merupakan senyawa berwarna kuning hasil dari proses pemecahan hemoglobin di dalam darah. Penumpukan bilirubin inilah yang menyebabkan kerusakan hati atau gagal hati.

Menurut Medical News Today, jika bilirubin dalam aliran darah terlalu tinggi, maka bilirubin bisa bocor ke jaringan di sekitarnya seperti kulit dan mata. Hal ini menyebabkan mata jadi menguning.

Jaudince bisa disembuhkan dengan cara fototerapi atau terapi sinar ultraviolet (sinar matahari) dan memberikan bayi cukup ASI.

Editors' Picks

2. Pankreatitis

2. Pankreatitis
Unplash/Irina Murza

Salah satu penyebab mata bayi kuning adalah penyakit pankreatitis atau radang pankreas. Very Well Health mengatakan bahwa pankreatitis adalah infeksi pada pankreas yang menyebabkan pankreas membengkak, nyeri perut, dan penyakit kuning yang memengaruhi warna mata serta kulit.

Untuk mencegah komplikasi, pasien yang terkena pankreatitis harus rawat inap di rumah sakit dengan perawatan khusus.

3. Ikterus obstruksi

3. Ikterus obstruksi
Freepik

Ikterus obstruksi adalah sumbatan di saluran empedu yang menuju usus halus. Masalah ini bisa menyebabkan pembengkakan organ hati, radang, dan kuning pada kulit.

Dikutip dari Web MD, bahwa potongan-potongan material yang keras seperti kerikil bisa terbentuk di kantong empedu. Jika saluran empedu tersumbat oleh batu empedu, bilirubin menumpuk di darah dan hal tersebut yang menyebabkan mata menguning.

Sementara batu empedu bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gen, berat badan, penurunan gerakan kantong empedu, kadar bilirubin yang tinggi, hingga ketidakmampuan kantung empedu untuk mengosongkan diri dengan baik.

4. Kelainan darah

4. Kelainan darah
Unplash/Irina Murza

Bisa jadi penyebab sklera mata bayi berwarna kuning adalah kelainan darah yang menyebabkan sel darah merah mudah pecah. 

Pecahnya sel darah merah akan memicu pemecahan hemoglobin hingga menjadi heme dan globin. Di mana heme akan berubah menjadi bilirubin. Pembentukan bilirubin tersebutlah yang akan menyebabkan terjadinya mata kuning.

Namun selain kelainan pada sel darah merah, permasalahan lain pada darah yang memicu mata kuning yaitu anemia hemolitik dan kondisi anemia sel sabit.

Dilansir dari All About Vision bahwa kondisi lain yang kadang-kadang dikaitkan dengan mata kuning adalah gangguan darah tertentu yang memengaruhi produksi dan masa hidup sel darah merah, termasuk anemia sel sabit.

5. Sirosis hati

5. Sirosis hati
Freepik/Jcomp

Hati adalah organ yang sangat kuat dan mampu meregenerasi sel yang rusak.

Sementara sirosis berkembang ketika beberapa faktor yang merusak hati seperti infeksi virus kronis. Ketika hal ini terjadi, hati menjadi terluka.

Saat hati terluka dan tidak dapat berfungsi dengan baik, pada akhirnya dapat menyebabkan sirosis. Kondisi inilah yang membuat mata bayi berubah menjadi kuning.

Healthline mengungkapkan bahwa sirosis menyebabkan hati menyusut dan mengeras. Hal tersebut membuat darah yang kaya nutrisi sulit mengalir ke hati dari vena portal. Di mana vena portal membawa darah dari organ pencernaan ke hati. Saat tekanan di vena portal meningkat, maka darah tidak bisa masuk ke hati. Hasil akhirnya adalah kondisi serius yang disebut hipertensi portal.

Jika mata bayi kuning sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan tindakan medis yang tepat sebelum terlambat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.