Cara Mengeluarkan Dahak Bayi dengan Bawang Putih

Ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mengeluarkan dahak

27 Oktober 2021

Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Bawang Putih
Freepik/jcomp

Salah satu penyakit yang sering membuat orangtua khawatir adalah batuk pada bayi. Baik itu batuk kering ataupun berdahak, keduanya tentu dapat membuat Mama cemas.

Batuk adalah cara tubuh untuk menghilangkan iritasi di saluran pernapasan dan mencegah infeksi. Salah satu batuk yang kerap dialami bayi adalah batuk berdahak.

Dalam mengatasi batuk berdahak pada bayi, sebagian orangtua lebih mengandalkan pengobatan yang alami karena dianggap minim efek samping.

Ada banyak sekali obat alami yang digunakan sejak lama, salah satunya adalah bawang putih. Selain digunakan untuk pengharum dan penyedap rasa masakan, bawang putih juga dipercaya dapat meredakan dan mengeluarkan dahak.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas mengenai cara mengeluarkan dahak bayi dengan bawang putih. Langsung saja simak informasinya ya, Ma!

1. Penyebab batuk berdahak pada bayi

1. Penyebab batuk berdahak bayi
Freepik/A3pfamily

Sebelum membahas mengenai cara mengeluarkan dahak dengan bawang putih, alangkah baiknya kita memahami dahulu penyebab batuk berdahak pada bayi. Penyebab utama batuk berdahak atau batuk basah pada bayi adalah infeksi virus dan bakteri. 

Selain infeksi virus dan bakteri, batuk berdahak pada bayi juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti alergi, iritasi saluran pernapasan, naiknya asam lambung, paparan polusi seperti asap rokok dan asap kendaraan.

Batuk berdahak juga bisa menjadi pertanda bayi mengalami flu jika ia mengalami gejala sakit tenggorokan, hidung tersumbat, bersin, sakit kepala, nyeri otot, demam ringan dan kehilangan nafsu makan.

Editors' Picks

2. Sejarah bawang putih sebagai pengobatan alami

2. Sejarah bawang putih sebagai pengobatan alami
Freepik/jcomp

Bawang putih memiliki sejarah yang cukup panjang sebagai pengobatan alami. Pada awalnya, pengobatan dari bawang putih berasal dari penggunaannya di Asia kuno, Mesir dan Yunani.

Bawang putih digunakan di Mesir dan Yunani di antara kelas pekerja untuk mempromosikan kekuatan dan energi buruh. Sedangkan dalam pengobatan Cina, bawang putih digunakan sebagai pengobatan untuk kesehatan pencernaan, termasuk pengobatan cacingan dan diare. 

Tak hanya itu, praktisi medis di Tiongkok juga menggunakan bawang putih untuk kesehatan pernapasan. Bawang putih juga terus digunakan di Amerika sejak abad ke-19 sebagai ekspektoran, stimulan dan tonik.

3. Kandungan bawang putih

3. Kandungan bawang putih
Pexels/Cats Coming

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki senyawa yang disebut allicin. Senyawa ini memicu sel darah putih yang berperan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit, untuk beraksi dan melawan virus yang biasanya menyebabkan pilek dan flu.

Bawang putih juga memiliki sifat antimikroba dan ekspektoran pada bayi. Pusat Medis Universitas Maryland (UMMC) melaporkan bahwa bawang putih dapat menurunkan produksi dahak dan dapat mengurangi risiko dan durasi pilek. 

4. Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih

4. Cara mengeluarkan dahak bayi bawang putih
Unsplash/Khoa Pham

Setelah mengetahui manfaat yang luar biasa dari bawang putih, selanjutnya adalah informasi mengenai cara mengeluarkan dahak bayi dengan bawang putih.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Mama lakukan di rumah:

  • Siapkan satu siung bawang putih

Langkah pertama adalah menyiapkan 1 siung bawang putih yang masih dalam kualitas baik. Kemudian, kupas kulit bawang putih, lalu cuci dengan air mengalir hingga bersih. 

  • Geprek dan haluskan bawang putih

Setelah bersih, langkah selanjutnya adalah geprek bawang putih agar lebih mudah dihaluskan. Setelah digeprek, tumbuk bawang putih hingga teksturnya benar-benar halus.

  • Campurkan dengan minyak zaitun

Setelah bawang putih ditumbuk hingga halus, langkah selanjutnya adalah mencampurkannya dengan minyak zaitun sekitar 1 sendok teh. Setelah itu, aduk bawang putih dan minyak zaitun hingga merata.  

  • Oleskan pada tubuh bayi

Langkah terakhir adalah oleskan campuran bawang putih pada tubuh bayi di area punggung, perut, leher, dan dada. Oleskan secara perlahan dan merata. Hindari mengoleskannya di area wajah bayi.

Setelah dioleskan, biarkan bayi beristirahat sejenak . Dahak biasanya dapat keluar dari tenggorokan dengan sendirinya. Selain itu, jika bayi mengalami pilek, cara ini juga bisa mengeluarkan lendir dari hidungnya.

5. Cara membuat obat pelega batuk dan pilek dari bawang putih

5. Cara membuat obat pelega batuk pilek dari bawang putih
Pixabay/maisonboutary

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara mengeluarkan dahak pada bayi, kali ini ada cara membuat obat pelega batuk dan pilek dari bawang putih, dilansir dari Elliott Homestead. Cara membuatnya juga cukup mudah, yaitu:

Bahan yang diperlukan:

  • 8 siung bawang putih
  • ⅓ cangkir minyak kelapa
  • 10 tetes minyak lavender (atau minyak aroma lain yang menenangkan)

Cara membuatnya:

  • Kupas bawang putih, dan cuci hingga bersih.
  • Campurkan semua bahan-bahan menjadi satu ke dalam food processor atau blender. 
  • Haluskan selama sekitar 3 menit atau sampai menjadi pasta yang sangat halus. 
  • Masukkan ke dalam stoples kecil atau wadah lain yang bisa ditutup.

Setelah jadi, obat oles dari bawang putih dapat langsung digunakan. Namun, Mama juga bisa mendinginkannya untuk disimpan dalam jangka panjang.

Cara menggunakannya cukup gosokkan ke telapak kaki bayi dengan perlahan. Mama juga bisa mengoleskannya di dada bayi untuk memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Ulangi cara ini hingga kondisi si Kecil membaik.

Nah, itulah cara mengeluarkan dahak bayi dengan bawang putih. Memang sulit sebagai seorang Mama saat melihat si Kecil sakit. Oleh karena itu, Mama perlu sigap dan cermat dalam mengatasi segala penyakit yang menyerang bayi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.