Doa yang Dibaca Ketika Akikah Bayi sebagai Bentuk Rasa Syukur

Buat Mama yang akan akikah si Kecil, berikut doa-doa seputar akikah

2 Juni 2021

Doa Dibaca Ketika Akikah Bayi sebagai Bentuk Rasa Syukur
Pexels/Natalie

Sebagai wujud syukur dan bahagia atas kelahiran buah hati, setiap orangtua dianjurkan dalam Islam untuk melakukan akikah pada anak mereka.

Dilansir dari NU Online, akikah menjadi sunnah Rasul yang didefinisikan sebagai penyembelihan hewan dalam rangka penebusan seorang anak. Sebagaimana sabda Rasulullah yang terdapat dalam HR. Abu Dawud nomor 1522, "Seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) akikah yang disembelih untuknya di hari yang ke tujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama.” 

Umumnya, akikah sendiri dilaksanakan beberapa hari maupun bulan setelah sang Anak lahir dengan disunahkan menyembelih dua ekor kambing yang sama bagi anak laki-laki dan satu ekor kambing bagi anak perempuan.

Selain mempersiapkan hewan untuk disembelih, ada pula doa-doa yang dibacakan saat prosesi akikah. Seperti saat mencukur rambut, hingga walimah sebagai proses akhir akikah.

Lantas, apa saja doa-doanya? Berikut Popmama.com telah merangkum dilansir dari NU Online terkait apa saja doa yang dibacakan saat akikah anak.

1. Doa ketika menyembelih hewan

1. Doa ketika menyembelih hewan
Pexels/Nandhu Kumar

Dalam anjuran Islam, sebagaimana disebutkan bahwa orangtua bisa menyembelih hewan berupa kambing sebagai rasa syukur dan bahagia mereka. Sebelum menyembelih hewan akikah, berikut doa yang bisa Mama dan Papa bacakan:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ 

Bismillahi wallahu akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(sebutkan nama si Kecil).

Artinya: "Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah akikahnya… (sebutkan nama si Kecil)."

Editors' Picks

2. Doa ketika mencukur rambut bayi

2. Doa ketika mencukur rambut bayi
Freepik/mdjaff

Setelah menyembelih hewan akikah, umumnya penyelenggaraan akikah pada bayi dilanjutkan dengan mencukur rambut. Tak sembarang mencukur, berikut doa yang bisa Mama dan Papa bacakan:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahumma nurus samswsti wa nurusy syamsyi wal qamari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati Rasulullahi Shallallahu ‘alaihi wasallam walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Artinya: "Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.” 

3. Doa meniup ubun-ubun bayi setelah dicukur

3. Doa meniup ubun-ubun bayi setelah dicukur
Pexels/kelvinocta16

Setelah rambut sudah dicukur, prosesi akikah selanjutnya adalah meniupkan ubun-ubun bayi sambil mendoakan sang Anak dan keluarganya agar dilindungi dari setan yang terkutuk. 

Ada pun doa yang dibacakan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ 

Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha minasy syaithanir rajîm.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

4. Doa walimah akikah

4. Doa walimah akikah
Unsplash.com/mindyop

Dalam Islam, walimah menjadi tahapan yang ada dalam pernikahan sebagai bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT setelah berlangsungnya akad nikah. Tak hanya menikah, walimah juga menjadi tahapan dalam prosesi akikah sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran si Kecil.

Adapun bacaan doa yang bisa dibacakan saat prosesi walimah akikah adalah sebagai berikut:

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ 

Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmudati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyni.

Artinya: “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindungan-Mu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada di antara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

Itulah tahapan dan doa yang dibacakan saat akikah si Kecil, mulai dari proses penyembelihan, hingga walimah. Semua tahapan akikah tersebut selain sebagai rasa syukur, juga untuk mendoakan anak sejak dini.

Semoga informasinya bermanfaat untuk persiapan akikah si Kecil ya, Ma, Pa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.