Kapan Bayi Mulai Bisa Duduk? Cek Perkembangannya di Sini, Ma

Tanda-tanda ini bisa jadi acuan lho, Ma

8 Oktober 2020

Kapan Bayi Mulai Bisa Duduk Cek Perkembangan Sini, Ma
Freepik

Sepanjang hidupnya, bayi mama akan mengalami milestone-milestone yang menandai proses tumbuh-kembangnya. Salah satu milestoneyang penting adalah ketika bayi mulai bisa duduk. Inilah milestoneyang berbeda dan mengubah cara si Kecil (dan juga Mama) melihat dunia. 

Dengan kemampuan bayi duduk ini, maka cara berkomunikasi dan bermain akan berubah. Si Kecil sudah punya kemampuan mengontrol dan mendukung dirinya sendiri untuk tegak. Kemampuan ini membutuhkan waktu dan setiap bayi akan berbeda-beda. Tetapi begitu otot leher dan punggungnya semakin kuat dan ia tahu cara mengendalikan keseimbangan, bayi mama akan melakukannya sendiri. 

Lalu, kapankah saat itu tiba? Kapankah si Kecil mulai belajar duduk dan bagaimana cara untuk mendorongnya memiliki kemampuan ini? Berikut Popmama.com merangkum informasinya khusus untuk Mama.

Kapankah Bayi Mulai Bisa Duduk?

Kapankah Bayi Mulai Bisa Duduk
Pexels/J Carter

Di tahap ini, bayi mama sudah menguasai teknik berguling dan mengangkat kepalanya. Tak lama lagi, ia akan bisa duduk selama beberapa menit tanpa dibantu pada usia delapan bulan. Setelah bisa duduk beberapa menit, bayi mama mungkin akan roboh karena belum bisa mempertahankan posisinya untuk duduk dengan tegak. 

Namun, tiap bayi berkembang pada tingkat yang berbeda karena berbagai alasan. Jadi, jangan tergoda untuk membandingkan bayi mungil mama dengan anak yang lain. Fokuslah pada buah hati mama dan milestone-nya sendiri.

Editors' Picks

Bagaimana Cara Bayi Belajar Duduk?

Bagaimana Cara Bayi Belajar Duduk
Pexels/Anna Shvets

Di awal, Mama bisa membantu bayi dengan cara menyangga tubuh dengan beberapa bantal di usia empat bulan. Semakin menguat otot leher serta kepalanya, dan ia bisa mengendalikan kepalanya, bayi akan berangsur-angsur dapat duduk tanpa bantuan.

Inilah cara bayi belajar duduk:

  1. Pertama, bayi akan belajar mengangkat kepalanya sambil berbaring tengkurap.
  2. Setelah itu ia akan mencari cara untuk menopang dirinya di atas lengannya dan mengangkat dadanya dari lantai, seperti push up.
  3. Secara bertahap, selama 3 bulan ke depan, ia mulai bisa duduk selama beberapa detik tanpa bantuan. Tetapi di tahap ini Mama perlu mengelilingi sekitarnya dengan bantal untuk berjaga-jaga jika ia terjatuh.
  4. Akhirnya, si Kecil mampu duduk tegak sendiri di usia sekitar delapan bulan.

Mendorong Bayi Belajar Duduk

Mendorong Bayi Belajar Duduk
freepik.com/yaoinlove

Mama bisa kok mendorong si Kecil agar cepat belajar duduk dan melatih kekuatannya untuk duduk. Berikut ini beberapa cara yang bisa Mama lakukan:

  1. Perbanyak tummy time untuk melatih bayi mengangkat kepala. Ini akan melatih bayi agar otot lehernya semakin kuat. 
  2. Mainkan permainan di mana Mama memegang mainan yang sejajar dengan penglihatannya, kemudian ajak ia menirukan gerakan tangan mama melihat ke langit-langit. Ini juga akan membantu memperkuat otot leher dan mengembangkan kontrol kepala yang merupakan kunci agar bayi cepat duduk.
  3. Gunakan mainan yang berwarna terang dan mengeluarkan suara, atau Mama bisa menggunakan cermin untuk memastikan pendengaran dan penglihatannya normal. Letakkan mainan itu berada di luar jangkauan untuk menarik perhatiannya saat ia belajar menyeimbangkan dan menggunakan lengannya. 

Si Kecil Belum juga Duduk, Apa yang Harus Dilakukan?

Si Kecil Belum juga Duduk, Apa Harus Dilakukan
freepik.com

Jika bayi mama belum dapat mengangkat kepalanya dengan mantap pada saat dia berusia sekitar 4 bulan dan belum mulai belajar untuk menopang dirinya di lengannya segera setelah itu, atau tidak dapat duduk tanpa penyangga selama 9 bulan, sebaiknya periksakan ke dokter. 

Jika ada masalah dengan kontrol kepala, ada baiknya untuk ditangani sekarang, karena ini akan membentuk dasar untuk merangkak, berdiri, dan akhirnya berjalan.

Sesuatu yang perlu diingat, bayi prematur mungkin mencapai milestoneini dan milestoneyang lain lebih lambat daripada bayi yang lahir cukup bulan. 

Lalu, Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya?

Lalu, Apa Harus Dilakukan Selanjutnya
freepik.com/bristekjegor

Si Kecil jauh lebih mandiri sekarang karena dia sudah bisa duduk. Jadi dia akan segera bereksperimen dengan kemampuannya ini. Salah satu gerakan yang mungkin terjadi adalah menerjang ke depan. Gerakan ini bisa terjadi paling cepat pada usia enam atau tujuh bulan dan dia bisa merangkak sepenuhnya dalam 10 bulan.

Untuk memastikan Mama siap menghadapi kemungkinan ini, penting untuk melindungi bayi di rumah sedetil mungkin. Hindarkan mereka dari benda-benda yang dapat membuatnya terbentur atau celaka. 

Milestonebisa duduk sendiri ini sangat penting lho, Ma. Biasanya dokter akan menyarankan untuk menunggu sampai bayi bisa duduk dengan dukungan sebelum memberikan makanan padat. Ini dilakukan untuk mencegah bayi tersedak.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.