Tak Disangka, Ini 9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Bayi

Salah satu manfaatnya bisa memperkuat kekebalan tubuh bayi agar terhindar dari infeksi

24 Januari 2022

Tak Disangka, Ini 9 Manfaat Minyak Zaitun Bayi
Pixabay/stevepb

Mama mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun dipercaya memilik banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan biasanya dipakai untuk menjaga berat badan, menurunkan tekanan darah, dan baik untuk kesehatan jantung.

Bahkan, minyak ini bisa digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit dan wajah.

Minyak zaitun tidak hanya memberikan manfaat bagi orang dewasa saja. Minyak ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kesehatan pada bayi mama.

Berikut Popmama.com rangkum 9 manfaat minyak zaitun untuk bayi. Yuk, disimak!

1. Digunakan untuk bahan MPASI

1. Digunakan bahan MPASI
Unsplash/veronikafitart

Dianjurkan untuk memakai minyak zaitun dalam membuat Makanan Pendamping ASI (MPASI) setelah usia bayi menginjak enam bulan.

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi jantung dan pankreas.

Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dapat merangsang pertumbuhan sel saraf, sehingga baik untuk perkembangan si Kecil.

Khasiat minyak zaitun memang bagus, tetapi Mama tidak boleh menggunakan lebih dari seperempat sendok teh untuk dua ons makanan bayi.

Jika bayi mengonsumsi minyak zaitun secara berlebihan, maka dapat menimbulkan diare. Namun, ketika dimakan dalam jumlah yang tepat, minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi secara keseluruhan.

2. Menghilangkan ruam popok

2. Menghilangkan ruam popok
seattleschild.com

Emulsi minyak zaitun ekstra virgin sangat baik digunakan untuk mencegah ruam popok pada bayi.

Cara membuat emulsi, yakni dengan mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan air.

Sebelum memberikannya, bersihkan terlebih dahulu area selangkang dan bokong bayi.

Jika masih lembab, kemungkinan ruam akan bertambah parah, karenanya Mama perlu mengelap dan mengipasi sampai benar-benar kering terutama di area yang tertutup popok.

Lalu, gosokkan pada telapak tangan Mama dan oleskan dengan lembut di sekitar area selangkang dan bokong si Kecil. Cara ini sebetulnya digunakan untuk mengurangi serta mencegah agar ruam tidak bertambah parah.

Namun, jika minyak zaitun tidak dapat meredakan masalah ruam popok, Mama perlu membawa si Kecil ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat.

3. Mengatasi cradle cap atau kulit kepala kering pada bayi

3. Mengatasi cradle cap atau kulit kepala kering bayi
flickr.com/David Precious

Minyak zaitun dipercaya efektif dalam menyembuhkan cradle capCradle cap sering dialami oleh bayi dan ditandai dengan peradangan kulit yang mengering dan pengelupasan di kepala.

Kondisi ini juga disebut ketombe yang menyebabkan pembentukan lapisan kulit kering dan bersisik di kepala bayi.

Sifat menghidrasi dari minyak zaitun dapat bertindak sebagai obat alami dalam menghilangkan cradle cap yang dialami bayi.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala bayi. Pijat dengan kain berbahan halus seperti waslap dan memakai sikat lembut. Biarkan selama 10 hingga 20 menit. Jika kulit kepala bayi tebal, biarkan semalaman.

Kemudian, cuci kulit kepala secara menyeluruh menggunakan sampo khusus bayi dan air hangat. Gunakan sisir lembut untuk menghilangkan sisa kerak dari kulit kepala bayi.

Selain itu, mengoleskan minyak zaitun dapat membantu memperkuat, menebalkan, dan membuat rambut si Kecil jadi berkilau. 

Kandungan asam lemak, beta karoten, vitamin E, dan antioksidan berfungsi melembapkan sehingga baik digunakan untuk perawatan rambut si Kecil.

Editors' Picks

4. Bisa mengatasi sembelit pada bayi

4. Bisa mengatasi sembelit bayi
netdoctor.co.uk

Salah satu tips alami untuk meredakan sembelit pada bayi atau menenangkan bayi yang kolik adalah dengan mengoleskan minyak zaitun hangat di perut bayi dengan gerakan searah jarum jam.

Hal ini bertujuan untuk mengurang gas di dalam perut dan membuat tidurnya nyenyak. Menambahkan minyak zaitun ke makanan bayi juga membantu mengatasi sembelit.

Banyak yang menggunakannya sebagai obat rumahan layaknya pencahar untuk menyembuhkan sembelit.

Namun, karena ini adalah obat rumahan, Mama harus terlebih dahulu mengonsultasikanya dengan dokter ya.

5. Menjaga kesehatan bayi prematur

5. Menjaga kesehatan bayi prematur

Bayi dengan berat lahir sangat rendah dan bayi prematur sering mengalami berbagai masalah karena fungsi berbagai organ yang belum matang.

Banyak kasus menunjukkan bahwa hasil yang buruk dapat terjadi ketika bayi-bayi ini tidak menerima nutrisi yang cukup selama beberapa hari pertama setelah lahir.

Melansir dari Olive Oil Time, penelitian yang diterbitkan dati British Medical Journal tahun 2016 menemukan bahwa minyak zaitun jenis EVOO baik untuk bayi prematur.

Para peneliti yang mengevaluasi 26 bayi prematur mengatakan bayi prematur yang mendapatkan nutrisi eternal dan extra virgin olive oil mendapatkan berat badan yang lebih naik ketimbang yang tidak mendapatkan nutrisi tersebut.

Kandungan antioksidan alami dan nutrisi anti-inflamasi mendorong penambahan berat badan pada bayi prematur dan jika dikombinasikan dengan minyak kedelai kandungannya hampir mirip dengan ASI.

6. Minyak zaitun untuk pijat bayi

6. Minyak zaitun pijat bayi
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Pijat bayi bermanfaat untuk meningkatkan tidur si Kecil, menstimulasi pertumbuhan, dan menjaga kesehatannya.

Aspek penting di sini adalah pemilihan minyak yang tepat. Salah satu manfaat dari minyak zaitun, yakni bisa dipakai untuk pijat bayi.

Minyak zaitun murni dianggap sebagai pilihan yang baik karena memiliki komposisi asam lemak yang seimbang dan antioksidan yang dibutuhkan untuk kulit bayi.

Minyak zaitun juga bisa membuat kulit bayi halus, berkilau, dan sehat. Ini adalah lotion alami yang bagus dan pelembab yang sempurna untuk kulit bayi.

Minyak zaitun mempercepat regenerasi jaringan kulit dan membantu menjaga kulit tetap kencang. Minyak zaitun kaya akan lemak sehat, vitamin E dan asam oleat sehingga dengan melakukan pijatan secara rutin dapat membantu menjaga pigmentasi kulit serta meningkatkan kesehatan tulang dan otot.

Namun, hindari untuk menggunakan minyak zaitun jika kulit bayi Mama kering atau pecah-pecah.

Minyak zaitun memiliki asam oleat tinggi yang membuat kulit lebih permeabel. Peningkatan permeabilitas kulit mengakibatkan hilangnya kelembaban sehingga menyebabkan kekeringan.

7. Mengobati batuk pada bayi

7. Mengobati batuk bayi
Freepik

American Academy of Pediatrics merekomendasikan minyak zaitun sebagi pengobatan rumahan alami untuk mengatasi batuk pada bayi.

Minyak gosok dengan bahan alami seperti minyak zaitun dapat mengurangi ketidaknyamanan si Kecil terhadap batuk yang dialaminya.

Cara meramu minyak gosok untuk mengatasi batuk pada bayi, yakni dengan mencampurkan tiga hingga empat sendok teh minyak zaitun dengan dua hingga tiga tetes minyak rosemary, kayu putih, dan peppermint.

Gosokkan campuran tersebut pada dada dan punggung si Kecil. Berikan ini sebelum tidur dapat membantu bayi Mama tidur nyenyak.

8. mengindari pendarahan yang serius

8. mengindari pendarahan serius
Pexels/Laura Garcia

Minyak zaitun memilki kandungan vitamin K yang penting untuk bayi. Vitamin K membantu pembekuan darah dengan baik sehingga menghindari si Kecil dari berbagai masalah pendarahan yang serius, terutama di usianya yang sudah mulai bisa bergerak merangkak. Selain itu, vitamin K ini juga baik untuk kesehatan tulang si Kecil.

9 Terhindar dari virus dan bakteri jahat

9 Terhindar dari virus bakteri jahat
Freepik/kjpargeter

Manfaat lain dari kandungan nutrisi yang ada pada minyak zaitun, yakni bisa menghambat dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Dengan mengonsumsi minyak zaitun yang ditambahkan dalam MPASI nya, si Kecil akan terhindar dari berbagai penyakit seperti infeksi saluran pencernaan yang bisa membahayakannya. Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk memperkuat kekebalan tubuh pada bayi.

Ternyata, minyak zaitun ini berkhasiat mengatasi banyak masalah kesehatan pada si Kecil, ya Ma. Selain bisa dikonsumsi dan minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk pijat bayi.

Tapi, Mama harus mempertimbangkan untuk membeli minyak zaitun dengan kualitas terbaik agar nutrisi yang didapatkan si Kecil bisa terpenuhi secara optimal.

Biasanya yang paling aman untuk bayi adalah minyak zaitun jenis EVOO atau Extra Virgin Olive Oil.

Menurut studi International Journal of Molecular Sciences kadar antioksidan polifenol dalam EVOO lebih tinggi daripada minyak zaitun biasa dan tidak mengandung bahan kimia.

Oleh karena itu, pastikan merek minyak zaitun yang Mama gunakan bertuliskan extra virgin olive oil di label kemasannya.

Nah, itulah tadi 9 manfaat minyak zaitun untuk bayi. Semoga bermanfaat, ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk