Jangan Cepat Panik, Ketahui Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi

Sakit mata pada bayi memang umum terjadi nih!

11 Maret 2019

Jangan Cepat Panik, Ketahui Cara Mengatasi Sakit Mata Bayi
parenting.firstcry.com

Sakit mata pada bayi umum terjadi, sehingga orangtua perlu peka saat kondisi kesehatan matanya. Sakit mata pada bayi disertai dengan adanya kotoran, rasa gatal, nyeri dan akan menganggu kenyamanannya untuk melihat. Pemicu dari sakit mata ini bisa disebabkan oleh adanya alergi atau iritasi. 

Dilansir dari About Kids Health, iritasi atau infeksi pada mata bisa juga dipicu oleh virus ketika si Kecil pilek. Kondisi ini juga bisa disebut sebagai konjungtivitis atau mata merah.

Selain itu, infeksi mata dapat disebabkan oleh bakteri dan jenis infeksi lain yang lebih serius. Gejala infeksi yang membuat mata anak terasa sakit dan mengganggu kenyamanannya, meliputi: 

  • Kondisi mata terus berair. 
  • Kemerahan pada bagian putih mata.
  • Kemerahan pada bagian dalam kelopak mata. 
  • Adanya bakteri pada mata, sehingga membuat kelompak mata bisa menyusut. 

Sebagai orangtua, Mama perlu peka terhadap kondisi mata yang terjadi pada si Kecil apalagi dirinya belum bisa berbicara. Pastikan setiap hari diperhatikan agar lebih mengetahui lewat cepat mengenai kondisi kesehatan matanya. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa informasi lain mengenai sakit mata pada bayi, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Wajib dibaca ya, Ma!

1. Sakit mata bisa menular ke orang lain

1. Sakit mata bisa menular ke orang lain
Unsplash/Jadell Films

Semua pasti sudah memahami bahwa mata termasuk organ penting sebagai salah satu panca indera manusia. Selain penting, organ mata terbilang cukup sensitif dan dapat berakibat fatal. Jika sudah sakit mata, kondisi kesehatan matanya yang buruk bisa menular ke orang lain. 

Sakit pada pada bayi seperti mata merah bisa menular akibat infeksi virus atau bakteri. Untuk itu, pastikan Mama selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah memegang mata si Kecil. Melalui kebersihan seperti ini dapat membuat mata anak mama bisa kembali pulih. 

Selain itu, pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan mata si Kecil. Cara ini bisa membantu agar seluruh keluarga bisa terhindar dari sakit mata.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Mata Bengkak dan Berair

Editors' Picks

2. Tiga pemicu sakit mata yang perlu dihindari

2. Tiga pemicu sakit mata perlu dihindari
Unsplash/Sabine van Straaten

Kurangnya asupan vitamin A dapat memicu terjadinya sakit mata pada bayi. Apalagi kebiasaan si Kecil yang sering menyentuh daerah sekitar mata karena dapat berpotensi mengancam kesehatan matanya.  

Sebelum si Kecil sakit mata, Mama sebagai orangtua harus protektif terhadap kesehatannya. Usahakan agar anak mama tidak melakukan beberapa hal ini seperti: 

  • Terkena paparan debu, masuknya bakteri dari debu jalanan secara tidak sengaja dapat membuat infeksi sakit mata. 
  • Terkena paparan radiasi secara berlebih dari peralatan elektronik, khususnya menonton televisi atau bermain gadget terlalu lama.
  • Sering menyentuh daerah sekitar mata setelah berinteraksi dan menyentuh benda di sekelilingnya, terutama yang berpotensi mengandung kuman bakteri. Apalagi bakteri yang ada di tangannya akan cepat sekali berpindah ke area mata. 

Sakit mata pada bayi juga bisa disebabkan oleh kebiasaannya sering mengucek mata. Bila tangan si Kecil seringkali spontan mengucek matanya akibat rasa gatal atau perih harus diwaspadai ya, Ma.

Demi kesehatan matanya, Mama perlu rajin memberikan asupan vitamin A dari buah atau sayuran. Selain itu, perlu sekali menjaga kebersihan area mata bayi agar tetap sehat.

Baca juga: Berbahayakah Penggunaan Flash Terhadap Kesehatan Mata Bayi?

3. Bagaimana perawatan sakit mata pada bayi? 

3. Bagaimana perawatan sakit mata bayi 
Unsplash/Brytny.com

Mata termasuk organ panca indera yang penting. Selain penting, mata juga termasuk organ yang sensitif karena dapat mengalami beberapa gangguan bila tidak dijaga kesehatannya. 

Tak jarang orangtua akan panik saat mengetahui anaknya sakit mata. Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan sebagai perawatan sakit mata pada bayi. Selain memerhatikan kebersihan mata dan menghindari kontak debu secara langsung. 

Orangtua harus peka untuk mendeteksi kondisi yang tidak normal pada mata si Kecil. Usahakan tidak membiarkan kesehatan matanya terganggu karena dapat membuatnya semakin rusak.

Selain itu, Mama bisa melakukan pemijatan di bagian area lingkar mata bayi dan bagian batang hidungnya agar terhindar dari penyumbatan saluran air. Jangan menganggap masalah sakit mata pada bayi ini ringan dan menunggu kesehatan matanya semakin memburuk. 

Untuk mengetahui secara pasti kondisi mata si Kecil, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Cara ini sangat tepat agar Mama tidak asal memberikan obat-obatan atau melakukan tindakan berbahaya untuk kesehatan matanya. 

Semoga informasi sakit mata pada bayi ini berguna ya, Ma!

Baca juga: