Inilah 6 Bahan MPASI yang Bermanfaat untuk Kecerdasan Bayi

Ma, ini lho MPASI yang ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan otak bayi!

20 November 2018

Inilah 6 Bahan MPASI Bermanfaat Kecerdasan Bayi
Freepik/Senivpetro

Saat memasuki usia 7 bulan, umumnya bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Mama yang sedang mempersiapkan MPASI untuk si Kecil harus memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebab sebagai makanan pendamping, MPASI dapat menjadi asupan yang mampu menunjang tumbuh kembang bayi, termasuk perkembangan otaknya.

Mama masih bingung bahan MPASI apa saja yang bisa menunjang perkembangan otak dan kecerdasan otak bayi? Dilansir dari Momjunction,  berikut beberapa diantaranya.

1. Ikan salmon atau tuna

1. Ikan salmon atau tuna
Freepik/Valeria_aksakova

Memasukan ikan ke dalam menu MPASI sangat disarankan. Mama bisa memilih ikan salmon atau tuna yang mengandung asam lemak omega 3 ke menu MPASI si Kecil.

Kandungan asam omega yang terdapat pada ke dua jenis ikan ini baik untuk pertumbuhan dan fungsi otak pada bayi. Namun perhatikan pemilihan jenis ikannya, ya. Ikan yang baik berasal dari laut dalam karena bebas pencemaran dan tidak mengandung banyak duri kecil. 

Ikan mudah sekali diolah. Tekstur dagingnya yang lunak hanya perlu proses pengukusan untuk siap dimakan. Jika ikan segar, Mama juga tidak perlu memakai bumbu sebab rasa dagingnya sudah manis. 

2. Telur

2. Telur
Freepik/4045

Bahan makanan yang murah meriah ini juga tak kalah bernutrisi dan penting untuk kecerdasaan otak bayi.

Telur mengandung berbagai macam nutrisi mulai dari asam lemak omega 3, zing, lutein, hingga kolin. Nah, kandungan kolin yang terdapat pada telur bahkan bisa membantu meningkatkan daya ingat pada bayi

3. Sayuran hijau

3. Sayuran hijau
Freepik/Valeria_aksakova

Mama bisa memberikan bubur aneka jenis sayuran kepada bayi. Sayuran hijau misalnya, kaya akan antioksidan sehingga baik untuk menjaga  kesehatan sel-sel otak bayi dengan baik.

Mama bisa memberikan bayi sayuran hijau seperti kale, bayam, ataupun sayuran hijau lainnya yang ada di kulkas. Sayuran ini bisa Mama campurkan dengan sayuran lain yang tak kalah bernutrisi seperti wortel, labu, ataupun ubi jalar yang bercita rasa manis.

Baca juga: Studi membuktikan bayam adalah sayur terbaik untuk bayi

Editors' Picks

4. Yogurt

4. Yogurt
archanaskitchen.com

Mama juga bisa memberikan yogurt kepada bayi, namun pastikan bahwa bayi Mama tidak alergi ya! Yogurt menjadi salah satu MPASI bayi cerdas sebab dalam yogurt terkadung vitamin B kompleks, yaitu vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak.

Mama dapat memberikan bayi yogurt tawar yang telah dicampur dengan buah yang sudah dihaluskan untuk memberikan cita rasa yang menarik. 

5. Brokoli

5. Brokoli
Freepik

Mama dapat memberikan bayi MPASI yang terbuat dari brokoli. Bahan makanan satu ini menjadi salah satu makanan super untuk otak bayi karena mengandung DHA.

Rasanya Mama harus memperkenalkan sayuran satu ini kepada si Kecil karena brokoli juga mengandung berbagai macam nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi.

Baca informasinya: Benarkah bahan organik membuat MPASI lebih berkualitas?

6. Alpukat

6. Alpukat
Pixabay/Coyot

Buah satu ini juga baik untuk kesehatan otak bayi lho, Ma. Sebab, alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat dalam meningkatakan aliran darah ke otak, sehingga alpukat tergolong buah yang baik untuk kesehatan otak.

Kandungan asam oleat yang terdapat pada alpukat juga tak kalah penting untuk kesehatan otak bayi.

Tak hanya memberikan keberagaman asupan MPASI, Mama juga harus tahu ada tahapan pemberian MPASI kepada bayi. Saat masih belajar makan, pastikan tekstur MPASI yang Mama berikan benar-benar lembut.

Setelah umurnya bertambah dan anak terbiasa, Mama dapat membuat MPASI yang lebih bertekstur agar bayi dapat belajar untuk makan makanan yang lebih padat.