6 Rekomendasi Merek Pasta Gigi Bayi Dibawah Usia 1 Tahun

Apakah si Kecil sudah menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan usianya?

2 Desember 2018

6 Rekomendasi Merek Pasta Gigi Bayi Dibawah Usia 1 Tahun
Pixabay/collusor

Pasta gigi khusus bayi adalah pasta gigi yang telah dirancang khusus untuk bayi agar dapat membantu mereka menjaga kesehatan gigi dan gusi. 

Pasta gigi bayi bervariasi dari satu merek ke merek lainnya. Sebagian besar pasta gigi khusus bayi bebas dari semua bahan kimia berbahaya dan aman jika tak sengaja tertelan. Maklum, si Bayi kan belum tentu sudah bisa berkumur dan membuang airnya.

Cara terbaik untuk memeriksa bahan yang terkandung adalah dengan membaca labelnya. Carilah pasta gigi bayi yang bebas fluoride, bebas pengawet, bebas pewarna dan pengharum, tidak ada rasa, dan bebas bahan kimia lainnya.

Nah untuk menjawab keresahan Mama, berikut Popmama.com telah merangkum 6 rekomendasi pasta gigi yang tepat untuk bayi dibawah usia 1 tahun.

1. Pigeon Toothpaste

1. Pigeon Toothpaste
kalbestore.com

Pilihan pertama pasta gigi untuk bayi adalah Pigeon Toothpaste.

Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya antara lain Dicalcium Phosphate Di-hydrate, Purified Water, Glycerin, Maltitol, Trimagnesium Phosphate, Carrageenan, Flavor, Alcohol Denat, Sodium Lauryl Sulfate, Methylparaben, Propylparaben, CI 14720 (Carmoisine).

Semua bahan-bahan tersebut juga dengan jelas disebutkan pada kemasan pasta gigi Pigeon. Seperti pasta gigi bayi pada umumnya, varian rasa yang ditawarkan adalah stroberi dan jeruk.

Pasta gigi ini dikemas sesuai kebutuhan bayi, yakni 45 gr. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 12.000 saja.

2. Dr. Brown's Natural Baby Toothpaste 

2. Dr. Brown's Natural Baby Toothpaste 
tokopedia.com

Pasta gigi yang satu ini sama sekali tidak mengandung fluoride, sehingga aman jika tertelan.

Untuk varian rasanya, Dr. Brown's Natural Baby Toothpaste memiliki 2 varian rasa yakni buah pir dan apel alami.

Pasta gigi khusus bayi ini juga tidak mengandung perasa buatan, pewarna, dan pengawet sehingga dapat digunakan untuk bayi hingga toddler usia 0-3 tahun.

Untuk harganya, berkisar Rp 150.000 dengan berat 40 gr.

Baca juga: Proses tumbuh kembang gigi bayi

3. Jack N' Jill

3. Jack N' Jill
tokopedia.com

Jack N’ Jill adalah pasta gigi yang mengandung bahan alami yaitu calendula. Calendula atau bunga marigold lazim digunakan untuk produk kecantikan kulit. 

Fungsinya untuk melembabkan kulit kering dan iritasi. Calendula bersifat sebagai anti bakteri, anti radang. Bunga ini juga bisa menyembuhkan gusi bengkak dan sariawan.

Selain itu, Jack N’ Jill juga tidak mengandung alergen (zat pencetus alergi) sehingga sangat aman jika tertelan, tidak mengandung Sodium Lauryl Sulphate (SLS), pemanis buatan seperti sakarin, sorbitol, sucralose, flouride, pewarna buatan, dan pengawet.

Pasta gigi yang satu ini juga mengandung Xylitol yang terbukti dapat melawan pengeroposan gigi. 

Untuk harganya sendiri hanya Rp 60.000 untuk 50 gr pasta gigi dengan 4 varian rasa yang berbeda, yakni pisang, blackcurrant, stroberi, blueberry, dan raspberry.

Editors' Picks

4. Chicco Toothpaste

4. Chicco Toothpaste
chicco.in

Chicco Dentifricio Toothpaste dibuat dengan formula low abrasive (level 2) sehingga tetap lembut pada gusi bayi dan mampu menghilangkan plak pada gigi tanpa merusak enamel gigi.

Pasta gigi Chicco ini juga diperkaya dengan kalsium bioavailable yang akan bermanfaat untuk gigi si Kecil.

Untuk varian rasanya, Chicco Toothpaste menyediakan 2 varian rasa yang berbeda yakni rasa stroberi dan rasa apel-pisang.

Harganya memang sedikit agak mahal, yakni Rp 100.000 untuk 50 gr pasta gigi.

5. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

5. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste
littletree-naturally.com

Little Tree Baby Care Fruity Fresh Toothpaste merupakan pasta gigi yang dibuat dari bahan alami untuk anak 12 bulan. 

Pasta gigi yang satu ini mengandung kalsium untuk membantu memperkuat gigi bayi serta mengandung xylitol dengan ekstrak daun blueberry serta vitamin C dan E, bebas dari bahan pengawet, pemanis, fluoride dan bahan kimia berbahaya lainnya. 

Untuk 70 gr pasta gigi ini, Mama cukup membayar Rp 80.000 saja lho.

6. Orajel Training Toothpaste

6. Orajel Training Toothpaste
tokopedia.com

Rekomendasi pasta gigi terakhir adalah Orajel Training Toothpaste. Pasta gigi yang satu ini merupakan pasta gigi rasa buah dengan kandungan bahan yang aman untuk si Kecil yang sedang belajar menyikat gigi.

Pasta gigi ini tidak mengandung flouride sehingga aman jika tertelan. Pilihan rasa buahnya akan membuat si Kecil senang dan rajin menyikat gigi. 

Untuk 200 gr Orajel Sesame Street Training Toothpaste, Mama cukup membayarnya dengan harga Rp 90.000 saja.

Nah, itulah 6 rekomendasi pasta gigi bayi dibawah usia 1 tahun.

Meskipun masih bayi, bukan berarti Mama tidak merawatnya ya. Gigi bayi tetap harus dibersihkan untuk mencegah hal buruk yang terjadi di kemudian hari.

Baca juga: Cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh

Baca juga: Begini Caranya Memilih Pasta Gigi yang Tepat untuk Balita

Baca juga: 5 Fakta tentang Gigi Pertama Bayi

Baca juga: Tips Memilih Sikat Gigi Pertama untuk Si Kecil

Baca juga: 4 Alasan Penting Mengajarkan Sikat Gigi Sejak Bayi