8 Channel Youtube Tentang Perawatan Bayi yang Wajib Mama Ikuti

Yuk Ma, tonton video seputar perawatan bayi di sini!

21 April 2020

8 Channel Youtube Tentang Perawatan Bayi Wajib Mama Ikuti
Freepik/tirachardz

Informasi soal pengasuhan bayi dan anak dapat dengan mudah diperoleh di internet,  misalnya di YouTube. Di sini, Mama dapat menonton banyak video mengenai perawatan dan pertumbuhan bayi.

Menonton video merupakan cara yang menyenangkan untuk menambah informasi. Bahkan bagi sebagian orang, YouTube menjadi sumber informasi.

Namun, pastikan Mama selalu mendapatkan informasi yang tepat dan akurat terutama jika berkaitan dengan kesehatan bayi. Jangan lupa untuk memastikan kebenarannya dengan dokter atau bidan.

Popmama.com membuat daftar 8 chanel YouTube seputar perawatan bayi yang dapat Mama ikuti.

1. Kriwilife

Menyadari pentingnya pendidikan dan edukasi soal kesehatan, Bidan Ony Christy tergerak untuk mengelola chanel youtube Kriwilife.

Di chanelnya ini, ia membuat video –video yang berisi beragam informasi dan tips seputar kehamilan, persalinan, nifas, ASI, KB, kesehatan reproduks, serta kesehatan Mama dan si Kecil.

Menurutnya, waktu pemeriksaan dokter atau bidan yang sebentar serta malu bertanya membuat sebagian Mama tidak mendapatkan informasi yang lengkap. Selain itu, beberapa masalah atau pertanyaan muncul setelah kunjungan ke dokter atau bidan.

Mama bisa menonton video youtube nya untuk mendapatkan banyak informasi seputar perawatan bayi.

2. drtiwitv

Dokter kelahiran Pulau Dewata ini merasakan kesulitan orangtua dalam membesarkan anak di tengah kota besar yang penuh dinamika seperti Jakarta.

Melalui video-videonya, ia seolah ikut mendampingi Mama dalam pengasuhan serta ikut memberi pandangan dan inspirasi seputar tumbuh kembang anak.

Dr. Tiwi dipercaya oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk mengkoordinir dokter anak di seluruh Indonesia untuk terus menyuarakan hak bayi dalam hal menyusu. Ia yakin bahwa menyusui merupakan awal terbaik dalam membesarkan anak. Di channelnya, ia pun menyakinkan bahwa Mama tetap bisa menyusui walau harus bekerja.

Informasi seputar tumbuh kembang anak dapat ditonton dan diikuti di chanel YouTube dr. Tiwi, Ma.

3. Mommy Inova Melisa

Dunia Mama memang sangat beragam, mulai dari mengurus bayi, rumah, serta keluarga. Bagi para orangtua baru, beberapa perubahan tentu membingungkan. Terkadang tips yang diberikan oleh nenek, kakek, atau anggota keluarga yang senior sudah tidak relevan atau berbeda dengan kondisi sekarang.

Untuk membantu Mama, Inova Melisa membuat chanel YouTube mengenai pengalamannya dalam mengasuh anak. Tidak hanya itu, Mama pun dapat sekedar berbagi atau bertanya langsung di kolom komentar.

Inova Melisa menyajikan video –video seputar Mama yang sedang hamil dan menyusui, tips perawatan bayi dan anak, serta tips untuk keluarga.

Editors' Picks

4. Taylor Raine

Taylor Raine membuat video seputar gaya hidup termasuk kehidupan Mama, tips dan trik dalam pengasuhan anak, serta banyak video yang menginspirasi lainnya.

Tujua Mama dari 2 anak yang tinggal di California ini adalah menginspirasi dan membuat hidup Mama menjadi lebih menyenangkan. Misalnya di salah satu video ia memberikan tips agar bayi dan anak tetap ceria selama lockdown di Amerika Serikat. Ini pun bisa diterapkan oleh Mama selama PSBB di Indonesia.

5. Robert C. Hamilton, MD

Robert C. Hamilton, dokter anak serta penulis buku “7 Secrets Of The Newborn", membuat beberapa video untuk membantu Mama. Salah satunya adalah bagaimana membuat bayi bayi yang menangis menjadi tenang. Di video ini, ia mendemonstrasikan trik-trik yang dapat dilakukan Mama untuk menenangkan bayi. Tips dan trik ini diperolehnya dari pengalaman menjadi dokter anak selama 30 tahun lebih.

6. Mount Sinai Parenting Center

Misi dari Mount Sinai Parenting Center adalah menyediakan pelayanan kesehatan pediatri untuk mendukung orangtua dan anak.

Selain memberi pelayanan kesehatan, Mount Sinai Parenting Center juga menyediakan video edukasi kesehatan keluarga. Video-video edukasi yang disajikan sederhana dan mudah dipahami. Seperti tentang bagaimana memandikan bayi yang baru lahir, memotong kuku bayi, atau cara mengetahui apakah bayi kedinginan atau kepanasan.

7. TM Tebar Manfaat

Tujuan utama dari chanel YouTube ini adalah berbagi ilmu dan sebagai media untuk berdiskusi seputar tumbuh kembang anak.

Tidak hanya mendapatkan informasi, Mama pun dapat berbagi pengetahuan seputar pengasuhan anak sesuai pengalaman di kolom komentar.

8. Mater

Mater mengumpulkan informasi bermanfaat mengenai tumbuh kembang anak yang diperoleh dari para ahli kesehatan, pendidikan, dan peneliti. Tujuannya adalah membantu orangtua dalam membuat keputusan yang tepat mengenai kesehatan keluarga.

Bekerja sama dengan rumah sakit, pusat kesehatan serta bisnis terkait, penyedia layanan pendidikan, pusat penelitian, Mater menyediakan informasi yang dibutuhkan keluarga untuk meningkatkan kesehatan.

Itulah 8 channel youtube yang menyajikan informasi mengenai perawatan bayi. Chanel apa yang menjadi favorit Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.