Cara Alami Menumbuhkan Rambut Bayi Tanpa Repot

Memimpikan punya anak bayi berambut lebat, ikuti cara ini Ma!

29 Desember 2018

Cara Alami Menumbuhkan Rambut Bayi Tanpa Repot
Freepik/freepic.diller

Satu hal yang kerap dilakukan ibu muda yakni memandangi bayi dari ujung kaki hingga kepala. Betapa lucu jemarinya, menggemaskan lipatan kulitnya hingga betapa halus rambutnya. Meski begitu, rambut yang tumbuh mungkin mempunyai tekstur, kelebatan sampai warna yang berbeda dari rambut ketika pertama kali lahir.

Tak heran jika orangtua merasa heran bahkan panik dengan keadaan seperti ini hingga mencari cara alami menumbuhkan rambut bayi.

Ikuti rangkuman Popmama.com tentang cara alami menumbuhkan rambut bayi berikut ini:

1. Pijat kepala bayi dengan minyak zaitun

1. Pijat kepala bayi minyak zaitun
Freepik/freepic.diller

Memijat kulit kepala dengan lembut, bisa membantu melancarkan dan meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk pertumbuhan rambut. Minyak zaitun pun dapat menjaga agar kulit kepala bayi tak kering dan gatal.

Pijat menggunakan minyak zaitun juga bisa memberikan manfaat lain pada bayi, seperti menenangkan dan membuat si Kecil tidur lebih nyenyak.

Tapi ingat, pijatlah dengan lembut. Mungkin bagi orang dewasa rasanya hanya seperti diusap-usap saja.

2. Shampoo

2. Shampoo
Freepik

Cara alami menumbuhkan rambut bayi selanjutnya dengan shampoo. Untuk membersihkan rambut dan kulit kepala bayi mama, gunakan shampoo khusus bayi yang berbahan ringan dan tak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Disarankan mencuci rambut bayi dengan shampoo berbahan kemiri, karena bisa melebatkan sekaligus menghitamkan rambut bayi. Selain itu bisa juga memilih shampoo berbahan aloe vera karena khasiatnya bisa melebatkan rambut.

Editors' Picks

3. Gunakan serum gelatin

3. Gunakan serum gelatin
Freepik

Buatlah serum rambut alami dengan mencampurkan gelatin, air hangat, satu sendok madu dan sari cuka apel. Gelatin diketahui memiliki khasiat yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan membuat rambut bayi tetap harum.

Gelatin mengandung asam amino, glisin, dan prolin yang termasuk kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Oleskan serum gelatin ini pada rambut bayi setengah jam sebelum mandi, lalu bilas menggunakan shampoo.

4. Memberi bayi nutrisi yang cukup

4. Memberi bayi nutrisi cukup
Pixabay/chrisvg

Nutrisi salah satu kunci tumbuh kembang bayi termasuk pertumbuhan rambutnya. Pastikan makanan sang bayi mama banyak mengandung Vitamin D dan protein seperti labu, salmon, wortel, kacang almond, telur dan juga kenari.

Namun, untuk bayi berusia 0-6 bulan, ASI menjadi makanan terbaik dan tidak perlu Mama tambahkan apa-apa. Sebagai gantinya, Mama yang harus banyak mengonsumsi makanan bernutrisi untuk memaksimalkan produksi ASI.

Setelah bayi berusia 7 bulan dan siap menerima makanan tambahan segeralah siapkan makanan yang bernutrisi.

Itulah beberapa cara alami menumbuhkan rambut bayi. Jangan ragu-ragu ya Ma. Lakukan dengan rutin  dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Fakta tentang Pencernaan Bayi saat Baru Dilahirkan

Baca juga: Kapan dan Bagaimana Cara Menyusui Bayi Prematur dengan Tepat?