Tebal dan Sehat, Inilah Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala Bayi

Hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut dan kulit kepala bayi ya, Ma

6 Oktober 2020

Tebal Sehat, Inilah Tips Merawat Rambut Kulit Kepala Bayi
Freepik/freepic.diller

Kebutuhan tiap bayi sangatlah berbeda. Karena itu, pendekatan terhadap tiap kebutuhan pun harus berbeda. Termasuk dalam merawat kesehatan kulit dan rambutnya.

Jangan salah, Ma. Bukan hanya orang dewasa yang perlu merawat kulitnya. Tetapi juga bayi dan anak-anak. Rambut dan kulit bayi sangat sensitif, sehingga mereka memerlukan perlindungan ekstra dari kerusakan yang timbul sehari-hari. 

Namun, Mama harus berhati-hati terhadap pemakaian produk perawatan rambut untuk si Kecil karena sensitivitas kulit mereka yang tinggi. Meski begitu, perawatan dan rutinitas yang tepat akan membantu mendapatkan rambut yang lebih tebal, lembut, dan sehat di masa depan. 

Berikut Popmama.com merangkum tips merawat rambut dan kulit kepala bayi secara alami agar senantiasa sehat, dilansir dari The Health Site:

1. Rutinitas meminyaki rambut

1. Rutinitas meminyaki rambut
Freepik

Hampir sebagian besar bayi mengalami masalah kulit kepala yang kering. Tak hanya itu, ketombe pun rentan menghinggapi kulit kepalanya. Olesi kulit kepala dan rambut bayi dengan minyak setiap hari sebagai langkah awal untuk memastikan pertumbuhan rambut yang sehat.

Editors' Picks

2. Memilih produk alami

2. Memilih produk alami
Freepik/freepic.diller

Para ahli kesehatan menganjurkan memilih produk yang mengandung bahan-bahan almi dan dikenal aman serta lembut untuk rambut dan kulit kepala bayi. Pilih bahan yang bebas dari minyak mineral, alkohol, paraben, pewarna sintetis, dan ftalat. Pastikan memilih produk perawatan rambut dan kulit kepala bayi yang telah diteliti secara ilmiah.

3. Pilih minyak rambut yang berkualitas

3. Pilih minyak rambut berkualitas
Freepik/Bowonpat

Saat ini, telah tersedia berbagai macam merk minyak rambut untuk bayi yang beredar di pasaran. Minyak-minyak rambut ini diperkaya dengan berbagai formulasi dan nutrisi. Bahan-bahan seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun maupun minyak wijen, baik untuk melembapkan kulit kepala, mencegah kekeringan, menutrisi rambut, dan membuatnya lembut serta sehat.

4. Pijat lembut kulit kepalanya

4. Pijat lembut kulit kepalanya
parenting.firstcry.com

Memijat kulit kepala bayi dengan lembut secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah. Rutinitas ini akan merangsang pertumbuhan rambut. Gunakan handuk lembut dan tepuk-tepuk pelan seusai keramas untuk mengeringkan rambut dan mencegah kerusakan, kemudian ambil sedikit minyak rambut dan pijat-pijat pelan. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana bonding antara Mama dan si Kecil.

5. Jangan gunakan body oil

5. Jangan gunakan body oil
Freepik/master1305

Body oil memang punya tekstur yang sama seperti kebanyakan minyak rambut. Tetapi, body oil tidak dapat bekerja selayaknya minyak rambut untuk melembapkan kulit kepala dan rambut bayi mama. Selain itu, rambut dan kulit kepala bayi lebih sensitif di awal masa kehidupannya, membuatnya rentan terhadap alergi dan iritasi. Jadi, hindari mencoba-coba mengaplikasikan body oil untuk kulit kepala dan rambutnya ya, Ma.

Itulah beberapa tips untuk merawat rambut dan kulit kepala bayi yang bisa Mama praktekkan di rumah. Jika terlihat gejala alergi atau iritasi akibat pemakaian produk perawatan rambut dan kulit kepala bayi, segera hentikan pemakaiannya dan konsultasikan ke dokter anak untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.