Jangan Salah, Ini Arti 25 Emoji yang Sering Dipakai Remaja saat Chat

Sudah tahu artinya belum? Jangan sampai salah pakai emoticon ya!

28 Juli 2021

Jangan Salah, Ini Arti 25 Emoji Sering Dipakai Remaja saat Chat
Freepik

Di dunia modern ini, percakapan melalui media sosial seolah telah menjadi hal yang sering sekali dilakukan. Komunikasi melalui platform chat pun dilakukan oleh banyak orang, baik dewasa ataupun remaja.

Terutama bagi anak remaja, mereka biasanya menghabiskan berjam-jam hanya untuk membalas pesan chat yang masuk untuknya, mulai dari obrolan bersama teman-teman maupun di grup kelas online.

Tentu saja cara berkomunikasi menggunakan smartphone berbeda sekali dengan komunikasi langsung yang terjadi tanpa adanya media perantara. Salah satu perbedaan yang paling menonjol ialah kehadiran emoji atau emoticon.

Emoji sendiri merupakan logo atau gambar-gambar yang sering kita pakai untuk mengungkapkan perasaan dan tujuan kita tanpa perlu mengetiknya.

Namun apa emoji-emoji tersebut suda menggambarkan perasaan anak remaja dengan baik? Atau selama ini mereka belum paham menggunakannya dengan tepat. 

Memang kemampuan ini tidak diajarkan di sekolah bahkan tidak ada pedoman umumnya. Tapi ini tidak berarti anak-anak remaja boleh salah bukan? Salah memakai emoji dapat menimbulkan penyampaian informasi yang tidak tepat. 

Coba deh bayangkan, mereka ingin menunjukkan perasaan sedih, namun yang digunakan ialah emoji tawa dengan air mata. Aduh, jadi salah arti kan.

Yuk ketahui arti-arti dari emoji yang biasa digunakan. Popmama.com telah menyediakan informasi beberapa arti emoji WhatsApp yang seringkali salah digunakan saat chat. Simak selengkapnya ya!

1. Emoji "Face Savouring Delicious Food"

1. Emoji "Face Savouring Delicious Food"
iemoji.com

Mungkin ini sering dianggap sebagai emoji yang menggambarkan ekspresi senang seuai melakukan kejahilana atau candaan. Padahal nyatanya bukan ini. 

Ini merupakan emoji yang digunakan untuk menggambarkan perasaan ingin makan suatu makanan yang enak atau juga ekspresi yang dilekuarkan ketika menikmati makanan lezat.

2. Emoji "Disappointed but Relieved Face"

2. Emoji "Disappointed but Relieved Face"
emojiisland.com

Emoji ini bukan menggambarkan kerasaan heran dan binggung. Emoji ini sebenarnya menampilkan rasa kecewa lalu akhirnya lega. 

Seperti ketika terlibat dalam masalah besar yang akhirnya dapat dituntaskan dengan baik. 

3. Emoji "Face Screaming in Fear"

3. Emoji "Face Screaming in Fear"
kindpng.com

Ketika merasa kaget mungkin ini emoji yang tepat untuk menggambarkannya. Lebih dari kaget, ternyata ini emoji yang menunjukkan rasa takut hingga berteriak. 

Oh ya, sedikit fakta, emoji ini terinspirasi dari lukisan terkenal “The Scream” yang karya sorang seniman berbakat dari Norwegia, Edvard Munch.

4. Emoji "Expressionless Face"

4. Emoji "Expressionless Face"
iemoji.com

Emoji ini sebenarnya menggambarkan bahwa kamu "no comment" terhadap pembicaraan yang tengah terjadi. 

Perhatikan, bedakan emoji ini dengan emoji "Neutral Face". Meski terlihat sama, keduanya sebenarnya berbeda jauh. Emoji ini menunjukkan bahwa kamu sebenarnya tidak suka dengan bahasan yang dibicarakan tapi lebih memilih untuk "no comment".

5. Emoji "Kissing Face"

5. Emoji "Kissing Face"
emojiisland.com

Selewat emoji ini memang terlihat seperti wajah ketika bersiul. Padahal artinya jauh berbeda lho.  Emoji ini menggambarkan keinginan untuk mencium secara langsung lawan bicaramu. 

6. Emoji "Neutral Face"

6. Emoji "Neutral Face"
emojiisland.com

Ingat, emoji ini berbeda dengan emoji "expressionless face" yang wajahnya penuh garis. Jika emoji itu menggambarkan perasaan "no comment", emoji ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar tidak mengerti pembicaraan yang sedang berlangsung.

7. Emoji "Persevering Face"

7. Emoji "Persevering Face"
emojiisland.com

Ini bukan emoji yang menggambarkan rasa sakit atau tak tahan menahan buang air. Emoji ini digunakan untuk mengungkapan perasaan pasrah. 

8. Emoji "Pouting Face"

8. Emoji "Pouting Face"
iemoji.com

Emosi marah pun punya jenis-jenis yang berbeda lho. Untuk emoji "pounting face" ini sebenarnya digunakan untuk menggambarkan perasaan kesal dan cemberut. Bukan menyatakan perasaan marah besar ya, itu sudah ada emojinya sendiri. 

9. Emoji "Sleepy Face"

9. Emoji "Sleepy Face"
toppng.com

Ini bukanlah emoji yang menunjukkan perasaan bosan atau sudah capek obrolan yang kini tengah berlangsung. Emoji ini menggambarkan rasa mengantuk. Baru mengantuk lho, belum sampai terlelap tidur. 

Emoji "Tired Face"

Emoji "Tired Face"
emojiisland.com

Emoji ini bukanlah emoji yang menggambarkan kekecewaan, tapi digunakan untuk menggambarkan rasa lelah. Ketika merasa ingin menggungkap rasa lelah, jangan ragu untuk menggunakna emoji ini. 

11. Emoji "Man in Business Suit Levitating"

11. Emoji "Man in Business Suit Levitating"
hotemoji.com

Melihat emoji ini sekilas mungkin kamu berpikiran jika ini merupakan emoji pegawai kantoran amat senang setelah naik gaji atau jabatan hingga terlihat yang melompat. 

Padahal ini benar-benar menggambarkan orang sedang melayang. Ya, orang melayang, seperti yang ada di film MIB (Man In Black).

Editors' Picks

12. Emoji "Woman With Bunny Ears"

12. Emoji "Woman With Bunny Ears"
hotemoji.com

Ingat, ini bukan emoji yang menggambarkan hati gembira atau menari tarian kelinci. Bukan, ini emoji yang digunakan untuk menggambarkan "wanita penghibur" modern di Jepang yang menggunakan kuping kelinci dalam bekerja. Hati-hati ya, jangan sampai salah. 

13. Emoji "Person Raising Both Hands in Celebration"

13. Emoji "Person Raising Both Hands in Celebration"
researchmaniacs.com

Emoji ini bukan digambarkan untuk memuja Tuhan-nya, tetapi digunakan untuk bersuka cita merayakan suatu hal, bisa saja keberhasilan, atau hal-hal baik yang terjadi. 

14. Emoji "Open Hands Sign"

14. Emoji "Open Hands Sign"
kindpng.com

Emoji ini bukanlah emoji yang digunakan untuk menggambarkan perasaan atau keinginan menolak sesuatu, apalagi menghentikan orang lain. 

Emoji ini digunakan untuk menggambarkan keinginanmu memeluk lawan bicara ataupun menawarkan pelukan.

15. Emoji "Person Bowing Deeply"

15. Emoji "Person Bowing Deeply"
iemoji.com

Meskipun mirip, emoji ini tidak bermaksud menyampaikan sambutan selamat datang ala orang-orang Jepang, tetapi untuk memohon sesuatu secara khusus ke orang lain.

16. Emoji "Face With OK Gesture"

16. Emoji "Face With OK Gesture"
id.pinterest.com

Tangan diangkat ke atas memang mirip sekali dengan pose balet. Tapi bukan itu yang dimaksudkan dalam emoji ini. Emoji ini menggambarkan sebuah tanda "OK" yang sering digunakan oleh wanita Jepang menggunakan gestur tangannya.

17. Emoji "Information Desk Person"

17. Emoji "Information Desk Person"
emojipedia.org

Ingat, ini bukanlah emoji yang menggambarkan perkataan "terserah lo aja!" atau "entahlah!". Sesuai namanya, emoji ini menggambarkan keramahan ala mbak-mbak resepsionis, lengkap dengan kata-kata ikoniknya, "ada yang bisa saya bantu?".

18. Emoji "Dizzy Symbol"

18. Emoji "Dizzy Symbol"
emojigraph.org

Meskipun berbentuk bintang, ini bukanlah emoji yang menggambarkan bintang jatuh. Tetapi ini emoji yang menggambarkan keadaan pusing. Saking pusingnya hingga seolah ada bintang bertebaran di sekitar kepalamu.

19. Emoji "smiling face with smiling eyes"

19. Emoji "smiling face with smiling eyes"
emojipedia.org

Wajah tersenyum dengan pipi merah ini menggambarkan bahwa kamu benar-benar senang. Oh ya, emoji ini hanya ditunjukkan untuk orang-orang yang berada dekat denganmu. Jadi jangan sampai salah menggunakannya ya. 

20. Emoji "Person With Folded Hands"

20. Emoji "Person With Folded Hands"
clipart.info

Emoji ini merupakan satu yang paling banyak salah digunakan. Jika selama ini kamu menggunakannya sebagai emoji berdoa atau memohon, kamu salah besar. 

Ini merupakan emoji yang menunjukkan salah satu salam atau tanda terimakasih yang berasa dari negeri sakura.

21. Emoji "Japanese Symbol for Beginner"

21. Emoji "Japanese Symbol for Beginner"
emojiterra.com

Jika kamu menganggap emoji ini menggambarkan bendera kerajaan-kerajaan di negara eropa, kamu salah besar. 

Emoji ini sebenarnya digunakan orang Jepang untuk menunjukkan status orang lain sebagai "newbie", "beginner", "anak baru", atau "anak bau kencur"

22. Emoji "Right Anger Bubble"

22. Emoji "Right Anger Bubble"
hotemoji.com

Emoji ini bukan balon suara biasa. Mungkin bagi anak yang gemar membaca komik paham jika ini balon suara yang digunakan ketika kamu benar-benar dalam keadaan marah besar. Berhati-hati ya dalam menggunakannya!

23. Emoji "Hot Springs"

23. Emoji "Hot Springs"
wprock.fr

Meskipun kelihatannya seperti api, emoji ini tidak sebaiknya kamu gunakan untuk menggambarkan segala sesuatu yang panas. Ini sebenarnya merupakan emoji yang melambangkan pemandian air panas di Jepang. Jadi, jangan sampai salah lagi ya!

24. Emoji "Rice Cracker"

24. Emoji "Rice Cracker"
emojigraph.org

Emoji "Rice Cracker" bukanlah emoji biskuit coklat atau biskuit yang gosong lho. Ini merupakan emoji kue kraker beras yang berasal dari Jepang. Lengkap dengan nori yang digunakan untuk membungkusnya.

25. Emoji "Pot of Food"

25. Emoji "Pot of Food"
emojipedia.org

Satu lagi emoji makanan yang sering membuat keliru. Jika dilihat selewat, mungkin emoji ini mirip seperti dim sum atau makanan kukus, padahal sebenarnya ini merupakan emoji untuk menggambarkan makanan kuah lengkap dengan macam-macam daging ataupun sayuran.

Itu dia 25 arti emoji yang sering anak-anak remaja salah gunakan ketika berkomunikasi menggunakan media sosial atau chat. Bagaimana, jadi menambah pengetahuan baru bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.