Kenapa Anak Remaja Perempuan Bisa Tergila-gila dengan Kpop?

Rupawan dan berbakat, itulah beberapa alasan utama hingga banyak remaja yang menyukai kpop

19 Mei 2021

Kenapa Anak Remaja Perempuan Bisa Tergila-gila Kpop
Freepik/Kristina-igumnova

Kpop menjadi salah satu jenis musik yang naik daun beberapa tahun belakang ini. Bahkan tingkat popularitasnya melebihi para penyanyi terkenal seperti Justin Bieber juga Ariana Grande lho.

Kenapa bisa begitu ya?

Musik Kpop ini digemari oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ada banyak orang dewasa dan remaja yang menggilai Kpop. 

Tak terkecuali anak remaja perempuan, juga banyak yang menyukai jenis musik satu ini.

Sebut saja grup-grup boyband dan girlband Kpop seperti BLACKPINK, Red Velvet, BTS, NCT, Seventeen, dan Stray Kids digandrungi banyak penggemar. 

Itu semua bukan tanpa alasan jika anak remaja mama begitu menyukai musik Kpop beserta membernya. 

Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa anak remaja perempuan sangat menyukai Kpop, bahkan bisa menjadi fans loyal grup Kpop tersebut.

Seperti faktor wajah yang rupawan, talenta yang dimiliki para member grup, dan tampilan mereka yang menarik serta stylist, bisa menjadi beberapa alasan utamanya. 

Ternyata bukan hanya itu, masih ada lagi lho alasan lainnya mengapa anak remaja perempuan sangat menyukai Kpop.

Coba simak pembahasan selengkapnya di Popmama.com ya.

1. Member Kpop yang rupawan

1. Member Kpop rupawan
Kpopmap.com

Siapa yang tidak suka melihat idola mereka yang rupawan tampil menyanyi di atas panggung? Ini adalah satu alasan utama mengapa banyak remaja perempuan menyukai musik Kpop.

Jelas saja para penyanyinya dengan wajah menawan yang selalu membuat para fans jatuh hati ketika melihatnya. 

Melansir dari thejoint.com, ada alasan mengapa kita tertarik pada mereka yang memiliki wajah rupawan. Melihat wajah yang indah membuat beberapa sel dalam otak memberikan rasa puas sama seperti saat mengonsumsi makanan enak, favorit kita. 

Wah pantas saja, mengagumi member Kpop yang rupawan bisa membawa kesenangan dan membuat perasaan bahagia bagi sebagian orang. 

2. Dance dan koreografi atraktif

2. Dance koreografi atraktif
Blackpinkyg.com

Bukan hanya memiliki wajah yang rupawan, para penyanyi Kpop juga seringkali tampil dengan dance yang memukau, menarik, dan atraktif.

Ini seringkali kamu temukan ketika boyband dan girlband favoritmu manggung atau dalam music video. 

Tidak hanya mendengarkan, anak-anak remaja juga suka sekali mengikuti dan meng-cover dance para girlband dan boyband favorit mereka.

Koreografi gerakannya sendiri dapat menjadi salah satu cara bagi anak remaja untuk melatih otot dan tubuh. 

3. MV dengan konsep yang kreatif

3. MV konsep kreatif
Allure.com

Dalam musik Kpop, MV atau music video menjadi salah satu hal yang selalu dinantikan oleh para penggemar. Memang sebegitu istimewanya MV ini karena digarap dengan matang, dan penuh ide-ide kreatif. 

Dalam MV sendiri umumnya menampilkan lagu baru dan tarian koreografi yang keren sesuai dengan pesona masing-masing idolnya.

Bukan hanya itu, MV juga dibuat dengan konsep yang brilian, entah itu dengan menampilkan cerita di dalamnya, menggunakan berbagai warna atau mood yang berbeda, juga pesan tersembunyi di setiap MV Kpop yang diliris. 

5. Kisah perjuangan para artisnya Kpop

5. Kisah perjuangan para artis Kpop
kpopstarz.com

Para idol Kpop tidak terlahir dengan kehidupan yang gemilang sejak kecil. Mereka berjuang meraih keberhasilannya melalui usaha dan kerja keras yang perih. 

Banyak anggota grup Kpop yang benar-bener memperjuangkan mimpi mereka dari nol. Di tengah kesibukan dan standar sosial tinggi di korea, keberhasilan mereka merupakan satu hal yang patut diapresiasi dan dihargai tentunya. 

Tidak heran jika banyak anak remaja yang termotivasi karena keberasilan para idola mereka. Dan mencoba mengusahakan yang terbaik demi mimpi mereka. 

Editors' Picks

4. Pakaian dan make-up artis Kpop yang mendukung

4. Pakaian make-up artis Kpop mendukung
allkpop.com

Wajah rupawan akan bertambah menarik dengan sentuhan terakhir melalui pakaian dan make up yang mendukung.

Para idol Kpop selalu tampil memukau, baik ketika tampil di panggung, tampil dalam MV, ataupun dalam sesi foto.

Fashion para artis K-pop bahkan sering menjadi trending topic.

Mereka juga senang untuk bereskperimen dengan outfit yang baru dan berbeda. Dan lagi gaya pakaian mereka mudah untuk ditiru oleh anak-anak remaja perempuan di indonesia agar tampil lebih stylist

Ini bertambah lengkap dengan make up yang dikenakan para idol Kpop. Namun tetap terlihat natural bahkan mampu membuat mereka terliat lebih mempesona di depan kamera. 

6. Bakat nyanyi, rap dan menari para idol

6. Bakat nyanyi, rap menari para idol
nme.com

Kpop cukup berbeda dari jenis musik lainnya. Sebab para personilnya bukan hanya pandai menyanyi saja, tetapi juga melakukan koreografi tarian yang sulit, bahkan belajar rap. Tidak heran jika bakat ini menjadi daya tarik sendiri bagi idol Kpop. 

Ketika masa pelatihan, idol Kpop mengikuti latihan yang keras dan ketat. Milai dari belajar bernyanyi, menari, akting, hingga belajar bahasa lain.

Semua ini perlu mereka tekuni hingga menjadikan artis Kpop berbakat di berbagai bidang, bukan hanya menyanyi saja. 

Melihat idolanya menampilkan bakat mereka dengan maksimal tentu membuat remaja perempuan mama terpesona dengannya. 

7. Musik yang enak didengar berulang kali

7. Musik enak didengar berulang kali
hypebae.com

Bukan hanya kepribadian ramah dan bakat para idol dari boyband dan girlband. Musik Kpop juga dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga menjadi alasan mengapa anak remaja perempuan menyukainya. 

Lagu-lagu Kpop enak didengarkan, sebagian juga mudah dihafalkan, dan tentunya mudah diterima oleh oleh masyarakat umum. Mendengarkan lagu Kpop rasanya tidak membosankan.

Banyak lagunya yang memiliki beat yang catchy dan enak untuk didengarkan berulang kali. Tidak heran musik Kpop sebagus itu mengingat dibuat dengan penuh passion dan dedikasi.

Pesan di dalamnya juga tampil beragam, mengenai persahabatan, kerja keras, self-acceptance, dan isu-isu yang relevan dengan anak remaja yang lain.  

8. Konsepnya yang unik dan beragam

8. Konsep unik beragam
kpopgod.wordpress.com

Salah satu nilai lebih dari musik Kpop yang membuatnya digemari ialah konsepnya yang unik dan beragam. Setiap musik, MV, ataupun koreografinya terasa begitu segar dan berbeda. 

Alunan musiknya selalu bervariasi namun tetap cocok dipadukan dengan suara merdu para idol Kpop.

Mereka senang membuat eksperimen dengan memadukannya berbagai musik dan tampilan idol dengan tingkat kreativitas tinggi. 

Berbagai grup Kpop yang berbeda juga memiliki tema dan identitasnya masing-masing, seperti BLACKPINK dan MAMAMOO berkonsep girl-crush idols.

9. Lirik dengan tema luas

9. Lirik tema luas
koreaboo.com

Lagu atau musik tidak bisa lepas dari yang namanya lirik. Lirik yang ditulis dengan indah mampu meningkatkan pesona lagu ketika dibawakan oleh penyanyinya.

Beragam lirik membuat lagu memunculkan emosi yang berbeda pula, seperti lagu romantis yang erat dengan perasaan sayang juga hangat. 

Namun faktanya sangatlah menyedihkan. Coba deh kamu dengar lagu-lagu di mall, radio, atau Youtube, kebanyakan dari mereka pasti memiliki lirik yang bertemakan cinta. 

Berbeda dengan musik Kpop yang lirik lagunya tidak mulu membahas soal cinta. Seringkali mereka membuat lirik lagu beragam tema, seperti tema perjuangan dalam lagu Move - BTS atau Hellevator - Stray Kids yang mengisahkan tentang kehidupan idol. 

10. Ketertarikan dengan budaya korea

10. Ketertarikan budaya korea
Pixabay/tragrpx

Padahal lagu-lagu Kpop menggunakan bahasa yang tidak dimengerti, tapi kenapa anak-anak remaja bisa suka ya? Jawabannya sederhana, karena generasi muda banyak yang menyukai budaya asing. 

Budaya asing seperti budaya korea yang ditampilkan melalui musik Kpop terlihat menarik dan kekinian bagi mereka, penggunaan bahasa dan style berpakaiannya pun seringkali diikuti oleh anak remaja perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi mengingat hal-hal berbau Korea menjadi tren di internet. 

Ini bukanlah sesuatu yang buruk kok Ma. Melalui ketertarikan budaya baru anak remaja dapat belajar dan mengetahui banyak hal, seperti bahasa asing. Asalkan mereka tetap mengenal dan mematuhi norma juga kebudayaan asli mereka. 

Itulah 10 alasan mengapa anak remaja perempuan mama suka sekali dengan Kpop. Apakah anak mama termasuk diantaranya? Mama dapat membantu anak mengembangkan bakat mereka di bidang olah suara, bahasa, ataupun dance melalui kesukaan mereka ini lho. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.