Dukung Aktivitas Belajar Online, Ini 6 Rekomendasi Laptop untuk Anak

Yuk temukan laptop yang pas buat anak mama di sini!

2 November 2020

Dukung Aktivitas Belajar Online, Ini 6 Rekomendasi Laptop Anak
Freepik/Freephoto

Saat ini, laptop seolah menjadi benda yang wajib dimiliki banyak orang karena kemampuannya yang dapat memudahkan berbagai pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya para pekerja, siswa sekolah pun kini membutuhkan laptop. 

Laptop dapat mempermudah kegiatan belajar anak-anak, mereka dapat memanfaatkan benda ini untuk mencari informasi, belajar, nonton, atau bahkan membuat tugas.

Apalagi saat ini, pembelajaran sekolah dilakukan secara online. Membuat kebutuhan anak-anak akan laptop semakin tinggi. 

Bukan hanya belajar, anak-anak juga dapat memperoleh banyak informasi baru dan tentunya melepas jenuh juga lelah dengan memanfaatkan laptop. 

Mengingat pentingnya kebutuhan anak-anak akan laptop, Mama sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih laptop.

Perhatikan dan pertimbangkan sejumlah aspek yang mendukung performa dan kegunaan laptop. Jangan sampai ketika dibeli, laptop malah tidak dapat memenuhi kebutuhan belajar anak, atau malah terlalu mahal. 

Kalau Mama bingung menentukan beli yang mana, simak rangkuman Popmama.com mengenai.pilihan yang sesuai dan cocok untuk aktivitas anak-anak. 

Inilah beberapa rekomendasi laptop untuk anak sekolah online.

1. Cara memilih laptop yang sesuai bagi anak

1. Cara memilih laptop sesuai bagi anak
Freepik

Sebelum membelikan anak laptop, ada baiknya kamu mengetahui cara memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Agar laptop yang Mama pilih nanti benar-benar bermanfaat bagi anak, harganya tidak terlampau mahal, juga lebih awet.

Pertama, Mama perlu mengetahui kebutuhan anak ketika menggunakan laptop. Sebab tidak semua laptop tersedia untuk memenuhi kebutuhan yang sama, ada laptop yang dikhususkan untuk bermain game, pekerjaan, desain dan edit video, juga yang lainnya. 

Ketika salah memilih, beberapa fitur dalam laptop jadi sia-sia karena tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Umumnya, laptop yang digunakan oleh anak SD sampai dengan SMP hanya membutuhkan spesifikasi yang standar, tidak terlalu tinggi. Karena aktivitas mereka tergolong standar, seperti mengetik atau untuk hiburan seperti menonton film.

Laptop dengan spesifikasi sederhana, seperti prosesor Intel atom, RAM berkapasitas 2GB, dan kapasitas harddisk 320GB sudah cukup baginya.

Kedua, Mama juga perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Harga yang mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Lebih baik kamu mencari laptop sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Ada banyak lho laptop murah yang ternyata juga memiliki kualitas yang bagus. 

Terakhir ialah ukuran dan berat laptop. Ada berbagai pilihan seputar ukuran dan berat laptop, dan ini perlu dipertimbangkan.

Jika anak-anak menginginkan laptopnya untuk mudah dibawa kemana-mana. sebaiknya Mama meilih laptop dengan ukuran 10 inci karena mudah dimasukkan ke dalam tas. Pilihlah juga laptop yang ringan agar tidak berat ketika di bawa pergi ke tempat lain. 

2. Acer Aspire ES 14

2. Acer Aspire ES 14
mspoweruser.com

Laptop rekomendasi pertama ialah Acer Aspire. Laptop satu ini dapat dijadikan pilihan untuk anak-anak SD dan SMP karena kapasitas baterainya yang tahan lama. 

Spesifikasi laptop Acer Aspire ini cukup untuk memenuhi kebutuhan akademis yang banyak berhubungan dengan perangkat Microsoft Office. Laptop ini juga cocok untuk kegiatan hiburan seperti mendengarkan musik dan menonton video tentunya.

Laptop ini juga hadir dengan procesor Intel Celeron N3350 dan didukung dengan pengolah grafis Intel HD dan RAM 2 GB.

Mama dapat memperoleh laptop ini seharga Rp3,5 - Rp3,9 juta

Editors' Picks

3. Asus VivoBook E402BA

3. Asus VivoBook E402BA
asus.com

Asus VivoBook E4022BA dilengkapi dengan teknologi terbaru fungsional. Laptop ini sangat memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak karena dilengkapi dengan berbagai keunggulan, salah satunya karena Asus VivoBook E402BA sangatlah ringan dan mudah dibawa kemana-mana. 

Membahas mengenai performa sendiri, Asus Vivobook E402BA tidak kalah dari yang lainnya. Laptop ini didukung dengan prosesor AMD A4-9125 dual-core dan memori RAM sebesar 4GB. Layar laptopnya sendiri ringkas dan sanggup memberikan tampilan yang cerah. 

Laptop ini memiliki fitur yang unik, yaitu icecool technology yang mampu menjaga suhu mesin dan permukaan tetap berada di bawah 35 derajat celsius. Bagian touchpadnya sendiri dilengkapi dengan teknologi ekslusif yang memiliki respon yang instan serta akurasi yang luar biasa.

Laptop Asus VivoBook E402BA dapat diperoleh dengan harga Rp4 juta sampai dengan Rp4,3 juta. 

4. Asus X441BA

4. Asus X441BA
shopee.co.id

Satu lagi, laptop yang pas untuk anak keluaran Asus, yaitu Asus X441BA. Laptop satu ini memiliki performa yang luar biasa ditambah dengan berbagai kelebihan lainnya. 

Asus X441BA didukung dengan spesifikasi AMD A4 dengan grafis AMD RadeonTM R3. Membuat performanya menjadi cepat tanpa adanya lag. Meskipun begitu, laptop ini juga hemat dalam konsumsi daya. Kipas ganda di dalamnya pun membuat laptop tidak mudah panas meski digunakan dalam waktu yang sangat lama. 

Laptop ini tersedia dengan harga Rp3,6 juta sampai Rp4,0 juta. 

5. DELL Inspiron 3585

5. DELL Inspiron 3585
https://lifedigital.in/product/dell-inspiron-3585-laptop/

Laptop keluaran DELL ini tidak kalah dari laptop lainnya. Meskipun cenderung lebih mahal, laptop ini tergolong tinggi dan sanggup mengolah grafis lebih baik dengan dukungan AMD R3.

Melakukan pekerjaan umum seperti membuka Microsoft Office, browsing internet, ataupun menonton film serta mendengarkan musik dapat anak-anak lakukan tanpa hambatan. Laptop ini didukung penyimpanan internal hingga 1TB, lengkap dengan RAM 4GB, dan layar dengan lebar 15.6 inch.

Laptop ini tersedia dengan harga Rp7 juta sampai dengan Rp7,2 juta di toko online maupun toko komputer di sekitarmu. 

6. Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD

6. Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD
laptophia.com

Buat anak-anak yang suka dengan laptop tipis yang mudah dibawa kemana-mana. Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD ini dapat menjadi pilihanmu. Laptop ini pun tidak berat, hanya berbobot sekitar 1,4 kg saja. Di samping itu, laptop ini memiliki desain yang sangat menarik. 

Laptop ini memiliki penyimpanan bawaan lengkap dengaan menggunakan teknologi SSD, memberikan kinerja yang cepat. Selain itu, ia juga memiliki prosesor yang kompetitif dengan RAM 4 GB tanpa adanya slot tambahan.

Baterai Lenovo IdeaPad Slim 1 sendiri mampu bertahan hingga 8 jam dalam sekali pengisian penuh. Ini cocok sekali bagi anak yang perlu mengikuti sekolah secara online dari rumah tanpa perlu mengisi daya kembali.

BIcara soal harga, laptop ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp3,6 juta sampai dengan Rp4,0 juta saja. 

7. HP 14-CM0091AU

7. HP 14-CM0091AU
media.skyegrid.id

Terakhir, ialah laptop HP 14-CM0091AU. Laptop ini memberikan beragam kelebihan yang memudahkan aktivitas anak mama tentunya. 

Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inci dan resolusi HD, membuatnya dapat menampilkan gambar dengan kualitas tajam dan lebih jelas. Tidak hanya itu, ia juga memiliki hardisk internal sebesar 1 TB, RAM sebesar 4 GB, juga SSD 256GB yang membuat performa laptop ini sangatlah cepat.

Laptop HP 14-CM0091AU juga memiliki tampilan yang lebih sederhana tanpa adanya banyak port, membuat laptop dari HP memiliki tampilan yang tidak berantakan.

Terlebih lagi laptop ini juga hadir dengan ukuran yang pas, ramping dan tidak terlalu berat.

Harga yang ditawarkan laptop HP 14-CM0091AU ini pun tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp3,5 juta sampai dengan Rp4,8 juta. 

Itulah 6 rekomendasi laptop untuk anak sekolah online. Laptop yang mana nih yang sesuai buat anak mama? Tulis di kolom komentar ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk