Mengajarkan Anak Bacaan Doa agar Dimudahkan dalam Belajar

Usaha keras yang diiringi dengan doa memiliki kekuatan luar biasa!

13 Februari 2021

Mengajarkan Anak Bacaan Doa agar Dimudahkan dalam Belajar
Pixabay/SyauqiFillah

Dalam menempuh pendidikan, anak mama bisa saja menemukan beragam tantangan. Hal ini karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda sehingga sangat wajar apabila anak mengalami kesulitan dalam beberapa pelajaran di sekolahnya.

Pada saat seperti ini, anak mungkin dapat mengalami penurunan rasa percaya diri atau bahkan stres karena merasa tidak mampu mencapai tujuannya. Maka, sudah sepatutnya bagi Mama dan Papa untuk melakukan pendampingan dan memberikan dorongan agar mereka tidak menyerah.

Selain memotivasi, orangtua juga sebaiknya mengarahkan anak untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Dengan cara berdoa agar proses belajar anak menjadi lebih mudah.

Hal ini karena usaha keras yang diiringi dengan doa memiliki kekuatan luar biasa. Jadi, hendaknya dijalankan secara beriringan, Ma. Berikut Popmama.com berikan bacaan doa agar dimudahkan dalam belajar yang bisa Mama ajarkan pada anak. 

Islam menganjurkan umatnya untuk menuntut ilmu

Islam menganjurkan umat menuntut ilmu
Pixabay/White77

Ketika anak menemukan kesulitan dalam belajar, sebaiknya Mama dan Papa tidak lantas menyalahkan mereka. Sebaliknya, orangtua hendaknya merangkul anak.

Dengan memberi pendampingan dan semangat agar percaya diri anak bangkit. Jadi, mereka tidak menyerah dalam proses belajarnya karena menuntut ilmu merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan. 

Bahkan, orang-orang yang berilmu akan dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam Alquran surah Al-Mujadalah ayat 11, Allah SWT berfirman. 

يَرْفَعِ اللهُ الذِّيْنَ ءَامَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Yarfa’illahulladziina aamanuu minkum waalladziina uutul ‘ilma darajaatin wallaahu bimaa ta’maluuna khobiirun

Artinya: “Allah akan menaikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu serta orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat di atasnya.”

Sementara itu, Rasulullah SAW bersabda. 

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Apabila seseorang sudah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Bacaan doa agar dimudahkan dalam belajar

Bacaan doa agar dimudahkan dalam belajar
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Adanya dalil yang jelas mengenai menuntut ilmu dalam Alquran maupun hadis tersebut, hendaknya dijadikan motivasi bagi para umat Islam agar dapat menuntut ilmu dengan sebaik-baiknya. Maka, jangan biarkan anak menyerah begitu saja saat menemukan kesulitan saat belajar. 

Namun, tidak hanya mengandalkan kemampuan fisik dalam mencapai tujuan belajar. Anak mama juga sebaiknya diarahkan untuk selalu melafalkan bacaan doa agar dimudahkan dalam belajar. 

Berikut 5 bacaan doa agar dimudahkan dalam belajar yang bisa Mama dan Papa ajarkan pada anak-anak. Dikutip dari laman IDNTimes.

Editors' Picks

1. Doa singkat sebelum mulai belajar

1. Doa singkat sebelum mulai belajar
Pexels/Andrea Piacquadio

Mama bisa mulai mengajarkan anak doa agar dimudahkan dalam belajar dengan bacaan yang singkat terlebih dahulu. Doa belajar yang singkat dan mudah akan membentuk kebiasaan dalam diri anak sehingga mereka senantiasa mengamalkannya.

Berikut bacaan doa agar dimudahkan dalam belajar secara singkat disertai dengan artinya, Ma. 

Yaa rabbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman.”

2. Doa lengkap sebelum belajar

2. Doa lengkap sebelum belajar
Pexels/Olia Danilevich

Tidak jauh berbeda dengan bacaan doa belajar singkat yang telah dijelaskan sebelumnya, doa agar dimudahkan dalam belajar secara lengkap ini memiliki sedikit persamaan dalam lafalnya. Namun, bacaan doa belajar di bawah ini lebih panjang, Ma. 

Rodhittu billahirobba wabil islamidina wabimuhammadin nabiyyaw warasullah, rabbi zidni 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya: “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman yang baik.”

3. Doa memohon ilmu yang bermanfaat

3. Doa memohon ilmu bermanfaat
Pexels/Akela Photography

Mama juga dapat mengajarkan anak untuk memanjatkan doa agar dilimpahkan ilmu yang bermanfaat oleh Allah SWT. Dengan demikian, anak lebih mudah dalam belajar dan ilmu yang didapatkan menjadi berkah. 

Adapun bacaan doa agar dilimpahkan ilmu yang bermanfaat disertai artinya yaitu:

Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an wa 'amalam mutaqobbalaa wa rizqon waasi'an wa ilal khoiri qorribna wa'anisyarri ba'idna

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rezeki yang lapang, dan dekatkanlah aku kepada perilaku yang baik, serta jauhkan aku dari perbuatan yang buruk.”

4. Doa agar mudah mengingat atau menghafal

4. Doa agar mudah mengingat atau menghafal
Pexels/Katerina Holmes

Setelah berusaha keras dalam belajar, anak mama pasti berharap bahwa ilmu yang didapatnya tersebut bisa selalu teringat. Baik teringat dalam hati maupun pikiran sehingga dapat senantiasa diterapkan. 

Namun, manusia hanya bisa berencana dan Allah SWT lah yang mampu menghendaki. Sekuat apapun ingatan anak, mereka tetap bisa lupa dan salah nantinya.  

Untuk itu, Mama mungkin dapat mengajarkan anak doa agar diberi kemudahan dalam mengingat atau menghafal selama belajar. Berikut bacaan doanya, Ma. 

Allahumma innii astaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan semesta alam.”

5. Doa ketika selesai belajar

5. Doa ketika selesai belajar
Pexels/Alexandr Podvalny

Memanjatkan doa ketika selesai belajar bertujuan untuk menghindarkan diri anak dari ilmu yang tidak bermanfaat. Selain itu, doa sesudah belajar juga merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT agar dihindarkan dari sifat sombong atau merasa pintar.

Inilah bacaan doa selesai belajar yang bisa Mama ajarkan pada anak. 

Allahuma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa'ahu, wa arinal baathila baathila warzuqnaj tinaabah

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami dapat mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami keburukan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Itulah 5 bacaan doa agar dimudahkan dalam belajar yang bisa Mama dan Papa ajarkan pada anak. Semoga dapat selalu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.