Anak Mulai Puber, Yuk Bantu Memilih Jenis Bra yang Tepat untuk Remaja

Pastikan bahannya nyaman dan dapat menyerap keringat

22 Juni 2020

Anak Mulai Puber, Yuk Bantu Memilih Jenis Bra Tepat Remaja
Pexels/Julia M Cameron

Memasuki usia remaja, anak gadis Mama pasti akan mengalami masa pubertas. Dimana fisik mereka akan berubah, ditandai dengan munculnya bulu halus di sekitar kemaluan dan membesarnya payudara. 

Saat payudara mereka mulai tumbuh, sang buah hati mungkin mengalami kebingungan. Untuk itu, Mama perlu mendampingi mereka dalam memilih bra yang tepat. 

Anak perempuan Mama perlu tahu tentang berbagai jenis bra yang tersedia untuknya, mereka juga bisa menyesuaikan gaya dengan kepribadiannya.

Berikut cara memilih jenis bra untuk anak remaja setelah masa puber yang telah Popmama.com lansir dari laman VeryWellFamily

1. Training bra

1. Training bra
Instagram.com/maquinky

Seperti namanya, training bra adalah bra yang dapat digunakan untuk pelatihan selama masa transisi anak menuju remaja saat pubertas. Jadi, training bra merupakan bra dasar yang bisa membantu anak perempuan menjadi terbiasa memakai bra.

Umumnya, training bra dikenakan ketika kuncup payudara pertama kali muncul. Namun, anak gadis Mama bra harus menggantinya dengan bra lain saat payudara mereka benar-benar mulai berkembang.

Training bra seperti ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan pola sehingga bisa membuatnya lebih menyenangkan untuk dikenakan oleh anak. 

2. Sports bra

2. Sports bra
Instagram.com/thechestee

Sports bra atau olahraga adalah bra yang sebaiknya wajib dikenakan oleh anak perempuan aktif berolahraga. Hal ini karena sports bra ini dapat bantu mengeluarkan keringat dari kulit dan akan menawarkan perlindungan ekstra sehingga puting susu terhindar dari goresan atau luka.

Banyak anak perempuan berusia belasan dan remaja lebih suka sports bra daripada bra gaya lain karena sport bra biasanya tidak memiliki tali pengikat atau pengatur plastik yang terkadang tidak nyaman di kulit.

Bra jenis ini sebenarnya akan membatasi pergerakan payudara dan menyebabkan kompresi pada kulit sehingga terasa cukup kencang ketika dikenakan. 

Editors' Picks

3. Soft cup bra

3. Soft cup bra
Instagram.com/hautelife_now

Soft cup bra adalah pilihan yang baik untuk anak perempuan dengan payudara kecil hingga sedang. Bra ini tidak memiliki underwire (kawat di bagian bawah bra) untuk penopang.

Namun, bra jenis ini memiliki cup busa lembut sehingga memberi payudara sedikit bantalan dan penopang. Soft cup bra akan menjadi bra pilihan yang nyaman untuk dikenakan sehari-hari. 

4. Underwire bra

4. Underwire bra
Instagram.com/jockeywoman

Bra underwire dilengkapi dengan kawat fleksibel yang dapat membantu mengangkat payudara dari sisi bawah dan samping. Bra jenis ini akan membantu payudara terbentuk dengan baik. 

Selain itu, underwire juga dilengkapi dengan tambahan penopang goncangan sehingga cocok bagi anak perempuan dan wanita yang memiliki payudara besar.

Meskipun dilengkapi dengan kawat dan penopang, bra jenis ini juga cukup nyaman dikenakan. Pastikan Mama membantu anak gadis menemukan ukuran yang tepat, ya. 

5. Strapless bra

5. Strapless bra
Instagram.com/sneakyvaunt

Ya, seperti namanya, strapless bra merupakan bra tanpa pengait. Bra ini biasanya dikenakan pada acara-acara khusus, seperti tarian sekolah, pesta atau pernikahan, gaun tanpa tali, atau gaun dengan tali spaghetti yang sangat tipis.

Bra strapless ini dilengkapi dengan dengan kain elastis yang sangat kuat sehingga dapat menyangga payudara dengan baik. Strapless bra mungkin akan cocok saat anak gadis Mama memiliki acara spesial. 

Mama dapat menemukan bra tanpa strap ini dengan berbagai pilihan, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan underwire (kawat) atau bantalan tambahan.

6. Bra katun

6. Bra katun
Instagram.com/unenanacool_official

Bra katun adalah pilihan yang menyenangkan bagi anak perempuan usia belasan dan remaja karena tersedia dalam berbagai warna dan desain.

Bra jenis ini biasanya cukup empuk sehingga daya akan nyaman dikenakan. Selain itu, karena bra ini dibuat dengan kain katun, maka akan baik untuk menyerap keringat saat cuaca panas. 

Itulah beberapa jenis bra untuk anak remaja yang bisa Mama rekomendasikan untuk putri mama di rumah. Pilihlah bra sesuai dengan keinginan mereka, tetapi pastikan juga untuk nyaman dikenakan ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.