TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Game Adaptasi Anime Terbaik, Tak Kalah Seru dengan Film Serinya

Ada Attack on Titan hingga One Piece, semuanya bisa dimainkan bersama lho!

31 Maret 2022

9 Game Adaptasi Anime Terbaik, Tak Kalah Seru Film Serinya
Wallpaperflare.com

Serial anime sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa meluangkan waktunya untuk menonton animasi manga asal Jepang itu. Hal itu mereka lakukan karena serial anime sangat seru, memiliki alur cerita unik, menarik, dan imajinatif.

Namun, keseruan serial anime bukan hanya bisa ditonton saja lho. Semuanya bisa dinikmati dalam bentuk game. Sebab, kini sudah banyak sekali game yang diangkat dari serial anime. Contohnya, Attack on Titan, One Piece, Naruto, Dragon Ball, dan masih banyak lainnya. 

Serunya, beberapa game bisa dimainkan oleh beberapa orang orang atau multiplayer. Jadi Mama bisa memainkannya bersama anak, nih. Benar-benar menyenangkan kan, Ma?

Berikut ini Popmama.com akan membagikan 10 game adaptasi serial anime terbaik yang harus dicoba oleh Mama dan anak-anak di rumah saat waktu senggang. Simak yuk, Ma! 

1. Attack on Titan 2

Serial anime Attack on Titan bercerita tentang peperangan antara bangsa Titan dengan manusia. Kini, Mama dan Anak bisa ikut berpartisipasi dalam melawan Titan. Caranya dengan bermain game Attack on Titan 2. 

Lebih jelasnya, game Attack on Titan ini memiliki dua plot yakni:

  • Plot 1: diadaptasi dari chapter 1—50 (dua musim dari anime-nya)
  • Plot dari downloadable content (DLC) atau "The Final Battle": diadaptasi dari chapter 51—90 (musim ke-3 dari anime-nya)

Attack on Titan 2 merupakan game multiplayer yang bisa dimainkan melalui PS4, XBOX One, Nintendo Switch, PC, Stadia, dan PSVita.

2. Mobile Suit Gundam: Extreme Vs. Maxi Boost ON

Gundam merupakan serial robot asal Jepang yang sangat fenomenal. Sejak serial tersebut muncul hingga saat ini, Gundam masih sangat disukai oleh banyak orang, khususnya para laki-laki. Bahkan, tidak sedikit penonton yang mengeluarkan uang cukup banyak untuk mengoleksi berbagai robot Gundam. 

Selain itu, kini keseruan Gundam pun bisa dirasakan melalui game melalui Mobile Suit Gundam: Extreme Vs. Maxi Boost ON yang dirilis pada tahun 2020 lalu. 

Game buatan Namco Bandai Games ini menampilkan pertarungan yang cepat dan menegangkan dengan format 2 lawan 2. Di sana, Mama bisa bermain bersama anak dengan melawan musuh menggunakan jurus pamungkas yang menakjubkan. 

Permainan ini bisa Mama nikmati dengan anak-anak melalui PS4.

3. One Piece Pirate Warriors 4

One Piece juga merupakan serial anime yang tak kalah populer dari Gundam. Hingga kini, One Piece sudah ada lebih dari 1.000 episode. 

Maka dari itu Omega Force berkolaborasi dengan Bandai Namco Entertainment untuk membuat game One Piece Pirate Warriors 4. Keduanya memberikan sentuhan hack-and-slash pada game One Piece Pirate Warriors 4.

Jika dilihat dari segi plot, One Piece Pirate Warriors 4 mengambil latar di arc Wano melawan Kaido dengan alur cerita yang sedikit berbeda.

Walau demikian, hal itu tak mengurangi keseruan dalam permainan One Piece Pirate Warriors 4 karena di sana terdapat 43 karakter dan 9 karakter DLC yang bisa dimainkan. Masing-masing karakter memiliki  jurus musou-nya yang super kuat!

Game ini dapat dimainkan melalui beberapa perangkat yani PS4, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC.

Editors' Picks

4. Naruto Ultimate Ninja Storm 4

Naruto adalah anime yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena pernah ditayangkan dalam televisi. Kini, selain melihat Naruto bertarung di dalam serial anime, Mama bisa mengajak si anak untuk memainkan game Naruto yakni Naruto Ultimate Ninja Storm 4. 

Game fighting ini diproduksi oleh CyberConnect2 dan Bandai Namco Entertainment dengan mengadaptasi seri Naruto oleh Masashi Kishimoto.

Adapun plot game seru Naruto Ultimate Ninja Storm 4 ini mencakup Perang Dunia Shinobi Ke-4 melawan Madara Uchiha dan Kaguya Otsutsuki, pertarungan terakhir Naruto Uzumaki kontra Sasuke Uchiha, hingga tambahan seri Boruto (DLC).

Selain itu, Mama dan Anak dapat merasakan keseruan lainnya karena game ini memiliki 106 karakter, termasuk dari film Naruto dan Boruto. Sebagai pemain utama, Mama juga bisa membawa dua karakter lain untuk membantu pertarungan. Jika ketiganya sesuai, maka jurus pamungkas yang ditunjukkan juga sesuai dengan adegan di seri aslinya.

Game ini bisa dimainkan melalui PS4, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC.

5. Dragon Ball FighterZ

Dragon Ball FighterZ merupakan game fighting 2.5D yang diadaptasi dari anime Dragon Ball yang dibuat oleh Arc System Works dan Bandai Namco Entertainment. Game ini mengusung tampilan yang benar-benar mirip dengan serial animenya sehingga meningkatkan antusiasme para fans sejati Dragon Ball. Jika Mama dan anak sangat menyukai Dragon Balls, game ini wajib banget dicoba, Ma! 

Dalam game Dragon Ball Fighter Z terdapat 43 karakter (termasuk DLC) yang bisa dimainkan. Sementara dari segi cerita, plot game ini mengangkat kisah usaha Goku dan kawan-kawan mengalahkan Android 21.

Game ini pun menyediakan beberapa sistem permainan. Mama dan Anak bisa mencoba sistem pertarungan kilat atau bertarung 3 lawan 3.

Game yang seru ini bisa Mama mainkan bersama anak melalui perangkat PS4, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC.

6. Pokémon Legends: Arceu

Pada Januari 2022, GAME FREAK merilis Pokémon Legends: Arceus untuk Nintendo Switch. Melalui game ini, Mama dan Anak dapat menjelajahi region Sinnoh pada masa Hisui, di mana pada saat itu orang-orang belum begitu fasih hidup berdampingan dengan Pokémon.

Petualangan game Pokémon Legends: Arceu mengadopsi dunia semi terbuka. Di mana latarnya tempatnya sangat luas namun dibagi menjadi beberapa wilayah. Di tempat yang sangat luas itu, pemain hanya bisa mengeroyok Pokémon sendirian, tanpa bantuan siapa-siapa. Wah, melalui game ini Mama dan Anak harus menunjukkan kemandirian dalam bertarung nih! 

Walau demikian GAME FREAK telah mengupgrade cara menangkap Pokémon menjadi lebih menyenangkan dari game  Pokémon sebelumnya. Sebab, pemain bisa melempar Poké Ball ke arah Pokémon tanpa menyentuh mereka terlebih dahulu. Bahkan, pemain bisa sembunyi di semak-semak dan menangkap Pokémon dari belakang. Wajib dicoba nih permainan yang satu ini, Ma! 

7. Doraemon Story of Seasons

Selain game pertarungan, adapun game permainan peran yang menyenangkan yakni Doraemon Story of Seasons. Dalam game tersebut, Mama dan Anak bisa berperan sebagai Nobita atau karakter Doraemon lainnya. 

Plot cerita dimulai dari kisah liburan musim panas Nobita yang tetap diisi dengan kemalasannya. Namun, tiba-tiba Nobita bersama teman-temannya yang lain menemukan bibit tanaman. Akhirnya mereka memutuskan untuk menanam tumbuhan tersebut di belakang sekolah. 

Tanaman tersebut tumbuh besar dan membuat badai yang sangat besar hingga berhasil membawa Nobita dan kawan-kawannya ke tempat entah berantah. Di sana mereka semua harus bekerja. 

Game ini cocok untuk anak-anak mama yang suka bermain game petualangan santai. Sebab, tidak ada pertarungan sama sekali di dalam game ini. Malah, anak-anak harus membantu karakternya untuk melakukan pekerjaan seperti mencangkul, menanam bibit, memberikan pupuk, menyiramnya sampai menunggu panen.

Adapun aktivitas lainnya yakni beternak, memancing, menambang, dan pastinya bersosialisasi dengan warga sekitar. 

Game ini bisa Mama mainkan bersama anak melalui Nintendo Switch dan PC.

8. Captain Tsubasa: Rise of New Champions

Sama seperti animenya, Captain Tsubasa: Rise of New Champions bercerita tentang permainan sepak bola yang seru dan menyenangkan. Cocok banget dimainkan oleh anak-anak mama yang tertarik dengan sepak bola.

Untuk mengoperasikan permainan ini cukup mudah. Dalam Captain Tsubasa: Rise of New Champions si Anak bisa mengoper bola menggunakan tombol X, umpan lambung dengan tombol O atau umpan terobosan dengan tombol Segitiga. Selain itu, dalam permainan ini pun anak mama dapat mengganti pemain sesuai keinginannya. Seru banget kan?

Adapun plot cerita yang dibagi menjadi dua episode besar yakni:

  • Episode pertama berpusat pada sosok Tsubasa yang menjalani tahun terakhirnya di Nankatsu dan berjuang untuk meraih gelar juara terakhir untuk tim-nya. Di Episode ini, Mama dan Anak bisa bermain sepenuhnya sebagai Nankatsu, melawan tim sekolah lain yang tak kalah garang.
  • Episode kedua berpusat pada tim sepak bola junior Jepang yang berjuang untuk mendapatkan gelar juara dunia. Di episode ini, Mama sebagai pemain dapat membuat karakter avatar sendiri sebagai pendatang baru yang siap berlaga bersama tim Junior.

9. Demon Slayer -Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles

Demon Slayer -Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles adalah sebuah game adaptasi anime yang dikembangkan oleh developer CyberConnect2. Game ini sangat seru, sehingga saat pertama kali rilis langsung menjadi sangat hits karena dimainkan oleh banyak orang. 

Ternyata, keseruan game  Demon Slayer -Kimetsu no Yaiba- : The Hinokami Chronicles dibagi menjadi empat mode yaitu:

  • Mode eksplorasi, pemain memiliki kesempatan untuk mengelilingi area yang sudah ditentukan. Selama mode eksplorasi, pemain harus mengumpulkan beragam collectibles item seperti Memory Fragment, Kimetsu Point atau menyelesaikan quest yang diperintahkan. Selain itu, pemain juga harus melawan iblis-iblis kroco di area yang sudah ditentukan dan tidak terjadi secara acak.
  • Mode pertarungan, dalam mode ini pemain harus bertarung melawan CPU atau Player 2 secara offline atau online melawan pemain di seluruh dunia.
  • Mode practice adalah tempat para pemain berlatih dengan bebas menggunakan pengaturan yang ada.
  • Mode training adalah tempat di mana pemain dapat memilih instruktur untuk dilawan guna menyelesaikan tantangan yang tersedia. Dalam mode ini ada 10 tingkatan tantangan yang tersedia.

Nah itulah 9 game adaptasi dari anime Jepang. Kira-kira Mama dan anak-anak mau coba main yang mana dulu nih? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk