Inspiratif! Penyandang Disabilitas Menjadi Pemeran Utama Film 'Tegar'

Tak pandang bulu, Aksa Bumi Langit beri kesempatan penyandang disabilitas jadi pemeran utama filmnya

13 Mei 2022

Inspiratif Penyandang Disabilitas Menjadi Pemeran Utama Film 'Tegar'
Youtube.com/Aksa Bumi Langit

Film Indonesia kini semakin bagus, baik dari segi cerita hingga sinematografi. Semuanya semakin nyaman dan seru untuk ditonton, benar-benar tidak kalah keren dengan film-film luar negeri. 

Bahkan, perfilman Indonesia selalu memberikan kejutan cerita-cerita menarik dan fresh sehingga membuat masyarakat Indonesia semakin penasaran dan terus menonton film dalam negeri. 

Salah satu film yang baru-baru ini cukup membuat masyarakat Indonesia tercengang adalah 'Tegar'. Film hasil rumah produksi Aksa Bumi Langit ini mengajak anak disabilitas menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Ia adalah Muhammad Aldifi Tegar Rajasa. 

Hal ini sejalan dengan filmnya yang bercerita tentang anak penyandang disabilitas. Namun, biasanya film dengan cerita seperti itu tetap menggunakan aktor atau aktris non disabilitas untuk memerankan. Maka dari itu, 'Tegar' menjadi film yang menarik perhatian masyarakat Indonesia sehingga tidak sabar untuk menontonnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait film 'Tegar', Popmama.com telah menyajikan informsinya untuk Mama. Simak yuk! 

Editors' Picks

1. Sinopsis Film 'Tegar'

1. Sinopsis Film 'Tegar'
Youtube.com/Aksa Bumi Langit

Film Tegar menceritakan kisas Tegar, anak 10 tahun berkebutuhan khusus yang hanya hanya memiliki satu kaki dan tanpa tangan. Dengan keadaan tersebut, ia tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtuanya. Sang Papa pergi meninggalkan rumah saat mengetahui Tegar terlahir dengan kondisi yang tidak sempurna. Sementara sang Mama sibuk bekerja. 

Suatu ketika, sang Mama harus melakukan perjalanan dinas keluar negeri sehingga menitipkan Tegar kepada seorang perawat perempuan. Ketika itu, Tegar mencoba meminta tolong si Perawat untuk membantunya melakukan aktivitas hariannya. Namun, ketika ia membutuhkan bantuan dan memanggil si Perawat, tak ada jawaban sama sekali. Tegar terus mengulangi hal tersebut, namun hasilnya tetap sama. 

Akhirnya, ia mencoba untuk melakukan semua kebutuhan hidupnya sendiri. Apakah pada akhirnya Tegar mampu melakukannya? Apa yang ia lakukan? 

Temukan jawaban dan kisah lengkap Tegar di film 'Tegar' yang akan segera tayang di bioskop. 

2. Kisah awal Tegar menjadi pemeran utama film 'Tegar'

2. Kisah awal Tegar menjadi pemeran utama film 'Tegar'
Youtube.com/Aksa Bumi Langit

Fifit, mama dari Tegar bercerita, "Jadi, awalnya (Tegar diajak bermain film) itu tahun 2020. Pagi-pagi buka WhatsApp, kaget banget sih baca wa dari salah satu tim Aksa Bumi Langit, Kak Khusnul."

Mendapat pesan yang berupa tawaran tersebut membuat Fifit tidak mempercayainya.

"Awalnya nggak percaya, tapi setelah bertemu secara langsung dan dijelaskan juga tujuan utama dari pembuatan film ini, film tentang disabilitas, akhirnya saya setuju. Saya langsung tanya sendiri pada anaknya. Ketika ditanya mau apa nggak, Tegar mau," tutur Fifit. 

Setelah Tegar menyanggupi hal tersebut, akhirnya proses syuting pun dimulai hingga akhirnya sebentar lagi akan tayang di bioskop. 

Tentunya kedua orangtua Tegar memiliki harapan tinggi dari film ini. 

"Melalui film 'Tegar' ini, salah satunya inspirasi untuk kita semua. Tidak hanya sebagai penikmat film, tetapi juga untuk memberikan semangat pada anak-anak seperti tegar. Kalian bukan tidak mampu, tetapi memiliki sesuatu kemampuan yang berbeda," ucap Sandy, papa Tegar. 

"Semoga seluruh masyarakat membuka matanya, tidak memandang disabilitas dengan sebelah mata. bisa lebihmenghormati, menghargai dan menyayangi," lanjut Fifit, mama Tegar. 

3. Pemeran film 'Tegar'

3. Pemeran film 'Tegar'
Youtube.com/Aksa Bumi Langit

Selain Tegar, ada beberapa aktor lain yang ikut berperan dalam film ini. Mereka adalah: 

  • Sha Ine Febriyanti 
  • Joanita Chatari
  • Jamaluddin Latif
  • Muhammad Adhiyat

Film ini akan segera hadir di bioskop dan bisa ditonton oleh Mama dan keluarga. Semoga benar-benar segera dirilis ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk