10 Jenis Jin dan Tugasnya, Ada yang Bertugas Membuat Ngantuk Lho!

Ternyata banyak jin di sekeliling kita, jelaskan pada anak yuk!

19 Juni 2021

10 Jenis Jin Tugasnya, Ada Bertugas Membuat Ngantuk
pixabay/annacapictures

Allah menciptakan jin dan manusia di muka bumi ini. Keduanya saling hidup berdampingan. Namun, terkadang manusia tidak menyadarinya karena keadaan jin berbeda alam.

Jin yang berada di sekitar manusia ternyata beragam dan mereka memiliki tugas masing-masing untuk menggangu manusia agar tidak patuh terhadap agamanya.

Ada yang membuat malas, marah, boros, dan lain sebagainya. 

Jin apa saja ya itua? Yuk ajak anak mengenal beragam nama jin beserta tugasnya agar ia bisa terhindar dari gangguannya!

Berikut, Popmama.com telah merangkum 10 nama jin beserta tugasnya. Simak yuk, Ma!

1. Jin Wasnan (pembuat kantuk)

1. Jin Wasnan (pembuat kantuk)
Freepik

Jin ini ditugaskan untuk membuat ngantuk para manusia. Ia memiliki kekuatan yang luar biasa untung menenangkan syaraf, terutama pada daerah mata.

Hal tersebut membuat seseorang seketika mengantuk jika terkena kekuatan dari jin Wasnan ini. 

Orang yang menjadi target jin Wasnan yaitu mereka yang akan melakukan perbuatan baik seperti beribadah atau belajar. 

Makanya, tak heran jika anak suka tiba-tiba merasa ngantuk kalau disuruh belajar atau salat subuh, sebab memang ada jin yang memiliki tugas untuk membuat ngantuk, yaitu jin Wasnan.

2. Jin Dasim (pembuat cerai)

2. Jin Dasim (pembuat cerai)
Freepik/bearfotos

Jin Dasim memiliki tugas yang sangat disukai oleh raja jin yakni membuat rumah tangga hancur dan akhirnya bercerai.

Jika ia berhasil melaksanakan tugasnya, konon katanya ia akan diangkat menjadi asisten raja jin. 

Jin Dasim pun memiliki tugas lainnya yaitu membuat manusia untuk menyia-nyiakan makanan dan selalu ingin makan walaupun tidak merasa lapar.

Ayo, ambil makanan secukupnya dan habiskan. Jika merasa kurang, nanti baru ditambah lagi agar Jin Dasim merasa tidak senang.

3. Jin Khonzab (penunda)

3. Jin Khonzab (penunda)
www.socastsrm.com
anak malas

Apakah anggota keluarga di rumah Mama ada yang suka menunda pekerjaan yang berhubungan dengan kebaikan? Misalnya anak yang suka menunda mengerjakan tugas sekolah. 

Jika ada, berarti bisa jadi ia sudah terhasut oleh kekuatan jin Khonzab.

Dalam pandangan agama islam sendiri, jin ini diyakini dapat membuat umat muslim menunda solat bahkan bisa sampai meninggalkan ibadahnya. Selain itu, jin Khonzab pun dapat membuat seseorang mempercepat tindakan buruk. 
 

4. Wahlan (Pembuat Ragu)

4. Wahlan (Pembuat Ragu)
Freepik/wayhomestudio

Tak jarang manusia merasa galau karena ragu terhadap kemampuannya sendiri. Padahal, sebagai manusia sudah semestinya kita memiliki sifat penuh percaya diri. 

Jika seseorang diliputi rasa ragu dan was-was dikesehariannya, maka ia berkemungkinan terkena kekuatan dari jin Wahlan. 

Kekuatan jin Wahlan ini disalurkan melalui bisikan berupa hasutan untuk membuat ragu para manusia. Parahnya, jin ini mampu membuat manusia meragukan kekuatan Sang Pencipta. 

Editors' Picks

5. Jin Zalanbur (Boros)

5. Jin Zalanbur (Boros)
Freepik/Serhii_bobyk

Tak sedikit manusia yang suka hidup boros. Misalnya, suka menghamburkan uang dan membuang makanan. Hal tersebut membuat jin Zalabur berhasil menjalankan tugasnya. 

Jin Zalanbur adalah jin yang bertugas membuat manusia hidup boros. Padalah boros adalah sesuatu yang tidak disukai Allah SWT. 

Jadi, yuk mulai sekarang berhenti hidup boros. Ajarkan pula hal tersebut pada anak-anak mama. 

Salah satu hal sederhana yang dapat Mama ajarkan pada anak yaitu mengambil makanan secukupnya agar tidak ada yang tersisa. Selain itu, bisa juga dengan mengajak anak untuk tidak selalu membeli apa yang diinginkan. Karena suatu yang diinginkan belum tentu dibutuhkan. 

6. Jin Tibbir (pemarah)

6. Jin Tibbir (pemarah)
Freepik/gpointstudio

Jin Tibbir memiliki tugas untuk menghasut manusia menjadi mudah emosi. Nah, bisa jadi emosi Mama atau anak sering muncul karena terkena hasutan dari jin ini. 

Seseorang yang terkena hasutan tersebut ditandai dengan mudah tersulut emosi dan amarahnya. 

Selain itu, jin Tibbir juga sering menghasut manusia untuk melakukan kemaksiatan dan membuat perpecahan antar manusia.
 

7. Jin Awar (pembuat nafsu)

7. Jin Awar (pembuat nafsu)
Freepik/master1305

Jin Anwar memiliki kekuatan untuk menghasut seseorang mengikuti hawa nafsunya. Biasanya jin ini menggoda para pemuda yang sedang jatuh cinta dengan meniupkan suasana meningkatkan nafsu.

Ada hal yang dibenci oleh jin Awar, yakni  hal-hal yang sifatnya menjauhi kemaksiatan seperti pernikahanbsecara sah. Maka dari itu, jika sudah menikah jin Awar akan menghasut pasangan untuk berselingkuh.

8. Jin Masauth (pengadu domba)

8. Jin Masauth (pengadu domba)
Freepik/Luisanm

Di bangsa jin ada Masauth yang berperan sebagai adu domba supaya antar manusia saling curiga dan akhirnya saling membenci.

Jin Masauth biasanya suka mengadu domba hal kecil mau un hal besar. Jadi tak heran jika terkadang melihat orang bertengkar perkara masalah sepele.
 

9. Jin Abyad (pengganggu pemuka agama)

9. Jin Abyad (pengganggu pemuka agama)
Pixabay/mohamed_hassan

Seseorang yang sudah memiliki iman kuat pun masih sering digoda agar keimanannya runtuh. Mereka digoda oleh jin Abyad. 

Jin ini memiliki kemampuan yang berdeda dari jin lainnya karena tugasnya lebih tinggi, yakni mengganggu pemuka agama. 

10. Jin Syabru (menetap di darah manusia)

10. Jin Syabru (menetap darah manusia)
Freepik/anusorn_nakdee

Jin Syabru sangat dekat dan erat pada manusia. Ia menetap di saluran darah manusia.

Jin ini bertugas menghasut manusia dari dalam dengan mempermudah syaraf manusia untuk melakukan maksiat dan menerima bisikan dan rangsangan dari jin luar.

11. Doa terhindar dari jin

11. Doa terhindar dari jin
Popmama.com/Novy Agrina

Adapun doa yang dapat dibaca sehari-hari agar terhindar dari gangguan dan hasutan jin seperti berikut ini: 

1. Taawuz

Mulailah dengan membaca taawuz

 أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِ

A'uudzubillaah himinas syaitoon nirrojiim

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.

2. Ayat kursi 

Setelah dibuka dengan taawuz lanjutkan dengan membaca ayat kursi seperti di bawah ini.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

3. Membaca surat Al-Falaq dan An-Nas

Dua surat pendek dalam Alquran berikut ini pun mampu membantu manusia terhindar dari hasutan jin.

Bunyi surat Al-Falaq beserta artinya:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

qul a'ụżu birabbil-falaq. Min syarri mā khalaq. Wa min syarri gāsiqin iżā waqab. Wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad. Wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad.

Artinya: Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.'

Berikut ini surat An-Nas beserta artiny:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ مَلِكِ النَّاسِۙ اِلٰهِ النَّاسِۙ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

qul a'ụżu birabbin-nās. Maikin-nās. Ilāhin-nās. Min syarril-waswāsil-khannās. Allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās. Minal-jinnati wan-nās.

Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

Itulah 10 nama jin dan tugasnya beserta doa agar terhindar dari jin. Terapkan doanya pada kehidupan sehari-hari ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.