7 Hal yang Harus Dipelajari Si Anak dalam Kehidupannya

Nomor 5 bisa bikin anak mama jadi orang dewasa yang pemberani, lho!

26 September 2018

7 Hal Harus Dipelajari Si Anak dalam Kehidupannya
chillmaadi.com

Untuk menunjang masa depannya, tentu banyak hal yang perlu dipelajari oleh seorang anak. Maka dari itu anak disekolahkan, diikutsertakan beragam kegiatan ekstrakulikuler, diajak berjalan-jalan, dan banyak hal yang dilakukan orangtua dalam rangka mendidik anaknya. 

Namun, banyak juga hal penting untuk bertahan hidup yang tidak didapatkan anak di sekolah. Mama dan Papa wajib mengajarinya, lho.

Sebagai bekal si Anak menuju dewasa, ternyata ada 7 hal penting dan dasar yang perlu dipelajarinya. Ketujuh hal ini tentu akan berguna untuk kehidupannya kelak.

Apa saja hal-hal tersebut?

1. Menabung

1. Menabung
kiplinger.com

Menabung sangatlah penting dan harus diajarkan pada anak semenjak dini.

Mulailah dari mengajarinya menyisihkan uang jajan, atau menyimpan uang hadiah dari orang lain, dan bagaimana ia bisa mendapatkan barang yang ia sukai atau ia dambakan dari uang hasil menabungnya tersebut. 

Dengan begitu, ia akan tahu manfaat dari menabung dan membiasakan dirinya untuk menabung sedari kecil. 
 

2. Memasak

2. Memasak
stayathomemum.com.au

Skill ini tidak hanya perlu Mama ajarkan bagi anak perempuan saja, tapi juga kepada anak laki-laki. 

Memasak memang identik dengan pekerjaan seorang perempuan, tapi seorang laki-laki sekali pun harus memiliki pengetahuan memasak dasar supaya ia dapat mandiri memasak makanan sendiri jika suatu saat ditinggal di rumah sendiri, atau pergi merantau ke kota atau negara lain. 

Coba libatkan si Anak ketika Mama sedang memasak. Mama bisa mulai dengan meminta tolong melakukan hal kecil seperti memperkenalkan bahan-bahan makanan serta bumbu-bumbu, mengajarkan menggunakan pisau, hingga membumbui masakan. 

3. Pertolongan pertama

3. Pertolongan pertama
thenorthernecho.co.uk

Mengajarkan dasar-dasar pertolongan pertama pada si Anak juga penting. Hal ini berguna jika ia mengalami luka, baik ringan maupun sedang. 

Dengan mengajarinya pertolongan pertama, selain mengajarkan kemandirian, Mama juga mengajarkannya supaya tidak panik apabila mengalami sebuah kecelakaan kecil. 

Jika si Anak jatuh dari sepeda, Mama bisa mengajari untuk mencuci lukanya terlebih dahulu baru diberikan obat luka. Hal ini akan membantunya dalam menangani luka-luka kecil hingga luka besar nantinya. 
 

Editors' Picks

4. Menghadapi orang jahat

4. Menghadapi orang jahat
rd.com

Pelajaran ini tentu wajib Mama berikan pada si Anak. Bagaimana cara membedakan orang yang ingin berbuat jahat, bagaimana cara mencari pertolongan, hingga cara menghadapi orang tersebut. 

Akan lebih baik jika Mama juga membekali ia dengan kemampuan bela diri, sedikit banyak kemampuan ini bisa mereka gunakan untuk melindungi diri dari orang-orang yang berniat jahat.

5. Menggunakan transportasi umum

5. Menggunakan transportasi umum
visitoslo.com

Meski mungkin di rumah, Mama memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, anak juga perlu sesekali diperkenalkan dengan transportasi umum. 

Belajar menggunakan transportasi umum, dapat berguna untuk beberapa hal darurat yang mungkin tidak kita sadari atau bahkan pikirkan.

Baca Juga: Bisa Ditiru, Cara Orangtua Jepang Membuat Anak Mandiri

6. Membersihkan rumah

6. Membersihkan rumah
shopify.com

Mengajari anak membersihkan rumah, bukan hanya mengajarkan kemandirian, tapi juga kerapihan, kebersihan, dan keuletan. 

Banyak hal yang bisa Mama ajarkan mulai dari mencuci piring mereka sendiri, merapikan kasur, mainan, dan kamar mereka, bahkan membantu Mama melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mencuci piring, atau mencuci baju. 

7. Mengatur waktu

7. Mengatur waktu
upload.wikimedia

Mengatur waktu sangat penting. Mama dapat mulai mengajarinya mempersiapkan diri sebelum pergi ke sekolah, atau mengerjakan PR dalam waktu tertentu. 

Jika mereka dapat mengatur waktu, anak dapat belajar menghargai waktu, dan dapat berguna saat mereka sudah dewasa nanti. 

Apa Mama ada ide lain selain 7 hal ini, yang mungkin sama pentingnya? Share di kolom comment ya, Ma!