Sosok Ksatria! 7 Karakteristik Remaja dengan Shio Ayam

Melawan kejahatan dan membela orang lain yang lemah

17 September 2021

Sosok Ksatria 7 Karakteristik Remaja Shio Ayam
Freepik

Ayam berada di urutan 10, di antara 12 hewan dalam siklus zodiak Cina atau Shio. Tahun Ayam muncul setiap 12 tahun sekali, yang dimulai pada Tahun Baru Cina. Beberapa Tahun Ayam termasuk 1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005, 2017, 2029, ...

Seringkali tahun kelahiran atau Shio dapat memengaruhi karakteristik seseorang. Misalnya, anak remaja yang lahir di Tahun Ayam dikenal sangat jeli, pekerja keras, banyak akal, berani, berbakat, dan percaya diri.

Tak hanya itu saja, ada beberapa karakteristik remaja dengan Shio Ayam lainnya yang bisa Mama ketahui. Simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini yuk!

Karakteristik Shio Ayam Berdasarkan Lima Elemen

Karakteristik Shio Ayam Berdasarkan Lima Elemen
Travelchinaguide.com

Dalam astrologi Cina, setiap tahun zodiak tidak hanya dikaitkan dengan tanda binatangnya saja, tetapi juga dengan salah satu dari lima elemen, seperti Emas (Logam), Kayu, Air, Api, atau Tanah. Baik Shio dan elemen diyakini memengaruhi kepribadian dan takdir seseorang.

Di bawah ini adalah karakteristik remaja yang memiliki Shio Ayam berdasarkan lima elemennya:

Jenis ElemenTahun KelahiranKarakteristik
Ayam Logam5 Februari 1981 – 24 Januari 1982Bertekad, berani, gigih, dan pekerja keras
Ayam Air23 Januari 1993 – 9 Februari 1994Cerdas, berhati lembut, dan penyayang
Ayam Kayu9 Februari 2005 – 28 Januari 2006Energik, terlalu percaya diri, lembut, dan suka ragu-ragu
Ayam Api28 Januari 2017 – 15 Februari 2018Dapat dipercaya, tepat waktu, dan tanggung jawab yang kuat
Ayam Tanah13 Februari 2029 – 2 Februari 2030Menawan, murah hati, dapat dipercaya, dan populer

Setelah mengetahui karakteristik Shio Ayam berdasarkan lima elemennya, yuk simak karakteristik umum remaja yang lahir di Tahun Ayam!

1. Berpikir dan merencanakan hal baik sebelum berhadapan dengan banyak hal

1. Berpikir merencanakan hal baik sebelum berhadapan banyak hal
Freepik/Nakaridore

Hewan ayam adalah penyiar fajar yang membangunkan masyarakat tepat waktu di pagi hari. Sejak zaman kuno, ayam telah dianggap memiliki kemampuan meramal masa depan.

Juga dalam mitologi Yunani, dikatakan bahwa ayam jantan dapat merasakan apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi, ayam kerap dianggap sebagai duta dewa.

Remaja yang lahir di tahun ayam juga memiliki kemampuan untuk membedakan apa yang akan datang. Ia suka berpikir lebih banyak dan memiliki rencana yang baik ketika berhadapan dengan berbagai hal.

Selain itu, anak biasanya akan menggunakan cara yang tidak pernah dibayangkan orang lain untuk memecahkan masalah, dan ini seringkali membuat orang lain terkejut.

2. Remaja dengan Shio Ayam dibagi menjadi dua kelompok

2. Remaja Shio Ayam dibagi menjadi dua kelompok
Freepik/Gpointstudio

Secara umum, remaja yang berada di bawah Shio Ayam dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Yang pertama, adalah remaja yang suka gosip dan pemarah. Sementara yang kedua adalah berwawasan luas dan pandai mengukur pikiran orang.

Remaja dengan Shio Ayam yang lahir di pagi hari, suka mengobrol tanpa henti yang biasanya sangat mengganggu orang lain. Sedangkan yang lahir pada malam hari selalu terlihat mengantuk, konservatif, dan tidak ramah.

Editors' Picks

3. Melawan kejahatan dan membantu yang lemah

3. Melawan kejahatan membantu lemah
Freepik/Seventyfour

Selain itu, remaja yang lahir di Tahun Ayam ini juga kompeten, pandai berorganisasi, serius, jujur, dan tegas. Sehingga membuatnya cukup berani untuk secara langsung menunjukkan dan mengkritik keras orang-orang yang melakukan perilaku negatif.

Dalam zodiak Cina, Ayam adalah simbol dari orang-orang seperti Don Quixote, ksatria, penuh fantasi, dan pahlawan pemberani yang dapat menyelamatkan dunia. Menjadi ksatria, anak suka berperilaku benar dan suka melawan ketidakadilan.

Selain itu ia juga peduli dan membenci para pengganggu, suka membantu yang lemah, bahkan jika anak pada saat itu tidak dapat memberikan bantuan secara materi, ia akan memberikan penghiburan spiritual. Inilah yang membuat remaja Shio Ayam memiliki kesan yang sangat baik.

4. Menjaga penampilannya setiap saat

4. Menjaga penampilan setiap saat
Freepik

Dalam hal penampilan, remaja dengan Shio Ayam menjadi seseorang yang luar biasa perfeksionis, dan ini seringkali menjadi fokus kegiatannya yang penting. Ia biasanya berdandan dengan menawan dan siap tampil kapan saja.

Dengan kepribadiannya yang mengesankan, ia sering menarik perhatian publik dengan setiap tindakan dan setiap gerakan.

Ini juga bersamaan dengan bakat berbicara dan kemampuan menulisnya, dan siap setiap saat untuk berbicara tentang topik apa pun. Siapa pun yang ingin berdebat dengannya tentang topik tertentu akan berakhir dengan kegagalan.

5. Mampu menemukan kesuksesannya sejak dini

5. Mampu menemukan kesuksesan sejak dini
Freepik/freepik

Remaja yang berada di bawah Shio Ayam juga memiliki karakteristik yang berani dalam fantasi, ambisius, dan ditakdirkan untuk mencapai sesuatu dalam pekerjaan sehari-hari. 

Karakteristiknya yang juga banyak akal, kompeten, dan bersemangat, membuat remaja dengan Shio Ayam akan menemukan kesuksesan sejak dini. 

Tak peduli bagaimana hal-hal berubah, ia tidak akan terpengaruh. Karena anak tidak kenal lelah dan suka mengatasi kesulitan dalam segala hal, untuk menemukan jalan keluarnya sendiri.

6. Keras kepala yang membuatnya sering tenggelam dalam kegagalan

6. Keras kepala membuat sering tenggelam dalam kegagalan
Pexels/Pixabay

Namun, anak yang bershio Ayam ini juga sedikit keras kepala. Tak jarang ia menyelamatkan diri sendiri dan tidak mau mengakui kesalahannya. Anak hampir tidak berubah pikiran begitu ia bertekad, walaupun mungkin yang dilakukannya bukan hal yang tepat.

Selain itu, begitu anak merasa tujuan hidup yang diimpikan terlalu jauh untuk diwujudkan, ia akan tenggelam dalam kesedihan dan kebingungan.

Singkatnya, remaja bershio Ayam adalah ksatria pemberani yang bekerja keras untuk impiannya, namun juga "pahlawan" yang melamun, jika gagal mewujudkan impian mereka.

7. Banyaknya pujian membuat anak terkadang menjadi sombong dan egois

7. Banyak pujian membuat anak terkadang menjadi sombong egois
Freepik/asierromero

Karena karakteristiknya yang suka dipuji, terkadang membuat anak justru menjadi sombong dan egois, tidak mau mengakui kesalahannya dan sangat sensitif terhadap kritik. Sebaliknya, anak mencoba segala cara untuk menjatuhkan lawan.

Kelebihan dalam hal perfeksionisnya, bisa berubah menjadi kelemahan, yang membuat remaja dengan Shio Ayam terlalu pilih-pilih dan berusaha menjadi sempurna.

Ia sangat sensitif terhadap masalah yang sangat teoritis, dan cenderung untuk menangani masalah apapun sesuai aturan yang telah ditetapkan, sehingga anak tak mengerti bagaimana cara menangani masalah diluar aturan.

Nah itulah beberapa karakteristik anak remaja yang memiliki Shio Ayam. Perlu diingat bahwa karakteristik anak tak hanya berdasarkan tahun kelahirannya saja. Namun ada banyak faktor lainnya seperti bimbingan dari orangtua, nilai moral dan budaya yang ditanamkan, lingkungan, dan sekolah.

Sehingga jadikanlah karakteristik dari Shio ini sebagai informasi tambahan atau referensi untuk mengenal kepribadian anak dari sudut pandang berbeda ya Ma!

Baja juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.