Arti Annyeonghaseyo dan Contoh Penggunaannya

Ketika situasinya berbeda, ungkapannya juga berbeda lho!

14 Januari 2022

Arti Annyeonghaseyo Contoh Penggunaannya
Freepik/Luis-molinero

Industri hiburan Korea Selatan kini telah mengambil hati para masyarakat dunia dari segala kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain populer karena K-Pop dan K-Fashion, Korea Selatan juga dikenal dengan K-Drama.

Jika anak remaja mama menjadi salah satu penggemar K-Drama, tentu ia sudah tak asing lagi mendengar kata 'Annyeonghaseyo', bukan? Bahkan anak mungkin sering mengucapkannya.

Meski familiar, apakah anak remaja mama sudah tahu makna serta penggunaan kata Annyeonghaseyo yang tepat? 

Agar tak salah dalam penggunaannya, yuk beri tahu anak untuk belajar bahasa Korea tentang arti kata annyeonghaseyo dan contoh penggunaannya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Arti "annyeonghaseyo" dalam bahasa Korea

1. Arti "annyeonghaseyo" dalam bahasa Korea
Freepik/artursafronovvvv

Annyeonghaseyo (안녕하세요) merupakan kata yang berarti "halo" atau "hai" dalam bahasa Indonesia. Kata ini bisa digunakan ketika remaja akan menyapa seseorang atau membalas sapaan orang lain.

Dalam bahasa Korea, kata ini cukup sering digunakan untuk percakapan kehidupan sehari-hari, dan umumnya annyeonghaseyo diucapkan sambil menundukkan kepala untuk menunjukkan rasa hormat pada yang menyapa.

Jadi, mempelajari cara menggunakan annyeonghaseyo sangat penting, terutama saat bersosialisasi. 

Editors' Picks

2. "Annyeonghasimnikka" merupakan kalimat sapaan yang sangat formal

2. "Annyeonghasimnikka" merupakan kalimat sapaan sangat formal
Freepik

Jika anak remaja mama sering menyaksikan K-Drama, mungkin ia menyadari bahwa di sana sangat kental akan hierarki atau tingkat sosial. Dan ini juga ditunjukkan dalam penggunaan bahasa. Oleh karena itu, penting mengetahui perbedaan bentuk formal dan nonformal dari annyeonghaseyo.

Annyeonghasimnika (안녕하십니까) adalah bentuk yang paling formal. Kata ini digunakan pada situasi resmi seperti pidato, pengumuman, atau berita. Sapaan ini juga bisa ditujukan untuk orang asing atau orang yang sangat dihormati kedudukannya.

3. "Annyeonghaseyo" merupakan bentuk formal yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari

3. "Annyeonghaseyo" merupakan bentuk formal banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Freepik/user22281631

Berbeda dengan annyeonghasemnika, kata annyeonghaseyo (안녕하세요) adalah bentuk standar dalam menyapa sesorang. Meskipun kata ini masih terbilang bentuk formal, namun kata ini tidak seformal annyeonghasemnika.

Sehingga annyeonghaseyo menjadi kata sapaan yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bentuk ini bisa digunakan untuk menyapa orangtua, keluarga, orang yang baru dikenal, guru, kakak kelas, atau orang yang lebih tua dari anak.

4. Sedangkan kata "annyeong" digunakan untuk menyapa secara informal

4. Sedangkan kata "annyeong" digunakan menyapa secara informal
Freepik/Pressfoto

Nah jika remaja sudah mengetahui kalimat sapa yang formal dalam bahasa Korea, anak juga perlu mempelajari bentuk informalnya. Kalimat informal ini bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Lebih singkatnya, anak hanya perlu mengatakan annyeong (안녕).

Kata ini bisa digunakan untuk menyapa orang yang usianya lebih muda, teman dekat, atau adik kelas. Dengan mengucapkan annyeong, menunjukkan kalau kamu punya hubungan yang sangat dekat.

Jika kata annyeonghaseyo harus diucapkan sambil membungkukkan badan, kata annyeong ini boleh diucapkan sambil dengan melambaikan tangan.

5. Contoh penggunaan kata sapaan yang bisa digunakan sehari-hari

5. Contoh penggunaan kata sapaan bisa digunakan sehari-hari
Freepik/Zinkevych

Setelah mengetahui perbedaan bentuk formal dan informal, Anak dapat berlatih mempraktikan penggunaan kata-kata sapaan dalam bahasa Korea tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat sapaan dalam bahasa Korea:

Situasi resmi:

Annyeonghasimnikka, Cheoeum Boepgetseumnida.

안녕하십니까, 처음 뵙겠습니다. 

Salam kenal, senang bertemu dengan Anda.

Situasi standar:

 Annyeonghaseyo, seonsaengnim! Joheun achimibnida.

안녕하세요 선생님 좋은 아침입니다

Halo, Pak Guru! Selamat pagi.

Situasi non formal:

Annyong, Na Wasseo.

안뇽, 나 왔어.

Hei, aku sudah sampai nih.

Nah itulah arti kata Annyeonghaseyo dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang perlu remaja ketahui. Dari langkah awal ini, diharapkan remaja tertarik untuk memperdalam kemampuannya belajar bahasa asing, seperti Bahasa Korea ya! Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.