10 Cara Alami untuk Menumbuhkan Rambut Remaja dengan Mudah

Menumbuhkan rambut jadi lebih panjang dan sehat

31 Maret 2021

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Remaja Mudah
Freepik/Tan4ikk

Rambut seringkali dikatakan sebagai mahkota kepala yang menunjang penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Rambut yang panjang, lebat, dan sehat seringkali menjadi impian para anak perempuan.

Namun ada saja perawatan rambut yang kurang tepat dan menyebabkan rambut rontok dan membuat rambut menjadi tipis. Jangan khawatir Ma, karena ada beberapa solusi alami yang bisa dicoba untuk menumbuhkan kembali rambut anak yang rontok.

Beberapa bahan alami di bawah ini manfaatnya yang telah terbukti dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut yang remaja miliki. Kira-kira apa saja ya Ma bahan alami yang digunakan?

Popmama.com telah siapkan daftarnya di bawah ini!

1. Pijat

1. Pijat
Freepik/Victoriafly

Memijat kulit kepala dapat membantu memulihkan pertumbuhan rambut, anak bisa rutin memijat kepalanya dengan bantuan minyak rambut dan masker. Pijat kulit kepala dapat merangsang kulit kepala dan dapat meningkatkan ketebalan rambut remaja.

Selain itu, memijat kulit kepala setiap hari juga dapat membantu meredakan stres dan ketegangan setelah seharian beraktifitas. Kekuatan peregangan selama pijatan juga diperkirakan mendorong pertumbuhan dan ketebalan rambut di sel papilla dermis.

2. Telur

2. Telur
Pexels/Pixabay

Dilansir dari Byrdie.com, Alan J. Bauman adalah seorang ahli bedah restorasi rambut bersertifikat dan anggota dewan penasihat untuk World Trichology Society mengatakan, ada hal yang dapat dilakukan untuk menstimulasi lebih banyak folikel rambut di kulit kepala.

Folikel yang kuat akan menahan lebih banyak rambut dalam fase pertumbuhan, dan membuat rambut lebih panjang, lebih tebal dan lebih sehat, dan meningkatkan pertumbuhan rambut alami.

Telur mengandung lesitin dan protein, yang memperkuat, menutrisi, dan menyembuhkan rambut. Selain itu, kandungan sulfurnya yang tinggi bahkan dapat membantu mengatasi ketombe.

Untuk membuat masker, campurkan dua telur dengan dua sendok makan minyak zaitun. Tambahkan setengah cangkir air untuk mengencerkan campuran dan membuatnya tidak terlalu lengket. Kemudian, Mama bisa mengoleskan masker langsung ke rambut anak yang sudah dikeringkan dan disisir, dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, keramas seperti biasa.

3. Lidah buaya

3. Lidah buaya
Freepik

Mama tentunya sudah tidak asing lagi dengan manfaat lidah buaya untuk rambut, bukan? Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati rambut rontok, dan juga menenangkan kulit kepala dan merawat kesehatan rambut.

Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi ketombe dan membuka sumbatan folikel rambut yang mungkin tertutup oleh minyak berlebih. Mama bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut remaja selama beberapa kali seminggu.

Atau anak juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

4. Minyak kelapa

4. Minyak kelapa
Freepik/master1305

Dilansir dari healthline.com, minyak kelapa mengandung asam lemak yang menembus ke dalam batang rambut dan mencegah hilangnya protein dari rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau sesudah keramas.

Anak bisa melakukan perawatan tanpa bilas semalaman atau selama beberapa jam sebelum keramas. Dengan cara, pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut, lalu diamkan semalaman atau beberapa jam sebelum keramas.

Namun, perlu ada lebih banyak penelitian tentang minyak kelapa sebagai pendorong pertumbuhan rambut, tetapi minyak kelapa terbukti meningkatkan kesehatan dan kilau rambut dan telah digunakan selama berabad-abad.

Editors' Picks

5. Minyak ikan

5. Minyak ikan
Freepik/nixxphotography

Selain perawatan dari luar, penting juga untuk memerhatikan perawatan dari dalam tubuh. Mengonsumsi asam lemak omega dapat membantu memperbaiki rambut remaja dari dalam tubuh, karena kandungan nutrisi dan proteinnya.

Mengonsumsi suplemen omega bersama dengan antioksidan membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut, yang membantu mengurangi rambut rontok.

Asam lemak omega membantu sel-sel rambut bekerja dengan tepat dan dapat meningkatkan kekebalan, sehingga menghasilkan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Namun, penting untuk mengikuti dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

6. Jus bawang

6. Jus bawang
Cradiori.co

Jika anak bisa mengatasi aroma jus bawang merah, ia mungkin dapat menemukan bahwa manfaatnya yang sepadan. Jus bawang merah telah terbukti berhasil mengobati rambut rontok yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jus bawang juga dianggap dapat meningkatkan sirkulasi. Menurut laman Healthline, penelitian pada hewan menunjukkan jus bawang dapat meningkatkan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah ke kutikula.

Cara menggunakannya yaitu, Mama bisa memblender beberapa bawang bombai dan memeras sarinya. Oleskan jus ke kulit kepala dan rambut anak dan biarkan selama setidaknya 15 menit. Lalu minta anak untuk keramas seperti biasa.

7. Minyak rosemary

7. Minyak rosemary
Freepik/User6694312

Rosemary adalah salah satu minyak esensial yang banyak dipilih untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Minyak rosemary merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan untuk mengobati rambut rontok yang tidak merata.

Campurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak jojoba, dan pijatkan ke rambut dan kulit kepala anak sebelum dibilas. Mama dapat melakukan perawatan ini beberapa kali seminggu.

Mama juga bisa lho untuk menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo dan kondisioner anak. Namun perlu diingat, jangan gunakan minyak esensial langsung pada kulit kepala anak. Selalu campurkan dengan minyak pembawa atau sampo.

8. Minyak geranium

8. Minyak geranium
Freepik/Formatoriginal

Mama bisa menggunakan minyak geranium untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala remaja.

Campurkan beberapa tetes minyak geranium ke dalam minyak pembawa, dan gunakan untuk membuat masker rambut. Atau Mama juga bisa menambahkan beberapa tetes ke sampo dan kondisioner milik anak.

Minyak geranium dipercaya dapat membantu memperkuat, melembabkan, dan memulihkan rambut anak.

9. Lemon

9. Lemon
Freepik/azerbaijan_stockers

Lemon yang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh ini, juga dikatakan dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut.

Minyak esensial lemon atau air perasan lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut anak yang bermasalah dengan rambut rontok. Caranya dengan, mengoleskan air perasan lemon segar ke kulit kepala dan rambut anak.

Tunggu sekitar 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan keramas seperti biasa. Mama juga bisa mengaplikasikan minyak esensial lemon yang diencerkan dalam minyak pembawa sebagai masker rambut untuk remaja.

10. Minyak jarak

10. Minyak jarak
Healthline.com

Minyak jarak memiliki sifat antijamur dan antibakteri untuk membantu memerangi infeksi kulit kepala yang menghambat pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak jarak mengandung asam lemak omega-6, vitamin E, protein, dan nutrisi lain yang dapat menembus helai rambut yang kering dan menahan batang rambut mempertahankan kelembapan.

Tak hanya itu saja, dengan memijatkan minyak jarak ke akar rambut anak, itu akan membantu kulit kepala menyerap semua nutrisi dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk menerapkannya, Mama dapat membantu anak untuk pijat minyak jarak ke kulit kepalanya, lalu oleskan sampai ke ujung helai rambut anak. Gulung rambut anak di atas kepala, tutupi dengan shower cap, dan hembuskan rambut dengan pengering rambut selama 15 menit agar lebih menyerap.

Setelah itu, minta anak untuk keramas dan kondisikan rambut seperti biasa. Mama dan anak akan langsung melihat helaian rambut yang lebih lembut.

Nah itulah beberapa perawatan alami untuk mengatasi rambut anak yang rontok. Namun perlu diingat ya Ma, jika perawatan alami ini tidak bisa instan, bahkan mungkin memakan waktu beberapa bulan untuk hasil yang optimal.

Selain itu, Mama dan anak juga harus konsisten untuk melakukan beberapa perawatan di atas. Perlu diperhatikan bahwa rambut rontok juga bisa dikaitkan dengan masalah emosional atau stres, sehingga dukungan positif dan gaya hidup sehat dapat membantu pertumbuhan rambut sehat anak.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.