TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Efektif Atasi Jerawat pada Remaja dengan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah cara yang aman dan efektif untuk mengobati dan mencegah jerawat

9 September 2021

7 Cara Efektif Atasi Jerawat Remaja Lidah Buaya
Freepik/Racool_studio

Memasuki usia remaja, anak akan mengalami masa pubertas yang ditandai dengan perubahan fisik, termasuk masalah kulit seperti jerawat. Hal ini seringkali membuat remaja merasa khawatir dan hilangnya kepercayaan diri.

Ada beragam cara untuk mengatasi jerawat pada remaja, salah satunya dengan lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya seringkali digunakan sebagai produk perawatan kulit. Ekstrak tumbuhan ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang mampu mengobati jerawat.

Lidah buaya juga dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan produk alami lainnya.

Pada artikel Popmama.com kali ini, Mama akan melihat tujuh cara menggunakan lidah buaya, bersama dengan produk alami lainnya, untuk mengurangi masalah jerawat pada anak remaja. Yuk simak!

1. Menggunakan lidah buaya secara langsung

1. Menggunakan lidah buaya secara langsung
Freepik/Jcomp

Sebuah penelitian di tahun 2015 dalam jurnal Pharmacognosy Reviews menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya efektif dalam memerangi jerawat, yaitu seperti antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi.

Remaja dapat menggunakan krim lidah buaya murni sebagai pengganti sabun pembersih wajah untuk mencegah timbulnya jerawat. Hal ini karena lidah buaya bekerja karena agen antibakteri dalam menghilangkan bakteri dari kulit, dan mengurangi risiko munculnya bintik-bintik.

Untuk mengobati jerawat yang ada, anak juga dapat mengoleskan lidah buaya ke area wajah yang memiliki jerawat dan membiarkannya semalaman. Namun ingatlah untuk membersihkannya di pagi hari.

2. Lidah buaya dengan perasan air lemon

2. Lidah buaya perasan air lemon
Freepik/Dashu83

Dilansir dari medicalnewstoday, asam sitrat yang ditemukan dalam buah-buahan seperti lemon juga dapat membantu mengobati jerawat. Air lemon murni yang bersifat asam dicampur dengan lidah buaya, dapat mencegah air lemon mengiritasi kulit.

Mama atau remaja dapat membuat masker wajah dengan mencampurkan lidah buaya dan air lemon dengan perbandingan 8 banding 1, oleskan secara merata ke seluruh wajah, dan biarkan selama sekitar 10 menit.

Yang terpenting, anak harus menghindari area mata yang sensitif dan mencuci masker secara menyeluruh setelahnya.

Editors' Picks

3. Kayu manis, madu, dan lidah buaya

3. Kayu manis, madu, lidah buaya
Freepik

Membuat masker wajah dari madu, kayu manis, dan lidah buaya adalah pilihan lain yang dapat membantu meredakan jerawat pada anak remaja. Kayu manis dan madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang mirip dengan lidah buaya.

Untuk membuat masker wajah kayu manis, madu, dan lidah buaya, anak dapat mencampurkan sekitar 2 sendok makan (sdm) madu, 1 sdm gel lidah buaya, dan sendok teh (sdt) kayu manis dalam mangkuk kecil. Aplikasikan pada wajah, dibiarkan selama 10 menit, dan dicuci dengan air hangat.

4. Lidah buaya dan minyak pohon teh (tea tree oil)

4. Lidah buaya minyak pohon teh (tea tree oil)
treehugger.com

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 dalam jurnal The Australasian Journal of Dermatology menunjukkan bahwa minyak pohon teh atau tea tree oil dan pembersih wajah mungkin efektif untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Pemakaian tea tree oil juga tidak boleh sembarangan, karena jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan di wajah. Maka untuk mencegahnya, campurkan minyak pohon teh dengan lidah buaya, ini juga bisa cocok untuk digunakan sebagai pembersih wajah.

Ketika digunakan sebagai pembersih wajah, campurkan air, lidah buaya, dan 2 hingga 3 tetes minyak esensial pohon teh.

Jika anak sensitif terhadap minyak pohon teh, ingatkan ia untuk selalu membilasnya setelah beberapa menit dan jangan dibiarkan terlalu lama.

5. Semprotan lidah buaya

5. Semprotan lidah buaya
Freepik/Kroshka__nastya

Menyemprotkan kulit dengan larutan lidah buaya yang diencerkan dapat membantu menghidrasi kulit tanpa menyebabkan produksi minyak ekstra atau mengilap akibat berminyak.

Mama dapat mencampur dengan perbandingan air dan lidah buaya, 2:1 untuk membuat semprotan. Lalu tempatkan ke dalam botol semprot, dan simpan di kulkas untuk memberikan kesejukan ekstra. Saat ingin digunakan, anak dapat menyemprotkan ke area wajah yang berjerawat, hindari area mata.

6. Minyak kelapa, gula, dan scrub lidah buaya

6. Minyak kelapa, gula, scrub lidah buaya
coconutforlife.org

Seringkali remaja yang mengalami masalah jerawat, juga mengalami masalah pada bekas jerawat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan eksfoliasi menggunakan scrub. Namun tak sedikit produk yang dijual bebas mengandung bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk kulit remaja.

Ketika Mama ingin remaja menghindari bahan kimia, Mama dapat membuat scrub sendiri untuknya menggunakan kombinasi minyak kelapa, gula, dan lidah buaya. Biji-bijian dalam gula mampu menghilangkan lapisan kulit mati.

Selain itu, sebuah studi tahun 2009 dalam jurnal Biomaterials menunjukkan bahwa asam laurat, komponen utama minyak kelapa, dapat membantu melawan jerawat.

Mama dapat membuat scrub menggunakan gula dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama, dicampur dengan setengah jumlah lidah buaya. Setelah tercampur, scrub dapat dioleskan ke area yang berjerawat secara lembut dan kemudian dibilas.

Ingatlah untuk menghindari pengelupasan kulit yang terlalu sering, dan selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan krim pengelupasan pada jerawat, karena dapat semakin mengiritasi kulit.

7. Krim lidah buaya

7. Krim lidah buaya
Freepik/jcomp

Tak sedikit krim jerawat dan produk perawatan jerawat yang dijual bebas mengandung lidah buaya. Jika remaja tak menggunakan produk dengan lidah buaya di dalamnya, Mama dapat mempertimbangkan mencari beberapa produk lidah buaya untuk ditambahkan ke rutinitas perawatan kulit anak.

Dilansir dari Healhline, lidah buaya memiliki kemampuan anti-inflamasi yang menjadikannya bahan populer dalam perawatan jerawat komersial.

Namun pastikan untuk selalu memerhatikan daftar bahan setiap skincare yang akan digunakan, tujuannya untuk melihat apakah ada kandungan berbahaya atau kandungan yang mungkin sensitif untuk kulit remaja.

Nah itulah beberapa penggunaan lidah buaya sebagai cara mengatasi jerawat pada anak remaja. Walaupun bersifat natural atau bahan alami, penting juga untuk berkonsultasi pada dokter kulit tentang perawatan lidah buaya apa yang sesuai dengan permasalahan kulit remaja.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk