10 Cara Alami Mengecilkan Ukuran Payudara pada Anak Remaja

Penumpukan lemak dapat menyebabkan ukuran payudara anak meningkat

11 Oktober 2021

10 Cara Alami Mengecilkan Ukuran Payudara Anak Remaja
Pexels/Monstera

Perkembangan payudara terjadi sepanjang hidup seorang perempuan. Beberapa perempuan mungkin menganggap payudara yang lebih besar sebagai penampilan menarik.

Namun, beberapa remaja dengan payudara besar, mungkin merasa tidak percaya diri karena tidak bisa mengikuti tren baju seperti crop top. Bahkan ada yang merasakan sejumlah ketidaknyamanan termasuk sakit punggung dan leher.

Untuk menghindari ketidaknyamanan dan meningkatkan rasa kepercayaan diri remaja, ada beberapa cara mengecilkan payudara remaja secara alami yang bisa dilakukan di rumah. 

Berikut ini Popmama.com akan membahas beberapa caranya di bawah ini!

1. Olahraga dan latihan kardio

1. Olahraga latihan kardio
Pexels/Mary Taylor

Olahraga yang teratur dapat membantu meluruhkan lemak dada dan memperkuat otot-otot di bawah payudara untuk mengurangi ukurannya.

Karena payudara mengandung sebagian lemak, fokus pada latihan kardio dan olahraga intensitas tinggi yang dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat dan menargetkan area bermasalah. 

Namun, melakukan olahraga yang ditargetkan saja tidak akan mengurangi ukuran payudara. Sehingga latihan kardio sangat penting unyuk mengurangi ukuran payudara..

Maka dari itu cobalah untuk mengajak anak untuk melakukan latihan aerobik di rumah, seperti memanjat tangga, bersepeda, dan berjalan kaki. Ini dapat mempercepat metabolisme dan membantu remaja menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan.

Latihan kekuatan seperti push-up juga dapat mengencangkan dada dan mengubah penampilan payudara. Pushup dapat membantu remaja mengencangkan dan mengencangkan otot dada untuk mengurangi ukuran payudara secara keseluruhan.

Dilansir dari Healthline, sebagai permulaan, mulai kegiatan berolahraga selama 30 menit, setidaknya empat kali seminggu.

2. Pola makan yang sehat

2. Pola makan sehat
Freepik

Bukan rahasia umum lagi jika apa yang dikonsumsi berperan dalam jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. Secara keseluruhan lemak tubuh dapat berkontribusi pada ukuran payudara.

Menjaga keseimbangan olahraga dan pola makan yang sehat akan mengoptimalkan penurunan berat badan anak dan mengecilkan ukuran payudaranya. Mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang di bakar oleh tubuh, dapat menyebabkan lemak menumpuk dan membuat payudara terlihat lebih besar.

Selain mengingatkan anak untuk berolahraga, menyajikan daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, dan sayuran dapat membantu membakar lemak adalah hal tepat, serta membatasi konsumsi makanan olahan dan permen juga akan membantu anak menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Teh hijau

3. Teh hijau
Freepik

Dilansir dari Healthline, teh hijau adalah obat alami lain yang dikenal untuk mempromosikan penurunan berat badan.

Teh hijau mengandung sejumlah antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak dan kalori.

Penumpukan lemak yang berkurang ini akan membantu mengurangi ukuran payudara anak. Selain itu, minum teh hijau juga dapat meningkatkan energi remaja untuk membuatnya semangat beraktifitas sepanjang hari.

4. Jahe

4. Jahe
Freepik/jcomp

Mirip dengan teh hijau, jahe juga dapat membantu merangsang metabolisme dan membakar kelebihan lemak di seluruh tubuh.

Meskipun anak dapat memasukkan jahe ke dalam menu makanannya sebagai bahan alami, ahli gizi merekomendasikan meminumnya sebagai teh tiga kali sehari untuk mempercepat metabolisme dan meningkatkan efek penurunan berat badan.

Editors' Picks

5. Flax seed

5. Flax seed
Freepik/Luis-molinero

Beberapa asam lemak, terutama asam lemak omega-3, diperlukan untuk fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan mengatur hormon. Ini penting dalam mengecilkan ukuran payudara karena ketidakseimbangan hormon remaja yang dapat memicu pertumbuhan.

Sayangnya, tubuh tidak secara alami menghasilkan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk berkembang. Remaja harus mendapatkannya dari mengonsumsi makanan tinggi zat ini.

Flax seeds bersama dengan ikan seperti salmon dan tuna dikenal kaya akan asam lemak omega-3. Ini dapat membantu anak dalam mengatur kadar estrogen dan pada akhirnya mengurangi ukuran payudara. Flax seeds juga dikenal untuk meningkatkan proses pencernaan.

Mama dapat menambahkan flax seeds ke makanan atau minuman anak, seperti mencampurkannya dengan air minum. 

6. Putih telur

6. Putih telur
Parenting.firstcry.com

Cara lain untuk mengurangi ukuran payudara adalah dengan menggunakan putih telur. Penurunan berat badan dapat menyebabkan payudara remaja kendur seiring waktu. Terkadang, ini bisa membuat payudara tampak lebih besar dari sebenarnya.

Ketika ini terjadi, anak bisa mencoba masker putih telur untuk mengembalikan elastisitas kulit payudaranya.

Cara melakukannya yaitu dengan mengocok dua putih telur sampai membentuk busa, lalu oleskan ke payudara. Biarkan masker selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Saat mulai mengering, anak mungkin merasakan ada pengencangan alami pada kulit. Namun, ini bersifat sementara karena putih telur dapat mengelupas atau hilang.

7. Kunyit dan neem

7. Kunyit neem
isha.sadhguru.org

Kombinasi kunyit dan neem sangat berguna jika anak sedang mencoba untuk menghilangkan lemak payudara. Neem dan kunyit membantu mengatasi peradangan dan lemak ekstra untuk mengurangi ukuran payudara anak.

Cara menggunakannya yaitu dengan menambahkan daun neem ke dalam air dan didihkan selama 5 sampai 10 menit dan saring. Setelah larutan menjadi cukup hangat untuk diminum, tambahkan masing-masing dua sendok teh kunyit dan madu ke dalamnya.

Mama dapat menyajikannya setiap hari selama waktu berbulan-bulan hingga anak telah mendapatkan hasil yang diinginkan,

8. Biji fenugreek

8. Biji fenugreek
Pixabay/Ajale

Biji fenugreek dapat membantu mengencangkan payudara dan mengurangi ukurannya dengan sifat mengencangkannya. Mengaplikasikan pasta fenugreek ke payudara juga mencegahnya kendur dan kehilangan bentuk.

Di sini Mama bisa menyiapkan tiga sendok makan biji fenugreek dan air secukupnya. Sebelum dicampurkan dengan air, Mama perlu merendam tiga sendok makan biji fenugreek semalaman.

Keesokan paginya, giling biji fenugreek dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta kental.
Oleskan pasta ini secara merata pada kedua payudara remaja. Biarkan sampai mengering, setelah itu ia bisa membilasnya dengan air.

Untuk mendapatan hasil yang diinginkan, anak dapat melakukan masker payudara ini 3 hingga 4 kali seminggu.

9. Pijat payudara

9. Pijat payudara
pinkhope.org.au

Dilansir dari Stylecraze, memijat payudara secara teratur dapat membantu mengurangi timbunan lemak di jaringan payudara. 

Di sini, Mama hanya membutuhkan minyak pijat hangat, seperti kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, ambil sedikit minyak kelapa atau zaitun yang dipanaskan dan oleskan ke payudara anak. Pijat lembut setiap payudara ke atas dengan gerakan melingkar.

Lanjutkan memijat selama 10 menit, setelah itu anak bisa membersihkan minyaknya. Sebaiknya lakukan kegiatan ini setiap hari.

10. Menggunakan bra dan pakaian yang tepat

10. Menggunakan bra pakaian tepat
Freepik/Rawpixel-com

Jika pengobatan alami tidak berhasil untuk mengatasi masalah anak, Mama mungkin dapat membantunya mengurangi tampilan payudaranya dengan menyiapkan beberapa pakaian yang pas.

Misalnya dengan memiliki beberapa bra yang dipasang dengan benar yang memberikan dukungan dan cakupan sesuai ukuran payudara. Selain itu, mengenakan pakaian berwarna lebih gelap dan memfokuskan pada bagian garis leher, dapat mengalihkan perhatian dari payudara.

Anak tentu akan mencapai hasil terbaik dengan ukuran payudara yang lebih kecil dan lebih baik menggunakan beberapa bantuan tips dan solusi di atas. Namun ingatlah untuk fokus, dan biarkan bagaimana tipsnya bekerja.

Jika anak mulai mengalami efek samping atau reaksi terhadap salah satu dari pengobatan ini, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Tetapi jangan lupa untuk ingatkan anak bahwa bentuk dan ukuran payudara apapun adalah normal dan indah pada masing-masing remaja perempuan. Sehingga anak tidak perlu merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.