10 Cara Tepat Mengatasi Remaja dengan Kecemasan dan Stres

Mengkhawatirkan masa depan sering menjadi tekanan yang menyebabkan kecemasan dan stres pada remaja

8 Juli 2021

10 Cara Tepat Mengatasi Remaja Kecemasan Stres
Freepik/Dragonimages

Remaja saat ini merasakan tekanan yang sangat besar yang belum pernah dihadapi generasi lain, karena sekarang harus berurusan dengan situasi sosial sepanjang waktu, baik secara langsung dan lewat media sosial.

Dan anak juga harus fokus untuk mendapatkan nilai bagus agar naik kelas, naik ke jenjang pendidikan selanjutnya, hingga melanjutkan cita-cita yang diinginkan. Dan semua hal ini, tentu saja membuat anak merasakan berbagai tekanan, sehingga tak heran mengapa remaja jadi mudah cemas.

Ketika Mama melihat anak remaja yang mudah cemas, penting bagi Mama untuk menemukan mekanisme koping yang dapat membantunya mengurangi stres.

Koping merupakan mekanisme untuk mengatasi perubahan yang dihadapi atau beban yang diterima sehingga menimbulkan respon tubuh yang sifatnya nonspesifik, yaitu stres.

Lantas, bagaimana cara mekanisme koping untuk mengurangi stres pada remaja?

Coba yuk Ma, simak beberapa caranya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Olahraga ringan

1. Olahraga ringan
Freepik

Tahukah Ma, bahwa olahraga dapat membantu anak untuk mengatasi berbagai emosi? Yup, olahraga mampu melepaskan zat kimia di otak yang membantu anak dalam mengatasi berbagai emosi yang ia miliki.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk berbicara dengan anak remaja mama tentang berolahraga ketika ia merasa stres. Selain itu, dengan berolahraga, ini membantu anak untuk lebih bersantai dan fokus hanya pada tubuhnya. Sehingga anak akan merasa lebih baik setelah latihan.

Jika anak merasa sulit untuk olahraga, bahkan hanya berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah juga akan membantu mengurangi stresnya lho!

2. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

2. Mengonsumsi makanan sehat bergizi
Freepik

Makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh, mampu membuat perbedaan besar dalam perasaan. Jadi, jika Mama memiliki remaja yang cemas, penting untuk mengganti makanan menjadi yang lebih sehat dan bergizi, bahkan jika harus mengurangi pemberian camilan.

Ketika anak mengonsumsi makanan sehat berbasis utuh seperti sayuran, buah-buahan, gandum, dan kentang, tubuhnya akan mendapatkan nutrisi yang tepat, serta dibutuhkannya untuk membantu merasa lebih baik secara keseluruhan.

3. Tidur yang cukup

3. Tidur cukup
Freepik

Sama seperti makanan yang memengaruhi tubuh, tidur juga memengaruhi fungsi otak anak. Anak remaja dikenal begadang semalaman menonton drama, bermain game atau menggulir media sosialnya.

Tetapi penting untuk berbicara dengan anak tentang mendapatkan istirahat malam yang baik untuk membantu mengatasi stresnya.

Saat tidur, otak dapat bersantai dan memprogram ulang, tetapi jika anak mama hanya tidur selama lima jam atau kurang, ini berisiko pada peningkatan kecemasan dan tingkat stres, bahkan bisa merasa gelisah dan putus asa.

4. Mengikuti yoga

4. Mengikuti yoga
Freepik/valya_svirido

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa olahraga sangat bagus untuk membantu mengatasi emosi, tetapi jika anak mama bukan salah satu yang tertarik untuk olahraga, maka Mama mungkin ingin menyarankan anak untuk mengikuti yoga.

Yoga dikenal baik untuk kesehatan fisik dan mental. Sehingga berlatih yoga akan membantu anak remaja belajar bagaimana merilekskan pikiran dan tubuhnya dengan pose sederhana.

Selain itu, belajar yoga juga bisa dilakukan di rumah saja, ada banyak video di online yang dapat ditonton anak untuk membantunya berlatih yoga.

Editors' Picks

5. Hindari kafein berlebihan

5. Hindari kafein berlebihan
Freepik/kapinosovalk

Jika Mama lebih sering melihat anak yang kurang mengonsumsi air putih, namun lebih banyak mengonsumsi minuman kafein, ini harus segera dikurangi ya! Kelebihan kafein dalam minuman, dapat meningkatkan perasaan cemas.

Minuman kafein tak hanya didapatkan dari kopi saja lho, namun juga bisa dari teh hitam, teh hijau, soda, cokelat hitam, dan minuman berenergi.

Jadi lihatlah sekeliling rumah untuk melihat apa yang anak minum sepanjang hari, dan bicarakan dengannya tentang mengganti minuman tersebut dengan air, untuk membantu tubuh dan mengatasi kecemasannya.

6. Belajar meditasi

6. Belajar meditasi
Freepik/Cookie-studio

Kecemasan dan stres merupakan perasaan yang ditimbulkan berkali-kali karena merasa tertekan, dan cara yang tepat untuk membantu anak mama mengatasi perasaan ini adalah dengan memperkenalkannya pada meditasi.

Awalnya, anak mungkin waspada, tetapi jika anak hanya duduk di tempat tidur tanpa elektronik, dan menutup mata sambil berfokus pada pernapasannya, itu bisa membantu mengurangi stres. Ada banyak aplikasi, video, dan buku yang dapat digunakan anak untuk membantunya bermeditasi.

7. Luangkan waktu untuk kegiatan favoritnya

7. Luangkan waktu kegiatan favoritnya
Freepik

Ketika anak merasa stres, bisa sangat mudah baginya untuk ingin tinggal di kamar dan hanya menonton TV sepanjang hari. Tetapi ketika anak tidak berusaha mengatasinya, itu justru bisa memperburuk perasaan cemasnya.

Jadi Mama perlu mendorong anak untuk meluangkan waktu, paling tidak dengan melakukan kegiatan favorit anak supaya membantunya lebih bersantai. Lihat apakah kegiatan favorit anak, apakah itu kerajinan tangan, membaca, atau olahraga.

Saat anak meluangkan waktu untuk kegiatan yang membuatnya bahagia, maka itu bisa membantunya secara keseluruhan. Bicaralah dengan remaja tentang bagaimana ia ingin menghabiskan waktu untuk melakukan apa yang diinginkan.

8. Bicara dengan teman

8. Bicara teman
Freepik

Sayangnya, banyak remaja tidak suka membicarakan perasaannya, terlebih kepada orangtua. Jadi cara yang tepat adalah menyarankan anak untuk berbicara kepada temannya tentang apa yang ia alami.

Anak mungkin lupa bahwa ia tidak sendirian dalam perasaan seperti ini, dan bahwa teman-temannya mungkin juga merasakan hal serupa.

Atau bahkan jika teman-temannya tidak merasakan hal yang sama, mereka akan menghabiskan waktu bersama anak mama, yang pada akhirnya akan mengalihkan pikirannya dari apa yang menyebabkan kecemasan.

9. Miliki hari kesehatan mental

9. Miliki hari kesehatan mental
Freepik/evablanco

Terkadang hal terbaik yang harus Mama lakukan untuk membantu remaja dengan perasaan cemas dan stres adalah membiarkannya menjalani hari kesehatan mental. Apa itu hari kesehatan mental?

Ini adalah suatu hari di mana Mama dapat meminta anak untuk mengosongkan jadwalnya, sehingga ia dapat fokus pada diri sendiri. Seperti beristirahat dengan membaca buku, mendengarkan musik, makan dengan benar sepanjang hari, dan benar-benar hanya melakukan sesuatu yang membuatnya rileks.

Hari kesehatan mental ini akan membantu anak untuk memulai ulang sistemnya, dan pada akhirnya bisa menjadi apa yang ia butuhkan.

10. Pergi ke terapis

10. Pergi ke terapis
Freepik

Jika anak remaja mama mengalami perasaan cemas dalam waktu lama, dan cara-cara di atas tidak membantu mengatasinya, sebaiknya Mama perlu berbicara dengan anak tentang pergi ke terapis. Terapis dilatih untuk membantu orang mengatasi emosi dan perasaannya.

Dan ada banyak terapis yang bekerja secara khusus dengan remaja dan semua yang ia alami. Seorang terapis juga dapat membantu anak mencari tahu persis apa yang menyebabkannya merasa seperti ini dan menemukan cara apa yang bisa digunakan untuk membantunya menghadapi dalam situasi tersebut.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk membantu mengatasi kecemasan dan stres pada remaja. Merasa cemas adalah bagian dari rentang emosi yang normal, seperti halnya merasa marah atau malu.

Bagi kebanyakan remaja, kecemasan tidak bertahan lama, bahkan tidak selalu merupakan hal buruk. Ini dapat membantunya tetap aman dengan membuatnya berpikir tentang situasi yang dihadapi serta dapat memotivasinya untuk melakukan yang terbaik.

Namun jika kecemasan tidak hilang atau begitu kuat sehingga menghentikan anak dari melakukan hal-hal sehari-hari. Penting untuk segera diatasi dengan berkonsultasi ke terapis atau ahli kesehatan terpercaya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.