9 Fakta Sains Unik yang Dianggap Aneh, Yuk Beri Tahu Anak

Tahukah anak bahwa awan di angkasa ternyata tidak seringan yang kita pikirkan lho!

14 Maret 2022

9 Fakta Sains Unik Dianggap Aneh, Yuk Beri Tahu Anak
Freepik/ilovehz

Kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari Sains. Sejak masuk sekolah, anak mama telah mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam, namun pembelajaran tak berhenti sampai itu saja.

Usai sekolah, anak akan menemukan berbagai fakta menarik seputar sains di sekitarnya.

Fakta sains tak selalu tentang ilmu fisika atau kimia yang mungkin membuat anak bingung, karena ada beragam penemuan sains unik yang dianggap aneh sekaligus mengesankan untuk diketahui.

Selain memperluas pengetahuan anak, membicarakan fakta ini di sekolah juga bisa membuat guru atau teman-teman jadi terkesan dengan wawasan yang anak miliki.

Simak yuk apa saja fakta sains unik yang dianggap aneh, yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Di dalam tanah penuh dengan kehidupan

1. dalam tanah penuh kehidupan
Freepik

Ketika Mama meminta anak untuk mengambil satu sendok teh tanah, itu mungkin jumlah yang sangat sedikit. Meskipun tampak sedikit, tahukah anak bahwa ada lebih banyak mikroorganisme di dalamnya daripada manusia di planet ini?

Jutaan spesies dan miliaran organisme, seperti bakteri, ganggang, serangga mikroskopis, cacing tanah, kumbang, semut, tungau, jamur, dan banyak lagi, berada di dalam tanah.

Menurut Departemen Pertanian AS, tanah dapat mewakili konsentrasi biomassa terbesar di mana pun dalam planet ini.

2. Perut manusia bisa melarutkan pisau

2. Perut manusia bisa melarutkan pisau
renderhub.com

Fakta yang satu ini mungkin cukup melawan intuisi manusia, namun bukan berarti bisa dicoba di rumah ya!

Dilansir dari Reader's Digest tubuh manusia lebih kuat daripada yang kita pikirkan. Anak Mama yang berada di tingkat akhir sekolah dasar atau awal Sekolah Menengah Pertama mungkin sudah belajar bahwa kadar asam diberi peringkat pada skala dari 0 hingga 14, semakin rendah tingkat pH, semakin kuat asamnya.

Nah asam lambung manusia biasanya 1,0 hingga 2,0, artinya memiliki tingkat keasaman atau pH yang sangat kuat.

Inilah yang menjadi dasar penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gastrointestinal Endoscopy. Para ilmuwan melarutkan pisau bermata tunggal dalam asam lambung.

Merka kemugian menemukan bahwa bagian belakang yang menebal dari pisau bermata tunggal larut setelah dua jam direndam dalam asam lambung.

3. Setiap tahunnya dapat terjadi hujan berlian di planet lain

3. Setiap tahun dapat terjadi hujan berlian planet lain
Freepik/Rawpixel-com

Menurut American Scientist, atmosfer di Neptunus, Uranus, dan Saturnus memiliki tekanan yang sangat ekstrim, sehingga mereka dapat mengkristalkan atom karbon dan mengubahnya menjadi berlian.

Namun ini mungkin membuat anak bertanya-tanya, bagaimana kita mengetahui fakta sains ini?

Yup, para peneliti mampu menciptakan kondisi di laboratorium untuk membuktikan fakta ini terjadi di Neptunus dan Uranus. Dan secara terpisah, peneliti lain berspekulasi bahwa mungkin terjadi hujan sebanyak 2,2 juta pon berlian di bagian Saturnus setiap tahun.

Tertarik untuk tinggal di Saturnus?

Editors' Picks

4. Botol plastik bisa diubah menjadi perisa vanila

4. Botol plastik bisa diubah menjadi perisa vanila
Freepik/Racool-studio

Para peneliti telah menemukan cara mengubah botol plastik menjadi perisa vanila dengan bakteri rekayasa genetika, menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Green Chemistry.

Penulis penelitian menjelaskan bahwa permintaan aroma vanila “bertumbuh dengan cepat,” mengingat vanila ditemukan dalam berbagai macam produk makanan, kosmetik, farmasi, pembersih, dan herbisida.

Namun jangan berharap untuk makan es krim dari botol plastik ya, karena penelitian ini hanya menunjukkan bahwa adanya konversi, dan tidak berfokus pada keamanan untuk dikonsumsi manusia.

5. Manusia mampu menghasilkan racun

5. Manusia mampu menghasilkan racun
Freepik/KamranAydinov

Coba tanyakan pada anak, makhluk apa saja yang bisa menghasilkan racun? Anak mungkin akan menjawab ular yang dapat menghasilkan racun.

Sementara manusia saat ini tidak menghasilkan racun, percaya atau tidak secara teknis, kita bisa.

Faktanya, semua reptil dan mamalia memiliki kemampuan itu, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Pada dasarnya, manusia memiliki semua alat yang dibutuhkan untuk memproduksi racun. Namun ini bergantung pada evolusi manusia untuk membawa kita ke kemampuan ini.

6. Manusia tidak mungkin bersendawa di luar angkasa

6. Manusia tidak mungkin bersendawa luar angkasa
Freepik/Kjpargeter

Saat manusia bersendawa di Bumi, gravitasi menahan padatan dan cairan dari makanan yang baru saja kita konsumsi, sehingga hanya gas yang keluar dari mulut, dan terjadilah sendawa.

Namun berbeda halnya jika kita makan di luar angkasa dan ingin bersendawa. Dengan tidak adanya gravitasi, gas tidak dapat terpisah dari cairan dan padatan, sehingga sendawa di luar angkasa pada dasarnya berubah menjadi muntah.

7. Tikus tertawa ketika mereka digelitik

7. Tikus tertawa ketika mereka digelitik
Freepik/Wirestock

Pernah mendengar hewan yang tertawa? Mungkin adalah hal yang aneh bagi kita untuk mendengar hewan tertawa. Namun sebenarnya makhluk-makhluk ini lebih dinamis dari yang kita kira, salah satunya tikus.

Tikus memiliki kemampuan untuk “tertawa” ketika digelitik. Namun, kita tak bisa mendengar suaranya saat digelitik karena tikus tertawa pada frekuensi 50 kilohertz atau lebih, yang berada di atas jangkauan pendengaran manusia.

Sebuah video dari National Geographic menunjukkan bahwa tikus merespons secara positif terhadap gelitik, dan bahkan mereka suka digelitik, ini ditunjukkan dengan bagaimana tikus yang mengejar tangan peneliti dengan cara yang menyenangkan.

Ingin mendengar bagaimana suara tikus saat tertawa? Lihat video di bawah ini yuk!

Tak hanya tikus, empat kera besar seperti gorila, orangutan, simpanse, dan bonobo, juga bisa tertawa terutama saat mereka digelitik. Dilansir dari Time, anjing dan hyena juga bisa tertawa.

8. Lebih dari setengah oksigen bumi dihasilkan oleh lautan

8. Lebih dari setengah oksigen bumi dihasilkan oleh lautan
Freepik/LuqueStock

Apakah anak mama pernah menanyakan seputar, dari mana oksigen berasal? Di sekolah, anak mungkin belajar bahwa oksigen dihasilkan oleh pohon. Tetapi, inilah fakta ilmiah unik yang dapat menjawab pertanyaan anak.

Dilansir dari National Oceanic Service, kita semua harus berterima kasih kepada organisme laut nabati untuk semua udara segar yang kita hirup ketika bernapas. Plankton, rumput laut, dan fotosintesis lainnya menghasilkan lebih dari setengah oksigen dunia.

Sayangnya, meskipun anak tahu jawaban atas pertanyaan ini. Para ilmuwan masih belum bisa menjelaskan misteri laut lainnya.

9. Sebuah awan dapat memiliki berat sekitar satu juta pon atau 500 ribu kg

9. Sebuah awan dapat memiliki berat sekitar satu juta pon atau 500 ribu kg
Freepik/Jannoon028

Kita mungkin sering melihat awan yang tampak seperti gumpalan kapas putih, yang empuk dan ringan. Namun ternyata ini salah besar lho! 

Dilansir dari United States Geological Survey (USGS) rata-rata awan kumulus dapat memiliki berat hingga satu juta pon atau hampir sekitar 500 ribu kilogram! Bahkan ini bisa lebih berat dari jet terbesar di dunia ketika penuh dengan penumpang dan kargo lho!

Nah itulah beberapa fakta sains unik yang dianggap aneh. Setelah membaca beberapa fakta di atas, kini Mama mungkin memahami mengapa fakta-fakta ini disebut unik sekaligus aneh bukan? Karena hampir semua hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang diluar nalar manusia.

Namun dari sembilan fakta di atas, mana yang menurut anak paling aneh atau tak masuk akal?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk