40 Istilah KPop dan Artinya yang Perlu Remaja Ketahui

Saat grup idolanya merilis lagu baru, tahukah remaja apa arti All-Kill?

25 November 2021

40 Istilah KPop Arti Perlu Remaja Ketahui
Pinterest.com/RedBubble

The Korean Wave atau yang lebih lebih dikenal dengan sebutan Hallyu telah membawa budaya Korea Selatan secara global ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Hallyu pertama kali didorong oleh penyebaran Kdrama dan Kpop di Asia Timur, Selatan, dan Tenggara.

Selain memiliki ciri khas pada genre musik, dance, dan penampilannya, yang membuat Kpop banyak digemari, dunia KPop juga ada beberapa istilah-istilah asing yang mungkin belum banyak diketahui oleh penggemar baru. 

Jika anak mama baru mengikuti dunia Kpop ini, ia perlu tahu makna istilah tersebut agar tidak bingung saat membaca istilahnya di berita atau pun di media sosial.

Untuk itu, berikut Popmama.com telah menyiapkan 40 istilah KPop dan artinya yang perlu remaja ketahui! Yuk simak!

Istilah dalam dunia Kpop No.1-8

Istilah dalam dunia Kpop No.1-8
Twitter.com/Koreaboo

1. AEGYO

Aegyo adalah sebutan untuk idola atau aktris yang tingkahnya sangat menggemaskan, ini bisa dilihat dari gerakan tubuhnya, suara, atau dari kata yang diucapkannya.

2. AGE LINE

Age line Ini mengacu pada idola yang lahir di tahun yang sama. Sebagai contoh, Jungkook BTS dan Yugyeom GOT7 keduanya kelahiran tahun 1997, sehingga mereka disebut sebagai '97 liners.

3. AIGOO

Bagi remaja yang menyukai Drama Korea, tentu sudah tak asing mendengar kalimat ini. Jika diterjemahkan, artinya menjadi "astaga" atau "oh, tidak". Aigoo sering disebutkan untuk menunjukan rasa kesal, marah, atau heran

4. ALL-KILL

Saat menyaksikan debut atau comeback grup favorit, tentu para penggemar ingin idolanya mendapatkan predikat all-kill. Yup tentu saja, karena istiah ini merujuk saat sebuah grup berhasil menduduki puncak berbagai tangga lagu musik di Korea Selatan.

5. ANTIS

Antis adalah singkatan dari 'anti-fans' alias haters yang biasanya memberikan komentar-komentar buruk pada grup tertentu dengan maksud menjelek-jelekan grup atau salah satu anggotanya. Wah ini tidak boleh ditiru ya!

6. BIAS

Istilah bias ini tentunya juga sudah tidak asing lagi bagi para penggemar K-Pop. Nah ini ditujukan untuk menjelaskan siapa anggota favorit dalam sebuah grup. Misalnya, di antaranya empat anggota BLACKPINK, anak remaja mama paling suka dengan Jennie, berarti bias-nya adalah Jennie.

7. BIAS WRECKER

Nah walaupun merujuk pada arti yang sama, bias wrecker ini artinya adalah anggota grup yang tidak disangka dapat menarik perhatian anak, dalam kata lain bisa 'mengganti' posisi bias yang sebenarnya. Misalnya, remaja menyukai Jennie Blackpink, namun ia juga tertarik setelah melihat Irene Red Velvet, maka Irene disebut sebagai bias wrecker.

8. CF

CF atau Commercial Films, memiliki makna iklan atau promosi di televisi.

Editors' Picks

Istilah dalam dunia Kpop No.9-16

Istilah dalam dunia Kpop No.9-16
allkpop.com

9. CENTER

Center sering digunakan untuk merujuk pada "face-of-the-group" (istilah Kpop umum lainnya) yang menggambarkan anggota yang paling sering menjadi pusat koreografi grup. Center sering dianggap sebagai grup atau anggota yang paling sering dipikirkan penggemar ketika mereka memikirkan grup tersebut.

Contohnya adalah Nayeon TWICE.

10. COMEBACK

Comeback adalah istilah untuk menyebut kembalinya grup untuk merilis karya baru setelah lama tidak tampil.

11. DAEBAK

Daebak menunjukkan ekspresi, biasa dilontarkan untuk mengungkapkan perasaan kagum, senang, dan terkejut. Kata ini bisa anak gunakan ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa.

12. DATING

Sesuai dengan terjemahannya yaitu 'kencan', dating adalah istilah ketika seorang idola Kpop atau artis K-Drama menjalani hubungan romantis dalam dunia nyata.

13. DAESANG

Daesang adalah penghargaan tertinggi yang bisa diterima seorang idola. Mereka biasanya dalam kategori seperti Album Of The Year, Song Of The Year, Artist Of The Year, dan fokus pada penjualan.

14. DANCE BREAK

Dalam penampilan sebuah grup, pada bagian di mana para anggotanya hanya menari tanpa bernyanyi, dan ini disebut sebagai dance break yang seringkali menjadi fokus tarian dalam sebuah penampilan.  

15. DEBUT/DEBUT SOLO

Debut adalah grup yang baru pertama kali tampil di panggung setelah melewati proses training selama bertahun-tahun. Kalau debut solo adalah member dari sebuah grup yang telah debut, kemudian merilis lagu/karya baru dan melakukan promosi lagunya sendiri, tidak bersama anggota grupnya.

16. DISBAND

Disband mengacu pada grup yang bubar atau berhenti tampil bersama. Sebagian besar grup Kpop bubar, ketika kontrak mereka dengan agensinya berakhir dan ketika para idola memutuskan untuk tidak memperbarui kontaknya.

Istilah dalam dunia Kpop No.17-24

Istilah dalam dunia Kpop No.17-24
soompi.com

17. FACE OF THE GROUP

Face of the group adalah anggota yang paling populer dalam sebuah grup atau yang selalu mewakili grup. Sehingga ketika seseorang memanggil namanya, para pecinta K-Pop akan ingat dari grup mana ia berasal.

18. FAN CHANT

Jika menyaksikan penampilan idola di panggung, seringkali terdengar teriakan penggemar yang mengucapkan sesuatu. Bukan asal teriak, mereka menyebutkan fan chant. Ini bisa berupa lirik lagu, kalimat penyemangat, nama idola, yang diteriakkan oleh penggemar selama idolanya tampil di panggung.

19. FANDOM

Sedangkan, fandom adalah komunitas yang diisi oleh penggemar-penggemar grup tertentu. Misalnya, fandom dari grup BTS adalah ARMY, dan TWICE adalah ONCE.

20. GAYO

GAYO adalah program televisi khusus akhir tahun yang menampilkan festival musik yang disiarkan oleh sistem penyiaran di Korea Selatan. Acara ini menampilkan para idola, yang melakukan kolaborasi khusus antargrup.

21. HALLYU

Hallyu adalah gelombang Korea yang merujuk pada popularitas hiburan dan budaya Korea di Asia dan wilayah lainnya di dunia. K-pop dan K-drama adalah kontribusi untuk Hallyu. Terkadang, orang juga memakai istilah bintang Hallyu yang mengacu pada satu orang tertentu yang memberikan pengaruh Korean Wave secara maksimal.

22. HOOBAE

Hoobae adalah sebutan untuk atau grup yang baru melakukan debut. Grup yang telah debut sebelumnya, berlaku sebagai senior yang memanggil juniornya dengan sebutan hoobae. Grup hoobae ini, akan 'naik' jadi senior atau sunbae ketika ada grup baru yang debut setelahnya.

23. HYUNG

"Hyung" berarti "kakak laki-laki" dalam bahasa Korea. Tetapi istilah ini juga sering digunakan antara anggota grup laki-laki yang lebih muda ke yang lebih tua. Salah satu contohnya adalah Jungkook BTS yang tiga tahun lebih muda dari RM, memanggilnya dengan sebutan "hyung".

24. HWAITING

Kata Hwating adalah digunakan sebagai ungkapan dukungan, untuk menyemangati idolanya.

Istilah dalam dunia Kpop No.25-32

Istilah dalam dunia Kpop No.25-32
Nme.com

25. IDOL

Idol adalah bintang Kpop. Mereka mungkin artis solo atau bagian dari grup, tetapi secara umum mereka adalah artis yang telah menghabiskan waktu dalam pelatihan sebelum memulai debutnya melalui agensi hiburan.

26. KILLING PART

Killing part biasanya bagian dalam lagu yang dianggap penggemar sebagai bagian terbaik. Ini bisa diterapkan pada musik atau koreografi dan bisa apa saja, mulai dari perubahan kunci hingga penurunan bass, atau gerakan tertentu dalam tarian.

27. LEADER

Hampir setiap grup idola memiliki pemimpin yang ditunjuk. Leader ini biasanya bertanggung jawab untuk mengatur grup dan bertindak sebagai perantara antara agensi dan grup. Mereka juga biasanya memulai perkenalan publik dan menjadi yang pertama berbicara di upacara penghargaan. Leader tidak selalu anggota tertua dari grup.

28. LIGHTSTICK

Lightstick adalah tongkat beragam bentuk dan warna sebagai tanda komunitas penggemar grup tertentu, yang biasanya digunakan sebagai bentuk dukungan pada grup yang sedang tampil. Bentuk dan warna light stick setiap grup tentu berbeda, misalnya grup EXO memiliki light stick yang berbeda dengan grup NCT.

29. LINE

Kata "line" digunakan untuk mengelompokkan anggota band yang serupa. Misalnya adalah Rap Line yang mengacu pada rapper dari sebuah band, seperti RM, Suga dan J-Hope BTS. Fans juga mengelompokkan anggota dari negara yang berbeda dalam sebuah grup. Miisalnya seperti Japanese Line dalam grup TWICE yang mencakup Sana, Momo, dan Mina.

30. MAIN

Main” sering digunakan untuk menggambarkan posisi dalam anggota grup, seperti Main Vocal, Main Rapper, atau Main Dancer. Kata tersebut digunakan untuk menyebut anggota yang memiliki vokal terbaik, memiliki teknik rap terbaik, atau penari terbaik.

31. MAKNAE

Maknae merujuk pada anggota termuda dari grup idola, misalnya Lisa adalah maknae dari grup BLACKPINK. Selain itu juga ada golden maknae, yang artinya anggota termuda yang sangat multitalenta, meskipun usianya masih muda.

32. MUSIC SHOW

Program-program music show ini adalah tempat para idola menampilkan musik mereka untuk publik. Biasanya ketika penggemar melihat video musik lagu untuk pertama kalinya. Tergantung pada agensinya, mereka dapat tampil beberapa kali untuk memasarkan lagunya kepada pemirsa. 

Istilah dalam dunia Kpop No.33-40

Istilah dalam dunia Kpop No.33-40
whatthekpop.com

33. MUSIC VIDEO (MV)

Music Video atau yang biasanya disingkat dengan MV adalah pertunjukan rekaman lagu yang direkam, biasanya disertai dengan tarian dan gambar visual yang menafsirkan liriknya.

34. UNNIE

Jika tadi hyung merujuk pada laki-laki yang memanggil kakak laki-laki, "Unnie" adalah "kakak perempuan" dalam bahasa Korea. Sama seperti hyung, istilah ini sering digunakan antara anggota yang lebih muda dan lebih tua dalam grup perempuan. Misalnya seperti Yeri Red Velvet memanggil Irene dengan sebutan “Irene Unnie.”

35. SASAENG

"Sasaeng" mengacu pada penggemar yang telah melewati batas, atau disebut dengan penguntit. Ini adalah penggemar yang melanggar privasi idola dan membuat mereka merasa tidak nyaman atau tidak aman. 

36. SUB UNIT

Sub-unit adalah grup dalam grup grup Kpop yang lebih besar. Sub-unit sering memberi anggota grupnya kesempatan untuk menampilkan bakat tertentu, atau mencoba genre musik yang berbeda yang mungkin tidak dapat mereka lakukan dengan grup inti yang lebih besar.

37. STAN

Stan adalah aksi mendukung grup atau artis tertentu. Aksi ini bisa dilakukan untuk sebanyak mungkin grup atau idol

38. TEASER

Dalam dunia Kpop, teaser mengacu pada tayangan pengantar singkat untuk suatu memperkenalkan konsep video musik. Tujuannya untuk membuat penggemar penasaran tentang seperti apa video musik yang akan ditayangkan selanjutnya.

39. TRAINEE

Sebelum seorang idol menjadi idola, mereka adalah trainee. Agensi hiburan mencari bakat dan kemudian melatih rekrutan mereka untuk menjadi bintang pop. Programnya ketat dan intens, dan beberapa idola berlatih selama beberapa tahun sebelum ditempatkan dalam sebuah grup. Pelatihan mencakup segala hal mulai dari menyanyi dan menari hingga mempelajari bahasa baru.

40. VISUAL

Semua idola Kpop itu menarik, tetapi kata "visual" sering mengacu pada anggota grup yang paling menawan menurut standar yang ditetapkan di Korea Selatan. Contoh visual dalam grup adalah Jisoo BLACKPINK atau Jin BTS.

Nah itulah beberapa istilah Kpop dan artinya yang perlu remaja ketahui. Kini anak mama tak perlu kebingungan lagi saat menemukan istilah tersebut deh!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.