Kenali Beragam Jenis Layang-Layang dari Bentuk dan Fungsinya

Setiap jenis layang-layang memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing lho!

7 September 2020

Kenali Beragam Jenis Layang-Layang dari Bentuk Fungsinya
Freepik/Senivpetro

Mainan anak-anak yang satu ini identik dengan bentuknya yang tipis dan bisa melayang-layang di udara jika ditarik. Tentunya anak sudah tak asing lagi dengan permainan yang satu ini bukan, Ma?

Mungkin anak pernah melihat berbagai macam bentuk layang-layang, namun tidak hanya bentuknya yang berbeda, melainkan layang-layang juga dibagi dalam beberapa jenis yang berbeda lho!

Apa saja jenis layang-layang yang ada?

Berikut ini Popmama.com telah merangkumnya di bawah ini, yuk simak informasinya!

1. Layang-layang dua dimensi

1. Layang-layang dua dimensi
Freepik/User12169301

Berdasarkan bentuknya, layang-layang dibagi menjadi ke dalam dua bentuk. Yang pertama adalah layang-layang dua dimensi.

Layang-layang jenis ini mungkin paling sering ditemui oleh anak. Dinamakan layang-layang dua dimensi karena jenis yang satu ini memiliki bentuk dua dimensi, biasanya menggunakan kertas berwarna atau digambar.

Layang-layang dua dimensi memiliki rangka yang datar seperti layang-layang mainan anak pada umumnya.

Editors' Picks

2. Layang-layang tiga dimensi

2. Layang-layang tiga dimensi
Bisniswisata.co.id

Jenis bentuk lainnya adalah, layang-layang tiga dimensi. Berbeda dengan yang sebelumnya, layang-layang ini memiliki kerangka yang sesuai dengan bentuk kreasi yang ingin ditampilkan pembuatnya.

Misalnya, jika ingin membuat layang-layang berbentuk kuda, maka rangkanya juga harus berbentuk seperti kuda. Biasanya layang-layang jenis ini ditampilkan untuk festival yang diselenggarakan secara nasional maupun internasional.

Pembuatan layang-layang dengan bentuk tiga dimensi ini, biasanya memakan waktu yang lebih lama. Bahkan pembuatannya bisa sampai satu bulan.

3. Layang-layang tradisional

3. Layang-layang tradisional
Sipayo.com

Sedangkan jenis layang-layang berdasarkan fungsinya dibagi menjadi beberapa jenis. Yang pertama adalah layang-layang tradisional.

Jenis layang-layang tradisional ini, biasanya berbentuk oval dan memiliki ekor. Namun, setiap daerah memiliki ciri khas ekor layang-layang yang berbeda.

Kemudian saat diterbangkan, akan terdengar bunyi benang yang terbuat dari karung goni atau dari pita kaset.

4. Layang-layang kreasi

4. Layang-layang kreasi
Freepik/Stockvault

Layang-layang berdasarkan fungsi selanjutnya adalah layang-layang kreasi, yang biasanya berbentuk berlian (diamond) atau wajik.

Umumnya layang-layang ini digunakan untuk diadu atau dilombakan. Namun, disebut dengan kreasi, karena adanya lukisan pada layang-layang yang bisa dikreasikan oleh pembuatnya.

Bahan kertasnya pun bisa berbeda-beda, bisa dari kertas minyak, plastik, parasut, bahkan juga ada yang terbuat dari daun.

5. Layang-layang olahraga

5. Layang-layang olahraga
id.aliexpress.com

Nah jenis layang-layang terakhir berdasarkan fungsinya adalah, layang-layang olahraga.

Layang-layang jenis ini tentunya dijadikan sebagai bentuk kegiatan olahraga. Umumnya, layang-layang olahraga akan diadu satu sama lain, dan olahraga ini merupakan olahraga yang menyenangkan lho!

Nah tadi di atas adalah beberapa jenis dan bentuk layang-layang berdasarkan bentuk dan fungsinya. Semoga informasinya bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.