Kenali Karakteristik Anak Berdasarkan Tulis Tangannya Yuk Ma!

Bagaimana cara anak menulis ternyata dapat menunjukkan karakteristiknya

24 Oktober 2021

Kenali Karakteristik Anak Berdasarkan Tulis Tangan Yuk Ma
Freepik

Biasanya Mama mungkin belajar banyak tentang karakteristik seorang anak berdasarkan apa yang ia tulis di buku hariannya. Namun, tahukah bahwa Mama sebenarnya dapat belajar banyak tentang anak berdasarkan caranya menulis?

Faktanya, tulisan tangan seseorang sebenarnya dapat memberikan gambaran mendalam tentang kepribadian mereka. Grafologi, studi tentang tulisan tangan, adalah cara yang berguna untuk menentukan seperti apa karakteristik seseorang.

Ahli grafologi percaya bahwa dengan menganalisis bagaimana tulisan tangan seseorang, ini dapat menjadi jendela ke dalam pikiran penulis dan menganalisis profil psikologisnya.

Ingin mengetahui kepribadian anak dari bentuk tulis tangannya, Ma? Yuk simak rangkumannya yang telah Popmama.com siapkan di bawah ini ya!

1. Perhatikan bagaimana cara anak menulis

1. Perhatikan bagaimana cara anak menulis
dailymail.co.uk

Ketika anak menulis, cobalah untuk memerhatikan bentuk huruf yang ia buat. Dilansir dari Daily Mail, orang yang menulis huruf dengan lebih bulat, cenderung lebih kreatif dan artistik.

Sedangkan jika anak menulis dengan huruf yang lebih runcing dan kokoh, adalah tanda agresi atau kecerdasan. Kemudian, ketika anak lebih nyaman menggunakan huruf yang terhubung atau huruf sambung, menunjukkan bahwa anak lebih suka berpikiran penulisnya logis.

Tekanan dalam menulis juga dapat menunjukkan karakter seseorang. Misalnya, anak yang memberikan tekanan berat pada pena saat menulis, sehingga menyebabkan tulisan tangan lebih tebal adalah orang yang baik dengan komitmen, dan menganggap segala sesuatunya dengan serius.

Sedangkan gaya menulis yang ringan cenderung berempati dan sensitif. Selain itu, jika anak menulis dengan cepat, ia tidak sabar, dan penulis yang lebih lambat lebih metodis

2. Perhatikan ukuran hurufnya

2. Perhatikan ukuran hurufnya
dailymail.co.uk

Ini adalah pengamatan pertama dan paling mendasar yang dapat Mama lihat dari tulisan tangan anak.

Untuk menentukan ukuran tulisan tangan, Mama dapat meminta anak menulis di kertas bergaris, dengan garis tengah samar di tengah setiap garis. Huruf kecil akan berada di bawah garis tengah, huruf sedang menyentuh garis tengah, dan huruf besar menempati seluruh garis.

  • Anak yang menulis huruf besarmenunjukkan karakteristik yang cukup ramah, mudah bergaul, dan  suka menjadi pusat perhatian. Namun, itu juga bisa menunjukkan kepercayaan diri yang berlebihan dan keinginan untuk menjadi sesuatu yang bukan dirinya.
  • Anak yang menulis huruf kecil, menunjukkan karakteristik yang lebih pemalu dan penakut. Huruf kecil juga dapat menunjukkan ketelitian dan fokus yang intens.
  • Sedangkan anak yang menulis huruf sedang, menunjukkan bahwa ia dapat menyesuaikan diri dengan baik dan mudah beradaptasi. Anak mampu menempati jalan tengah yang bagus antara dua ekstrem.

Editors' Picks

3. Perhatikan jarak antar kata dan huruf

3. Perhatikan jarak antar kata huruf
dailymail.co.uk

Selanjutnya Mama dapat memeriksa dekat jauhnya jarak antar kata dan huruf dari tulisan anak.

Jika tulisan anak menunjukkan kerapatan, ini dapat menunjukkan bahwa ia tidak suka sendirian, dan mungkin memilih untuk berada di sekitar orang sebanyak mungkin, dan mungkin memiliki masalah dengan ruang pribadi.

Sedangkan, jika anak menggunakan spasi yang lebar antara kata dan huruf, ia menikmati kebebasan dan ruang terbuka. Anak juga tidak suka kewalahan, dan menghargai kebebasannya.

4. Perhatikan margin tulisan anak di kertas

4. Perhatikan margin tulisan anak kertas
dailymail.co.uk

Untuk memeriksa karakteristik anak dari margin halamannya, cobalah untuk menggunakan kertas polos seperti HVS. Lalu minta anak menulis apapun di kertas tersebut.  

Periksalah margin halamannya, apakah anak menulis di bagian tengah kertas? atau apakah anak menulis di sisi kanan kertas?

  • Jika anak menulis di sisi kiri kertas, ia mungkin seseorang yang sedikit berfokus pada kejadian masa lalu.
  • Di sisi lain, anak yang menulis di sisi kanan kertas, mungkin terlalu khawatir tentang masa depan, dan merasa cemas memikirkan apa yang ada di depan.
  • Sedangkan, anak yang menulis di bagian tengah atau memenuhi seluruh halaman, ia cenderung tidak bisa diam atau tenang, dengan pikiran yang terus berpacu

5. Perhatikan bentuk lingkaran pada huruf sambung

5. Perhatikan bentuk lingkaran huruf sambung
dailymail.co.uk

Setelah mengetahui karakteristik anak dari penulisannya, kini Mama juga perlu mengetahui karakteristik anak dari bentuk hurufnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Pen Company, mereka menyatukan berbagai studi grafologi untuk membuat infografisnya.

Sebelum mengetahui karakteristik anak, cobalah untuk memintanya menulis kalimat dengan huruf sambung yang menunjukkan beberapa huruf berbeda.

Jenis looping atau lingkaran yang dibuat dengan huruf 'l' dan 'e' dapat menunjukkan sifat anak, misalnya lingkaran yang lebar berarti anak memiliki karakteristik yang santai dan spontan serta berpikiran terbuka.

Sedangkan jika anak membuat lingkaran yang sempit, cenderung skeptis terhadap orang lain dan mungkin membatasi diri dari aktivitas tertentu, yang menyebabkan perasaan tegang

6. Perhatikan bentuk titik pada huruf 'i' atau 'j'

6. Perhatikan bentuk titik huruf 'i' atau 'j'
dailymail.co.uk

Selanjutnya adalah melihat dari huruf 'i' atau 'j' yang anak buat. Jika titik pada huruf terletak tinggi di atas dasarnya, itu menunjukkan bahwa anak memiliki imajinasi yang hebat.

Sedangkan, jika titik dekat dengan dasar, anak termasuk tipe orang yang terorganisir dan berempati. Kemudian jika anak cenderung memberi titik di sebelah kiri, maka anak suka menunda. Lalu jika anak membuat titik dengan bentuk melingkar, maka ia memiliki kepribadian kekanak-kanakan.

7. Perhatikan garis yang melintasi huruf 't'

7. Perhatikan garis melintasi huruf 't'
dailymail.co.uk

Kemudian, Mama juga bisa melihat kepribadian anak dari caranya menulis huruf 't'. Jika ia membuat garis pada huruf 't' dengan garis panjang, ini menunjukkan bahwa ia memiliki antusiasme dan tekad yang tinggi. Sebaliknya, garis 't' yang pendek bisa menjadi tanda kurangnya tekad.

Meletakkan garis yang sangat tinggi pada huruf 't' juga dapat menggambarkan bahwa anak memiliki tujuan dan harga diri yang tinggi, sementara melintasi 't' yang rendah dapat menunjukkan sebaliknya.

Nah itulah beberapa cara mengetahui karakteristik seorang anak dari tulisan tangannya. Tertarik untuk mencoba menebak karakter anak dari bentuk tulisannya, Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.